Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Universitas Hasanuddin.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Universitas Hasanuddin."— Transcript presentasi:

1 Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Universitas Hasanuddin

2 Awal berdirinya UKPM Tahun 1994 tercatat sebagai tahun yang penuh arti dan bersejarah bagi lembaga pers mahasiswa Unhas. Dimana tahun itu, kesepakatan dan persaksian nurani untuk melahirkan wadah pers mahasiswa dilakukan oleh para aktifis pers mahasiswa Unhas. Kebutuhan akan hadirnya lembaga pers mahasiswa tingkat universitas ini pun semakin mereka rasakan. Apalagi ketika itu, rezim Orde Baru lagi “buas-buasnya” memperlakukan rakyat Indonesia. maka tepatnya pada 2 Februari 1995, UKM Pers berganti nama menjadi UKM Media. Nama boleh beda namun isi dan semangat tetap sama. Perubahan nama UKM Pers (UKMP) menjadi UKM Media (UKMM) juga diiringi dengan pembentukan struktur kepengurusan baru. Tanggal 2 Februari selanjutnya diperingati sebagai Hari Lahir Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Unhas yang dirayakan setiap tahunnya. Dalam perjalanan UKM Media terus mengalami pergantian nama dari UKM Media (UKMM) ke Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) ke Unit Kegiatan Penerbitan dan Penyiaran Mahasiswa (UKPPM)dan akhirnya di tahun 1999 kembali menjadi Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM). Namun itu bertahan sampai hari ini.

3 Departemen Penerbitan Departemen ini menangani kegiatan penulisan. Hal ini ditandai dengan penerbitan tabloid Catatan Kaki dengan motto Kaki Tangan Demokrasi dan Keadilan, penerbitan mading Baca Baca Berdiri (BBB), penerbitan buku, bulletin, newsletter, selebaran, dan pamflet untuk mendukung gerakan mahasiswa di unhas.

4 Departemen Penyiaran Melalui departemen ini, UKPM-UH berusaha mengambil peran melalui pengadaar sebuar radio komunitas. Awalnya radio komunitas atau radio kampus ini hadir dengan nama La Galigo namun kemudian berganti nama menjadi Suara Kampus disingkat SUAKA FM. Belakangan berubah menjadi Catatan Kaki (CAKA FM) dengan motto ”Karena Kata Adalah Senjata”. Selain melakukan penyiaran. Departemen ini juga melakukan kegiatan lain yaitu pelatihan broadcasting.

5 Departemen Litbang Departemen ini melakukan berbagai kegiatan peningkatan kualitas sdm yang ditujukan tidak hanya untuk anggota UKPM–UH tapi juga untuk mahasiswa unhas secara umum. Kegiatan seperti diskusi wacana, diklat jurnalistik, school of English, sekolah menulis, sekolah investigasi, pembuatan database, bedah buku, bedah film, dan berbagai bentuk kegiatan lainnya terus dimasifkan dengan tetap mengupayakan sebuah pengimplementasian hasil kegiatan dalam bentuk aksi. Aksi dilakukan dapat berupa tulisan, sebuah seruan (spanduk, pamflet dll), mimbar bebas, hingga turun kejalan (demontrasi).

6 Akhir kata, sebagi sebuah lembaga, UKPM-UH adalah sebuah wadah untuk mengasah diri, membentuk mental untuk berpikiran merdeka dan kritis. Oleh karenanya pada setiap periode kepengurusan, UKPM –UH terus berbenah diri. Tentunya tanpa mengabaikan karakternya yang radikal dalam penegakkan kejujuran, kebenaran dan keadilan melalui tiga pilar gerakan pers mahasiswa yakni menulis, diskusi, dan aksi. SEKERTARIAT Gdg. Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM II) Ruang TEMPO Kampus Unhas Tamalanrea Jl. P. Kemerdekaan Km 10 Makassar Tlp. (0411) / Fax (0411) Website : Catatankaki.Org Radio : Caka FM Mhz


Download ppt "Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Universitas Hasanuddin."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google