Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERAN DAN TANGGUNG JAWAB KONSELOR “KLAB”. PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN KONSELOR 1.Pengetahuan dan informasi yang spesifik tentang klien yang dihadapi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERAN DAN TANGGUNG JAWAB KONSELOR “KLAB”. PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN KONSELOR 1.Pengetahuan dan informasi yang spesifik tentang klien yang dihadapi."— Transcript presentasi:

1 PERAN DAN TANGGUNG JAWAB KONSELOR “KLAB”

2 PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN KONSELOR 1.Pengetahuan dan informasi yang spesifik tentang klien yang dihadapi 2.Pengetahuan tentang sistem sosio-politik di negara tempat klien berada, berkaitan dengan perlakukan yang mereka terima. 3.Pengetahuan tentang karakteristik umum konseling dan terapi.

3 Lanjutan Memiliki keterampilan verbal maupun non- verbal 5.Memiliki keterampilan dalam memberikan intervensi demi kepentingan klien 6. Memiliki keterampilan dalam mengantisipasi kemungkinan munculnya kebuntuan dalam proses konselin lintas agama budaya.

4 ETIKA KONSELOR 1.Etika terhadap kelompok minoritas/mayoritas, hubungan dan pengalaman agama dan budaya 2.Etika memastikan adanya pengetahuan multireligius dan multicultural serta kemampuan/wewenang dalam konseling sehingga konselor sadar akan tanggung jawab etis dan standard profesi

5 PENGEMBANGAN PRIBADI 1.Konselor dapat membuat suatu komitmen untuk mengenali nilai agama dan budaya seorang klien, kesukuan, rasial, sosial-ekonomi, dan lainnya 2.Konselor dapat mengambil bagian interaksi sosial langsung dengan orang-orang yang berbeda, baik secara individual maupun kelompok 3.Konselor menjadi terbiasa dengan literatur tentang konseling multireligius dan multicultural yang memusatkan pada keanekaragaman agama dan budaya

6 Lanjutan Konselor dapat mengikuti pelatihan yang menyediakan peluang untuk memperoleh suatu pemahaman yang lebih baik tentang sikap dan nilai-nilai pribadi dan orang lain dari latar belakang yang berbeda 5.Konselor dapat terlibat dalam kegiatan yang mengedepankan nilai-nilai toleransi dan kebersamaan. 6.Konselor harus mampu mengenal pribadi, persepsi, dan perasaannya sendiri yang mungkin berpengaruh dalam konseling multicultural.

7 PRINSIP KHUSUS KONSELOR KLAB 1.Konselor harus mempunyai penghargaan khusus terhadap agama dan budaya yang berbeda dengan klien. 2.Konselor harus mempunyai sikap, pemahaman, dan keterampilan khusus untuk campurtangan secara efektif dalam situasi multireligius dan multicultural. 3.Konselor harus punya pengalaman langsung dengan klien yang secara agama dan budaya berbeda, yang dapat membantu terlaksananya konseling lintas agama dan budaya yang efektif

8 Lanjutan Konselor hendaknya tidak memaksakan nilai- nilai yang spesifik kepada klien, 5. Konselor menjalankan suatu filsafat konseling yakni filsafat hidup.

9


Download ppt "PERAN DAN TANGGUNG JAWAB KONSELOR “KLAB”. PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN KONSELOR 1.Pengetahuan dan informasi yang spesifik tentang klien yang dihadapi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google