Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tugas dan Tanggung Jawab Konselor Karir. Kompetensi Menguasai teori dan teknik konseling Memahami teori dan model pengembangan karir Memahami keanekaragaman.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tugas dan Tanggung Jawab Konselor Karir. Kompetensi Menguasai teori dan teknik konseling Memahami teori dan model pengembangan karir Memahami keanekaragaman."— Transcript presentasi:

1 Tugas dan Tanggung Jawab Konselor Karir

2 Kompetensi Menguasai teori dan teknik konseling Memahami teori dan model pengembangan karir Memahami keanekaragaman manusia terkait isu jender, orientasi seksual, suku, ras, serta memahami bagaimana mencari informasi dan sumber daya Memahami pertumbuhan dan perkembangan manusia Memahami hubungan tanggungjawab yang dapat memfasilitasi pembuatan rencana hidup dan kerja Memahami informasi, teknik dan model yang terkait dengan penempatan dan perencanaan karir

3 Tugas Menetapkan dan mempertahankan hubungan personal yang produktif dengan klien Berkolaborasi dengan klien untuk mengidentifikasi tujuan pribadinya Mengidentifikasi dan memilih pendekatan yang tepat bagi klien dan sesuai dengan kebutuhannya, kondisi psikologis maupun tugas perkembangannya.

4 Tanggung Jawab Mengidentifikasi dan memahami karakteristik pribadi klien terkait dengan karir yang dipilihnya Mengidentifikasi dan memahami konteks dan kondisi sosial yang dapat mempengaruhi karir klien Mengidentifikasi dan memahami kondisi keluarga, sub-kultur dan struktur budaya serta fungsinya sebagaimana hal tersebut terkait dengan karir klien Mengidentifikasi dan memahami proses pengambilan keputusan terkait karir klien

5 Mengidentifikasi dan memahami perilaku klien terhadap pekerjaan dan pekerja. Mengidentifikasi dan memahami ‘bias’ diri klien terhadap jender, ras dan stereotype budaya.

6 Langkah-langkah yang diambil: Menggugah dan mendorong klien untuk mengambil langkah untuk mempersiapkan diri dan memulai upaya transisi dengan cara: > mencari dan menemukan sumber daya dan informasi yang relevan dan juga berbagi pengalaman > mendapatkan dan menginterpretasi informasi dan pengalamannya serta mendapatkan ketrampilan yang dibutuhkan untuk melakukan transisi tersebut

7 Membantu klien untuk mendapatkan ketrampilan mencari kerja (job search) bagaimana membuat dirinya layak (employability) Mendukung dan mendorong klien untuk mengkaji peran hidup dan kerja bagi dirinya, termasuk menyeimbangkan antara kerja, waktu luang/leisure, keluarga, komunitas dalam konsep totalitas karirnya.


Download ppt "Tugas dan Tanggung Jawab Konselor Karir. Kompetensi Menguasai teori dan teknik konseling Memahami teori dan model pengembangan karir Memahami keanekaragaman."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google