Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI KELOMPOK I NISFILAILI A 210100052 DWI WAHYU NILA U. A 210100058 DEWY RATNASARI A 210100059 NUNUNG NOOR R.I. A 210100065.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI KELOMPOK I NISFILAILI A 210100052 DWI WAHYU NILA U. A 210100058 DEWY RATNASARI A 210100059 NUNUNG NOOR R.I. A 210100065."— Transcript presentasi:

1 LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI KELOMPOK I NISFILAILI A DWI WAHYU NILA U. A DEWY RATNASARI A NUNUNG NOOR R.I. A FAKULTAS EKONOMI-AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

2 PENGERTIAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI Bimbingan dan konseling islami yaitu proses pemberian bantuan yang diberikan oleh konselor kepada klien, baik secara individu atau kelompok agar klien tersebut dapat mengatasi masalah yang dihadapi dan menjalani kehidupan dengan baik dan lancar, memperoleh kebahagiaan sesuai dengan tuntunan islam yang bersumber pada Al-Qur’an dan sunah Rosul. Menurut beberapa ahli: a.Fakih A.R. yaitu proses pemberian bantuan terhadap individu agar dapat hidup selaras sesuai ketentuan dan petunjuk ALLAH, sehingga mampu mencaapai kebahagiaan duni dan akhirat.

3 b.Marsudi dkk yaitu layanan yang tidak hanya mengupayakan mental yang sehat dan hidup bahagia, tetapi juga menuntut ke arah hidup yang sakinah, batin merasa tenang dan tentram karena selalu dekat dengan Allah.

4 LATAR BELAKANG BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI Manusia pada dasarnyabaik dan diciptakan Allah sesuai dengan fitrahnya ( Islam,suci, dan cinta kebaikan ), tetapi apabila ada upaya-upaya untuk mempertahankannya dapat menjadi buruk dan bahkan menggeser manusia dari derajat yang tertinggi menjadi derajat yang terendah. Untuk diperlukan adanya bimbingan, penuntun, petunjuk dan pengarahan agar dalam hidupnya tidak memperturutkan hawa nafsunya dan mengikuti rayuan atau godaan syetan. Untuk itu, bimbingan dan konseling yang sesuai dengan tuntunan agama Islam yang bersumber kepada Al-Qur’an dan Sunnah Rasul sangat diperlukan.

5 Secara spesifik latar belakang diperlukannya bimbingan dan konseling Islami dapat ditinjau dari beberapa hal, yaitu: 1.Dari segi jasmani (biologis) 2.Dari segi rohaniah (psikologis) 3.Dari sudut individu 4.Daari segi sosial 5.Dari segi budaya 6.Dari segi agama

6 Tujuan Bimbingan dan Konseling Islami Menurut Marbun (2003:376) Tujuan merupakkan hasil akhir yang ditentukan agar dicapai dallam waktu tertentu oleh perusahaan, organisasi, atau orang yang dibebani tanggung jawab untuk itu. Menurut Faqih A R (2004:35) Tujuan bimbingan konseling Islami adalah membantu individu mewujudkan dirinya sebagai manusia seutuhnya agar mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

7 Bimbingan konseling merupakan suatu cara yang dapat membantu siswa dalam pemecahan masalahnya. Adapun tujuan yang dimiliki oleh bimbingan konseling islami yaitu: 1.Tujuan umum membantu individu/kelompok mewujudkan dirinya sebagai manusia seutuhnya agarr mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. 2.Tujuan khusus a. Membantu individu/kelompok agar tidak menghadapi masalah b.Membantu individu/kelompok mengatasi masalah yg sedang dihadapinya c.Membantu individu/kelompok memelihara dan mengembangkan situasi dan kondisi yang baik atau yang telah baik agar tetap baik atau menjadi lebih baik, sehingga tidak akan menjadi sumber masalah bagi dirinya dan orang lain.

8 Bidang Garap Bimbingan Konseling Islami Menurut Marsudi S, dkk (2004: 85-94) Bimbingan kkonseling itu merupakan satu bentuk tiga dimensi dari sub unsur: 1. bidang bimbingan 2. jenis layanan 3. kegiatan pendukung Bidang bimbingan terdiri dari 1. bidang bimbingan pribadi 2. bidang bimbingan sosial 3. bidang bimbingan belajar 4. bidang bimbingan karier

9 Jenis-jenis layanan bimbingan 1.Layanan orientasi 2.Layanan informasi 3.Layanan penempatan dan penyaluran 4.Layanan pembelajaran 5.Layanan konseling perorangan 6.Layanan bimbingan kelompok 7.Layanan konseling kelompok

10 Kegiatan Pendukung Bimbingan 1.Aplikasi Instrumen 2.Himpunan data 3.Konferensi kasus, dan lain-lain

11 Bidang garap bimbingan konseling ditinjau dari masalahnya terdiri dari: 1.Bidang pernikahan dan keluarga 2.Pendidikan 3.Sosial (kemasyarakatan) 4.Pekerjaan (jabatan) 5.Keagamaan

12 Jenis Layanan Bimbingan dan Konseling yang dijabarkan dalam 4 kegiatan utama 1.Layanan dasar bimbingan tugasnya:.Menanamkan dan mengembangkan kebiasaan dan sikap beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Allah SWT.Belajar bergaul dan bekerja dengan kelompok sebaya.Belajar menjadi pribadi mandiri 2.Layanan responsif Isi Layanan ini.bidang pendidikan.bidang karir.bidang belajar.bidang tata tertib.bidang sosial.bidang narkoba dan perjudian.bidang pribadi.bidang perilaku sosial

13 3. Layanan Perencanaan Individual Isi dari layanan ini:.Bidang pendidikan dengan topik-topik sekitar belajar yang efektif,belajar memantapkan program keahlian sesuai dengan bakat.Bidang karir dengan topik-topik sekitar identifikasi kesempatan karier yang ada dilingkungan masyarakat,mengembangkan sifat positif terhadap dunia kerja, dan merencanakan kehidupan karirnya.Bidang sosial pribadi dengan topik-topik sekitar pengembangan konsep diri yang positif, pengembangan ketrampilan-ketrampilan sosial yang tepat, belajar menghindari konflik dengan teman, dan belajar memahami perasaan orang lain.


Download ppt "LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI KELOMPOK I NISFILAILI A 210100052 DWI WAHYU NILA U. A 210100058 DEWY RATNASARI A 210100059 NUNUNG NOOR R.I. A 210100065."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google