Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tumbuh Kembang Anak dalam pendekatan daur kehidupan MOERSINTOWARTI BN Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak Konsultan Tumbuh Kembang Anak.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tumbuh Kembang Anak dalam pendekatan daur kehidupan MOERSINTOWARTI BN Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak Konsultan Tumbuh Kembang Anak."— Transcript presentasi:

1 Tumbuh Kembang Anak dalam pendekatan daur kehidupan MOERSINTOWARTI BN Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak Konsultan Tumbuh Kembang Anak

2 Pendahuluan Pengertian dan filosofi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. : -Suatu proses perobahan yang dialami oleh setiap anak  dewasa -Istilah dan pengertian harus sesuai. -Penyimpangan pengertian dampaknya  Negatif  tidak dapat mencapai tujuan sesungguhnya.

3 Pengertian Pertumbuhan = GROWTH(Bhs.Inggeris) Perkembangan = DEVELOPMENT (Bhs.Inggeris) “ Tumbuh Kembang “ (singkatan) TUMBANG / TUKEM Dilarang!

4 Tahap-tahap Tumbuh Kembang Anak 1. INTRA uterine (Antenatal/pranatal) 2. Saat KELAHIRAN (Natal) 3. EXTRA uterine (Postnatal/pasca natal)

5 Periode INTRA UTERINE (sangat penting) Pemeriksaan USG  studi longitudinal. Pada trimester I & II kehamilan  studi cross sectional. Pada trimester ke II  studi foetus yang keluar dari uterus karena abnormal. Pada minggu-minggu pertama dipelajari dari keguguran bayi normal. Pada periode lanjut kehidupan janin  bayi prematur

6 Hasil pertumbuhan intra uterine Periode yang sangat sulit sehingga hasilnya : Gagal implantasi : 10%. Dari yang berhasil implantasinya : 50% gugur spontan, tanpa diketahui ibunya  disebabkan perkembangan abnormal karena masalah protektif dan nutrisinya. Kelainan khromosom : 5 -10% terjadi pada ovum yang telah dibuahi % dengan kelainan khromosom akan dikeluarkan sebagai aborsi spontan.

7

8 bbchearts.blogspot.com

9

10

11

12 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PERTUMBUHAN : Bertambahnya ukuran dan jumlah sel serta jaringan Interseluler, berarti : Bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh sebagian atau keseluruhan, sehingga dapat diukur dengan satuan panjang dan berat.

13 Proses pertumbuhan Bertemunya sperma & sel telur  fertilisasi. Telur yang telah dibuahi  6-7hari dalam Tuba Fallopii menuju uterus  pembelahan teratur  rongga uterus  blastocyst 130 sel  implantasi didinding uterus ( bisa dikeluarkan implantasi ke ibu lain). Pembentukan placenta dari lapisan luar blastocyst lapisan dalam menjadi embryo( 2 – 8 minggu setelah fertilisasi )  sdh berbentuk anak manusia. Foetus ada lengan, kaki, jantung berdenyut, dan sudah ada refleks taktil dari syarafnya.

14 PERKEMBANGAN : Bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam  kemampuan : 1. Motorik Kasar 2. Motorik Halus 3. Kemampuan Berbahasa 4. Sosialisasi dan Kemandirian. Perkembangan terjadi secara simultan dengan pertumbuhan.

15 Tumbuh Kembang Menyimpang? Tolok ukur yang tidak sesuai dengan umur atau standard kemampuan yang berbeda. Menyimpang dapat berarti : Positif atau negatif Terlalu cepat atau terlambat Gagal Outcome  tidak sesuai potensi anak

16

17

18

19 Dikutip dari: Morley D,Lovel H. My Name is Today. London. Macmillan Pub.1986;314

20 Windows of opportunity perkembangan anak pada usia tahun (Sumber : The world’s chidren 2001, Source : M.McCain and F. Mustard, Reversing the real brain drain : Early years study, Ontario, April 1999, p.31, adapted from Doherty,1997)

21 MODEL PERKEMBANGAN BIOPSIKOSOSIAL LINGKUNGAN BIOLOGI ANAK: - TERATOGENIK - PENYAKIT BERBAHAYA - MATURASI ALAM (NATURE) LINGKUNGAN LUAR ANAK CARA MEMBESARKAN ANAK (NURTURE) KEKUATAN EKSTRINSIK POTENSI INTRINSIK

22 POTENSI GENETIK + LINGKUNGAN STIMULASI TUMBUH KEMBANG OPTIMAL DETEKSI DINI DETEKSI DINI DETEKSI DINI  KEMAMPUAN / BAKAT ANAK GANGGUAN / KELAINAN PENYAKIT KETERBATASAN ORANG TUA/KELUARGA PETUGAS KESEHATAN GURU KMS / BUKU KIA MASYARAKAT

23 Pengukuran TINGGI BADAN

24 UMUR TULANG (BONE AGE)

25 STAGES OF BREAST DEVELOPMENT IN GIRL(TANNER)

26 STAGES OF GENITAL DEVELOPMENT IN BOYS(TANNER) STAGES OF GENITAL DEVELOPMENT IN GIRL(TANNER)

27 STANDARD - ANTROPOMETRI PERSENTIL RERATA (X) ± SD DATA CROSS SECTIONAL PENGUKURAN PADA POPULASI BERBAGAI UMUR DATA LONGITUDINAL PENGUKURAN POPULASI YANG SAMA (BERULANG)

28 MEAN DAN S.D. PADA KURVA GAUSS

29 PIRAMIDA PENDUDUK MENURUT KELOMPOK UMUR DAN JENIS KELAMIN SP 1971, 1980, 2000 dan Supas

30 30 PIRAMIDA PENDUDUK INDONESIA, TAHUN 2005Laki-laki Perempuan

31


Download ppt "Tumbuh Kembang Anak dalam pendekatan daur kehidupan MOERSINTOWARTI BN Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak Konsultan Tumbuh Kembang Anak."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google