Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rusdianto Pengertian Teori HK. HUKUM Dalam BHS Inggris pengertian Law: 1. Merupakan sekumpulan preskripsi mengenai apa yg seharusnya dilakukan dalam mencari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rusdianto Pengertian Teori HK. HUKUM Dalam BHS Inggris pengertian Law: 1. Merupakan sekumpulan preskripsi mengenai apa yg seharusnya dilakukan dalam mencari."— Transcript presentasi:

1 Rusdianto Pengertian Teori HK

2 HUKUM Dalam BHS Inggris pengertian Law: 1. Merupakan sekumpulan preskripsi mengenai apa yg seharusnya dilakukan dalam mencari keadilan (hukum, ius, droit, Recht) 2. Merupakan aturan perilaku yang ditujukan untuk menciptakan ketertiban masyarakat (undang-undang,lex, loi, wet)

3 Istilah Ilmu Hukum Rechtswetenschap (Bld) Rechtswissenschaft (Jerman) Ilmu ttg hukum/ilmu yang objek kajiannya adalah hk Jurisprudenz (Jerman)/Jurisprudence (Inggris): Ilmu pengetahuan yg mempelajari hukum jus, juris (latin): Hukum atau Hak. Prudentia: Pengetahuan ( melihat ke depan atau melihat keahlian) ---- ilmu dalam arti sempit.

4 Pengertian/definisi Tidak ada kata sepakat Satjipto Raharjo, Ilmu hukum : ilmu yang mencakup dan membicarakan segala hal yg berhubungan dengan hukum Pendapat SR diatas = Bruggink (teori hk dlm arti sempit) Bruggink mengacu pd pendapat Meuwissen : Tiga tataran analisis yaitu filsafat hukum, tataran kedua: teori hukum (dlm arti luas), dan teori hk (dlm arti sempit). Diatasnya terdapat Ilmu hk (yg mengenal lima bentuk: dogmatik hk, sejarah hk, perbandingan hk, sosiologi hk dan psikologi hk)

5 ----- Radbruch Menggunakan ilmu hk dalam arti sempit: ilmu yang mempelajari makna objektif tata hukum positif, yg disebut sbg dogmatika hk, sbg ilmu hk dalam arti strict atau legal science proper Arief Sidharta Ilmu hk adalah ilmu yang menghimpun, memaparkan, menginterpretasikan, dan mensistematisasikan hk positif yg berlaku di suatu masyarakat atau negara tertentu yakni sistem konseptual aturan hk dan putusan hk yg bagian-2 pentingnya dipositifkan oleh kengemban kewenangan hk dalam masy atau negara ybs

6 ----- Ilmu hk tidak mempersoalkan suatu tatanan hk suatu negara. Objeknya adalah hk sebagai suatu fenomena dalam kehidupan manusia dimanapun di dunia ini dan dari masa kapanpun (hukum sebagai fenomena universal) Meliputi hk semua bangsa dan negara secara universal Hukum tidak hanya mempelajari peraturan perundang- undangan saja, tp juga akan membicarakan hk sebagai suatu gejala dalam masy manusia, dan membahas hal yg bersifat filsafati (spt ttg hakikat dan asal usul hk yg berkaitan dg kekuasaan, keadilan, kegunaan dll)

7 ----- Tugas hk : memantau perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam dunia hukum. Hal ini karena hukum selalu mengalami perubahan dan perkembangan secara alamiah dalam pergaulan hidup manusia Apakah ilmu hk itu ilmu..? Syarat-syarat ilmu: Mempunyai objek Mempunyai metode Harus sistematisb Bersifat universal dan berlaku umum

8 ----- Apakah ilmu hk termasuk ilmu normatif (sollenwissenschaft) atau masuk pada ilmu sosial atau ilmu empiris (seinwissenschaft) atau masuk dua-2 nya ? Bila hk dipandang sebagai seperangkat aturan yang bersifat abstrak dan berada dalam kawasan nilai maka ilmu yg mempelajarinya disebut sebagai Ilmu Hukum akan dikualifikasikan sebagai Ilmu normatif atau ilmu dogmatik Bila Hukum sebagai institusi sosial yg secara riil dalam masyarakat maka kajian hukum tersebut mempunyai sifat sebagai Ilmu Empiris (masuk ilmu sosial)

9 ----- Uthrect : hukum mrpk Ilmu Sosial Ilmu Empiris Sidharta : Ilmu normatif (Ilmu Praktis Normologis) Hamid Attamimi: Ilmu hk tidak pernah menjd ilmu normatif murni dan ilmu sosial murni.krn hk berasal dari sollen sein dan sein sollen Ilmu hk yang bersifat interdisipliner (Satjipto Raharjo) Penggunaan berbagai disiplin ilmu pengetahuan untuk membantu menerangkan beberapa aspek kehadiran hk dalam masyarakat. Tanpa bantuan antropologi, ekonomi, politik maka aspek tsb tidak dpt dijelaskan dg baik

10 BEBERAPA CIRI ILMU HUKUM 1. Ilmuhukum bersifat dogmatis (ilmu hukum dogmatik): mempelajari hukum positif, sdgkan hukum positif dianggap dogma, dianggap sebagai sesuatu yang tidak boleh dibuktikan lanjut, tidak boleh diganggu gugat. Menggunakan metode sintesis : menggabungkan dua premisse shg menjadi suatu kesimpulan yg berbentuk silogisme. Contoh: Barangsiapa mencuri dihukum. Badu mencuri. Badu dihukum

11 Lanjutan.. 2. Ilmu hukum bersifat normatif: oleh karena obyeknya terdiri dari norma atau kaedah 3. Ilmu hukum bersifat hermeneutis: ilmu hukum bersifat menafsirkan 4. Ilmu hukum berorientasi yurisprudensial: ilmu hukum peradilan, atau ilmu hukum yg berorientasi kepada yurisprudensi

12 ILMU HUKUM DOGMATIK Dokmatika hukum untuk menunjuk pada kegiatan ilmiah yg melakukan inventarisasi, interpretasi, sistematisasi dan evaluasi produk perUU; putusan hakim; hk tidak tertulis; doktrin ilmu hk yg berwibawa. Dlm upaya untuk menemukan & menawarkan alternatif penyelesaian yuridikal bagi masalah2 kemasyarakatan

13 Adagium HUKUM 1. Fiat jutitia ruat caelum : hukum harus ditegakkan walau langit runtuh. 2. Presumption of innocent (asas praduga tak bersalah) 3. Setiap orang dianggap tahu undang-undang. 4. Equality before the law

14 TEORI Teori = theoria (bhs latin= perenungan)= thea (bhs yunani=cara atau hasil pandang) Suatu konstruksi di alam cita atau ide manusia (realitas in abstracto), dibangun dengan maksud untuk menggambarkan secara reflekftif fenomena yang dijumpai di alam pengalaman (= alam yg tersimak bersaranakan indera manusia= realitas in concreto).

15 Realitas in abstracto vs Realitas in concreto Realitas in abstracto: Konstruksi dialam idea manusia itu yang harus dipandang sebagai kebenaran pertama yang original dan mutlak sifatnya (Plato, T.Aquino, Hegel=paham idealisme=a priori) sedangkan realitas di alam pengalaman yang dibangun berdasarkan hasil2 amatan indrawi itu hanya refleksinya yang virtual alias maya.

16 Lanjutan Realitas in concreto: Seluruh proses pemikiran yg berawal dari suatu proposisi bahwa alam pengalaman itulah yg harus dipandang sebagai sumber segala kebenaran yang akhir dan sejati (August Comte - positivisisme, David Hume=paham empirisme= a posteoriori)..

17 Teori Neuman: Teori adalah suatu sistem yang tersusun oleh berbagai abstraksi yg berinterkoneksi satu sama lainnya atau berbagai ide yang memadatkan dan mengorganisasi pengetahuan tentang dunia.

18 Lanjutan Sarantakos: Teori : suatu set/kumpulan/koleksi gabungan proposisi yang secara logis terkait satu sama lain dan diuji serta disajikan secara sistematis. Yang dibangun dan dikembangkan melalui research dan dimaksudkan untuk menggambarkan dan menjelaskan suatu fenomena.

19 Teori hukum Teori ilmu hukum juga bertujuan untuk menjelaskan kejadian-kejadian dalam bidang hukum dan mencoba untuk memberikan penilaian. Menurut Radburch tugas dari teori hukum adalah membikin jelas nilai-nilai oleh postulat- postulat hukum sampai kepada dasar-dasar filsafat yang paling dalam.

20 Lanjutan Teori hukum merupakan kelanjutan dari usaha untuk mempelajari hukum positif. Jadi, teori hukum menggunakan hukum positif sebagai bahan kajian dengan telaah filosofis sebagai salah satu sarana bantuan untuk menjelaskan tentang hukum.


Download ppt "Rusdianto Pengertian Teori HK. HUKUM Dalam BHS Inggris pengertian Law: 1. Merupakan sekumpulan preskripsi mengenai apa yg seharusnya dilakukan dalam mencari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google