Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Metodologi Penelitian Adriy.weebly.com.  Tentukan tema/topik jurnal yang akan dipilih  Cari minimal 5 jurnal sejenis (lokal / internasional)  Tahun.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Metodologi Penelitian Adriy.weebly.com.  Tentukan tema/topik jurnal yang akan dipilih  Cari minimal 5 jurnal sejenis (lokal / internasional)  Tahun."— Transcript presentasi:

1 Metodologi Penelitian Adriy.weebly.com

2  Tentukan tema/topik jurnal yang akan dipilih  Cari minimal 5 jurnal sejenis (lokal / internasional)  Tahun jurnal yang bisa digunakan sebaiknya maksimal dua tahun kebelakang (misal, jika sekarang adalah tahun 2012, maka jurnal yang baik anda gunakan adalah tahun 2011 dan 2012)

3  Carilah informasi dari jurnal : 1. Tentang penelitian yang bersangkutan. a. Nama Penulis dan tahun. b. Masalah Pokok, tema penelitian dan topik pembahasan. 2. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian yang bersangkutan. a. Tujuan penelitian. b. Kontribusi hasil penelitian. c. Jenis dan sifat penelitian, misalnya: penelitian eksperimen, purposive research.

4 3. Kerangka pemikiran, teori yang mendukung penelitian yang bersangkutan. a. Teori atau model yang terkait dalam penelitian. b. Grand Theory, pilihan teori sebagai referensi utama. c. Hipotesis yang ada. d. Memetakkan susunan teori yang digunakan atau dikembangkan oleh para peneliti sebelumnya. 4. Metode penelitian dan model yang hendak diuji selanjutnya dibuktikan. a. Objek penelitian, teknik survey dan teknik sampling. b. Data dan variable yang akan dianalisis. c. Metode analisis. d. Design penelitian, Model yang hendak diuji dan dibuktikan.

5 5. Hasil penelitian yang bersangkutan. a. Deskripsi atau interpretasi hasil penelitian, misalnya output statistic. b. Analisis. 6. Keterbatasan dan kontribusi penelitian. a. Kerangka pemikiran yang dibangun dalam penelitian yang bersangkutan. b. Model atau teori yang digunakan sebagai referensi. c. Metode penelitian; indicator data dan skala pengukuran, teknik sampling serta data stasioner. d. Pembahasan berdasarkan interpretasi data dan analisis terhadap tujuan penelitian yang dicapai. e. Kontribusi dan manfaat penelitian serta karakteristik tujuan penelitian, misalnya: terapan, teori atau kebijakan.

6 7. Rencana, ide bagi penelitian selanjutnya. a. Apakah ada ide / usulan yang disampaikan b. Apakah ide tersebut bisa anda gunakan?

7  Analisa apakah ada topik, teori, metode, usulan ide dari jurnal yang dapat digunakan untuk penelitian anda?  Jika ada usulan ide, apakah mungkin anda kerjakan dan selesaikan (sesuaikan dengan waktu yang anda targetkan)

8  Setelah semua informasi anda peroleh, lakukan analisa, apakah jurnal yang anda pilih sesuai dengan apa yang anda butuhkan?  Jika tidak carilah jurnal lain yang sejenis  Lakukan dari awal lagi tahap 1-4  Jika hasil analisa anda sudah cukup bagi anda maka lanjutkan ke tahap selanjutnya

9  Bandingkan hasil jurnal yang sudah diriview  Lihat apakah ada hal-hal yang bisa dijadikan acuan?  Pilihlah ide yang paling mungkin anda terapkan

10  Mulailah menulis  Tulis semua yang ada dalam pikiran anda mengenai ide/ topik yang anda peroleh  Tulislah semua perencanaan dan kebutuhan yang anda perlukan

11  Buatlah sebuah riview jurnal untuk latihan sesuai dengan tahap-tahap yang sudah dijelaskan  Temukan ide baru atau ide dari penulis jurnal yang anda riview yang anda pilih/ dapat anda gunakan untuk ide skripsi (bila perlu)  Jurnal dapat internasional/ nasional

12


Download ppt "Metodologi Penelitian Adriy.weebly.com.  Tentukan tema/topik jurnal yang akan dipilih  Cari minimal 5 jurnal sejenis (lokal / internasional)  Tahun."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google