Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ASSALAMUALAIKUM WR.WB.. HARI KIAMAT DALAM PERSPEKTIF AL- QUR’AN DAN ILMU PENGETAHUAN Oleh Kelompok 12 Eko Bagus (211.121.0028) Irna Sasmita Putri (211.121.0062)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ASSALAMUALAIKUM WR.WB.. HARI KIAMAT DALAM PERSPEKTIF AL- QUR’AN DAN ILMU PENGETAHUAN Oleh Kelompok 12 Eko Bagus (211.121.0028) Irna Sasmita Putri (211.121.0062)"— Transcript presentasi:

1 ASSALAMUALAIKUM WR.WB.

2 HARI KIAMAT DALAM PERSPEKTIF AL- QUR’AN DAN ILMU PENGETAHUAN Oleh Kelompok 12 Eko Bagus ( ) Irna Sasmita Putri ( ) Ifa Fauziah ( ) Sepriani ( ) Lana Ayu Elysabet ( ) Gustiono ( )

3 HARI KIAMAT DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN  Hari kiamat adalah waktu berakhirnya seluruh kegiatan di dunia dan berakhirnya alam dunia.  Iman kepada hari kiamat adalah mempercayai bahwa seluruh alam semesta ini dan segala isinya pada suatu saat nanti akan mengalami kehancuran dan mengakui bahwa setelah kehidupan di dunia ini ada kehidupan yang kekal abadi.  Kepercayaan pada hari kiamat termasuk masalah sam’iyyat.

4 HARI KIAMAT DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN  Ada 3 Golongan manusia dalam menanggapi adanya hari kiamat :  Golongan pertama adalah kelompok manusia yang mengingkari atau tidak percaya akan adanya hari kiamat  Golongan kedua adalah kelompok manusia yang mempercayai akan adanya reinkarnasi.  Golongan ketiga adalah kelompok manusia yang meyakini akan adanya hari kiamat

5 HARI KIAMAT DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN  Dengan kiamat maka manusia akan hancur dan habis seluruhnya lalu ruang angkasa masih berjalan dengan tertib.  Allah swt berfirman: “Di hari bumi ini di ganti dengan bumi yang lain dan langit-langit di ganti dengan langit yang lain“

6 HARI KIAMAT DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN  Dalam surat al-Anbiya ayat 30: o “ Langit dan bumi itu adalah satu kesatuan partikel atom lalu dibagi-bagi oleh Allah menjadi langit, planet, bumi, bintang, dan galaksi. Maka dengan terjadi kiamat, akan mengembalikan seperti keadaan semula”  Surat al-Anbiya ayat 104: o “ Sebagaimana telah kami ciptakan pertama kali alam semesta ini, maka kami kembalikan pada bahan semula”

7 HARI KIAMAT DALAM PERSPEKTIF ILMU PENGETAHUAN  Sir James Jeinz Astronom ini berpendapat bahwa bulan itu akan mendekati bumi sedikit demi sedikit, hingga kedekatan itu mengancam keselamatan bumi. Pada saat itu hari pembalasan akan segera tampak dan bulan akan terbelah.

8 HARI KIAMAT DALAM PERSPEKTIF ILMU PENGETAHUAN  Prof. Achmad Baiquni. MSc. PhD. Dalam kitab Al-Qur’an Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, beliau mengemukakan bahwa ada beberapa skenario tentang terjadinya Kiamat menurut sains:  Pertama a. Menggambarkan habisnya bahan bakar termonuklir, yaitu hidrogen di dalam matahari. b. Menjadikan reaksi nuklir makin berkurang, matahari akan menjadi dingin dan bumi akan membeku. c. Bila begitu tidak ada tanaman yang mampu tumbuh dan kehidupan di bumi akan berakhir.

9 HARI KIAMAT DALAM PERSPEKTIF ILMU PENGETAHUAN  Kedua a. Menggambarkan habisnya hidrogen di bumi. b. Semua makhluk hidup akan mati membeku seperti skenario pertama.  Ketiga a. Menggambarkan mengembangnya matahari b. Evolusi matahari akan mengikuti kehidupan bintang- bintang lainnya, yaitu bila ia telah padam ia akan menyusut terus menjadi kecil sampai pada suatu saat ketika energi gravitasi berubah menjadi panas dan mengubahnya menjadi bintang raksasa merah. c. Pada kondisi itu sistem tata surya sebagian (termasuk bumi kita) akan tertelan oleh apinya. d. Semua makhluk hidup akan mati terbakar.

10 HARI KIAMAT DALAM PERSPEKTIF ILMU PENGETAHUAN  Menurut Ilmu Geologi  Bumi ini terdiri dari semacam gas panas (nebula). Didalam perut bumi masih tersimpan gas-gas panas yang karakternya berkembang dan mendesak keluar. Bumi tidak meletus karena desakan itu karena diimbangi oleh tekanan atmosfir dari luar. Suatu saat tekanan dari dalam itu akan lebih kuat sehingga terjadi gempa dan letusan gunung.  Namun suatu saat tekanan gas dari dalam melemah dan habis sama sekali karena gas yang ada lambat laun menjadi cair dan beku. Sementara itu tekanan dari luar semakin kuat sehingga bumi akan hancur dan isinya berhamburan.

11 HARI KIAMAT DALAM PERSPEKTIF ILMU PENGETAHUAN  Menurut Ilmu Astronomi  Planet-planet diangkasa mengelilingi matahari. Peredaran ini berjalan rapi tanpa terjadi tabrakan dan benturan karena adanya tarik menarik yang seimbang dan serasi. Namun menurut ilmu alam, daya tarik menarik tersebut tidak selamanya utuh. Daya itu makin lama makin habis. Bumi akan meluncur dengan kekuatan yang maha dahsyat menubruk matahari. Dengan demikian hancurlah bumi ini.

12 T ANDA - T ANDA T ERJADINYA H ARI K IAMAT  (QS Muhammad: 18) o “ Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu, melainkan hari kiamat (yaitu) yang datang kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya. Maka apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila hari Kiamat sudah datang ”.

13 T ANDA - T ANDA T ERJADINYA H ARI K IAMAT  Hari Akhir itu dekat  QS Al Hajj: 7 o “ Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya... “  QS Al Hijr: 85 o “ Dan tidaklah Kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya, melainkan dengan benar. Dan sesungguhnya saat (kiamat) itu pasti akan datang, maka maafkanlah (mereka) dengan cara yang baik”.

14 T ANDA - T ANDA T ERJADINYA H ARI K IAMAT  Terbelahnya bulan  QS Al Qamar: 1 o “ Telah dekat (datangnya) saat itu dan telah terbelah bulan”.

15 T ANDA - T ANDA T ERJADINYA H ARI K IAMAT  Peperangan dan kekacauan  Rasulullah SAW bersabda, “Al Harj (akan meningkat)”’ Mereka bertanya, “Apakah Al Harj itu?” Beliau menjawab, “(Yaitu) pembunuhan (saling membunuh), (yaitu) saling membunuh (pembunuhan).” (HR Bukhari)  Hari Kiamat (As Sa’ah) akan tiba ketika kekerasan, pertumpahan darah, dan kekacauan akan menjadi suatu yang lazim (HR Al-Muttaqi al-Hindi, Muntakhab Kanzul Ummaal)

16 T ANDA - T ANDA T ERJADINYA H ARI K IAMAT  Kehancuran kota-kota besar: peperangan dan bencana  Berbagai kota besar akan dihancurkan dan hal ini akan terjadi seolah-olah kota-kota itu tidak pernah ada sebelumnya. (Al-Muttaqi al-Hindi, Al-Burhan fi Alamat al-Mahdi Akhir al- Zaman)

17 T ANDA - T ANDA T ERJADINYA H ARI K IAMAT  Gempa Bumi As Sa’ah (Hari Akhir) tidak akan terjadi hingga … gempa bumi akan sangat sering terjadi (HR Bukhari) Ada dua hadits besar sebelum hari hisab … dan kemudian tahun-tahun penuh gempa bumi (Diriwayatkan oleh Ummu Salamah RA.)

18 T ANDA - T ANDA T ERJADINYA H ARI K IAMAT  Kemiskinan Orang-orang miskin akan meningkat jumlahnya. (Amal Al-Din Al-Qazwini, Mufid Al-’ulum Wa- mubid Al-humum) Kekayaan beredar hanya di antara orang-orang kaya, tanpa manfaat bagi orang-orang miskin. (HR Tirmidzi)

19 T ANDA - T ANDA T ERJADINYA H ARI K IAMAT  Runtuhnya nilai-nilai akhlak Hari Kiamat (As Sa’ah) akan datang ketika perzinaan tersebar luas (Al-Haythami, Kitab al-Fitan) Hari Akhir tidak akan datang hingga mereka (orang-orang jahat) melakukan perzinaan di jalan-jalan (jalan-jalan umum ). (Ibn Hibban and Bazzar) Pria akan meniru perilaku wanita; dan wanita akan meniru perilaku pria. (Allama Jalaluddin Suyuti, Durre-Mansoor) Orang-orang akan menyenangi perbuatan homoseksual dan lesbianisme. (Al-Muttaqi al-Hindi, Muntakhab Kanzul Ummaal) Hubungan seksual tidak sah secara terbuka akan marak. (HR Bukhari)

20 T ANDA - T ANDA T ERJADINYA H ARI K IAMAT  Munculnya nabi-nabi palsu  Hari akhir tidak akan datang sebelum datangnya tiga puluh Dajjal, masing-masing mengaku dirinya sebagai seorang utusan Allah. (HR Abu Daud)

21 T ANDA - T ANDA T ERJADINYA H ARI K IAMAT  Turunnya Isa AS ke bumi  Allah tidak menghendaki orang-orang kafir membunuh Isa AS, melainkan mengangkatnya ke sisi-Nya, dan mengumumkan kabar gembira kepada umat manusia bahwa nabi Isa akan turun ke bumi di Hari Akhir.  QS An Nisaa’: 158 o … tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat ‘Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana

22 T URUNNYA I SA AS KE BUMI  QS An Nisaa’: 157 o … dan karena ucapan mereka, “Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, ‘Isa putra Maryam, Rasul Allah”, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan ‘Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) ‘Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah ‘Isa.

23 T URUNNYA I SA AS KE BUMI  QS Ali Imran: 48 o “ Dan Allah akan mengajarkan kepadanya Al Kitab, Hikmah, Taurat, dan Injil “.  QS Az Zukhruf: 61 o “Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus”.

24 WASSALAM.


Download ppt "ASSALAMUALAIKUM WR.WB.. HARI KIAMAT DALAM PERSPEKTIF AL- QUR’AN DAN ILMU PENGETAHUAN Oleh Kelompok 12 Eko Bagus (211.121.0028) Irna Sasmita Putri (211.121.0062)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google