Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MOBILITAS PELAYANAN IBADAH SYUKUR AWAL TAHUN 2013 GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI PF. Pdt. A. Letlora 9 Jan 2013.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MOBILITAS PELAYANAN IBADAH SYUKUR AWAL TAHUN 2013 GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI PF. Pdt. A. Letlora 9 Jan 2013."— Transcript presentasi:

1 MOBILITAS PELAYANAN IBADAH SYUKUR AWAL TAHUN 2013 GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI PF. Pdt. A. Letlora 9 Jan 2013.

2 KPR 2:  Mobilitas merujuk kepada ‘ kesiapsiagaan untuk bergerak’. Ini berarti ada gerakan, ada perubahan.  Istilah yang sering kita dengar sekarang adalah ‘BLUSUKAN’ – mengunjungi wilayah/tempat yang tidak layak, tidak pantas.

3 KPR 2:41  Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri di baptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira 3 ribu jiwa.  Gladly Receive, apodechomai- menunjuk pada menerima apa yang ditawarkan.  Ciri khas Gereja yang bergerak dan berubah adalah menerima apa yang ditawarkan dengan sukacita.

4 Menerima Injil  Dengan sukacita berujung pada :  1. bertekun dalam pengajaran, (ay.42) - "Commited to apostolic teachings. Ada banyak ajaran yang tidak benar dewasa ini. Kelihatan rohani tetapi tidak terpaut pada ajaran rasuli.

5  Amsal 19:27 berbunyi: "Hai anakku, jangan lagi mendengarkan didikan, kalau engkau menyimpang juga dari perkataan-perkataan yang memberi pengetahuan". Tetapi ini kurang tepat terjemahannya.  NIV: "Stop listening to instruction, my son, and you will stray from the words of knowledge" (= berhentilah mendengar instruksi, anakku, dan engkau akan tersesat dari kata-kata pengetahuan).  NASB: "Cease listening, my son, to discipline, and you will stray from the words of knowledge" (= berhentilah mendengar, anakku, pada disiplin, dan engkau akan tersesat dari kata-kata pengetahuan).  Ayat ini menjamin, bagaimanapun hebatnya saudara belajar Firman Tuhan, masuk sekolah theologia sekalipun, kalau saudara berhenti, saudara akan tersesat!  belajarlah Firman Tuhan secara rutin, jangan hanya kadang-kadang!

6  Ada 2 orang anak, yang pertama diberi makan biasa secara rutin (3 x sehari), yang kedua diberi makanan istimewa (di restoran yang termahal) tetapi hanya 3 bulan sekali. Yang mana yang bertumbuh?  DEMIKIAN JUGA FIRMAN TUHAN SEBAGAI SANTAPAN HARIAN BUKAN SANTAPAN TRIWULAN ATAU SEMESTER.

7  INI BERARTI MOBILITAS PELAYANAN HANYA TERJADI KETIKA DASARNYA ADALAH AJARAN YANG BENAR YANG BERSIFAT CRISTOCENTRIS  YAITU : KURBAN DAN BUKAN KORBAN.

8  2. Terkait & terhubung dalam kelompok (ay. 42, 36) - Connected  PERSEKUTUAN-KOINONIA: ITU BERARTI KONTRIBUSI, PARTISIPASI.  ITU BERARTI MOBILITAS PELAYANAN DIWUJUDKAN JUGA DALAM PARTISIPASI SEMUA ANGGOTA.

9  Bagaimanakah caranya berpartisipasi ?  BANYAK DAN TERBAIK. BANYAK – SEBAB BANYAK YANG SUDAH KITA TERIMA DARI TUHAN. TERBAIK – SEBAB YANG TERBAIK SUDAH KITA TERIMA DARI TUHAN.

10  Semua partisipasi itu membuat umat terhubung, connected. Mereka terhubung dalam kekudusan.  Mereka berdoa: jika doa adalah gaya hidup maka umat yang bersekutu adalah gaya hidup. Ini berarti ke gereja bukan kewajiban. Ke KRT bukan kewajiban.

11 3. Ayat Rasul-rasul mengadakan banyak mujisat-confirmation and caring. Pada jemaat mula-mula selalu ada kesaksian hidup. Berita, visi, dan misi dari gereja perdana diteguhkan dengan (confirmed by) hadirnya tanda-tanda dan mujizat. Pada jemaat mula-mula selalu ada kepedulian yang sifatnya eksternal. Kehadiran mereka bukan untuk mereka sendiri tetapi juga di ‘ruang publik’.

12  Itu berarti MOBILTAS PELAYANAN SELALU MENGALAMI PENEGUHAN ALLAH DAN HADIR BAGI BANYAK ORANG.  ALLAH MENEGUHKAN PELAYANAN GEREJA SEHINGGA BANYAK ORANG MENGALAMI MANFAAT KEHADIRAN GEREJA.

13

14  DISUKAI SEMUA ORANG – CHARIS : THANKS FOR BENEFITS, SERVICES, FAVOURS. Akibat aktivitas mereka itu.  1) Mereka disukai semua orang (ay 47).  Pada waktu menafsirkan ayat seperti ini, kita juga harus memperhatikan ayat-ayat seperti: Mat 10:34-36 Yoh 15: Tim 3:12. Jadi, kata-kata ‘semua orang’ dalam ay 47 tidak boleh dimutlakkan. Harus diartikan ‘banyak orang’, karena pasti ada juga yang membenci mereka.  2) Gereja bertumbuh (ay 47). Ini merupakan pekerjaan Tuhan (ay 47 bdk. 1Kor 3:6-7). 

15 KESIMPULAN  APAKAH KITA MAU GEREJA INI MENGALAMI PERTUMBUHAN ?  KALAU YA MAKA ……..Gereja ‘merah’ gpib immanuel probolinggo.  KALAU TIDAK MAKA ………. AMIN


Download ppt "MOBILITAS PELAYANAN IBADAH SYUKUR AWAL TAHUN 2013 GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI PF. Pdt. A. Letlora 9 Jan 2013."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google