Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAKTERI KELOMPOK 3: 1.Ni Made Dwi Ayu S.A(10008083) 2.Riski Nanda Okteviana(10008086) 3.Wiwit Sistiani(10008087) 4.Malinda Kusumawati(10008088) 5.Nur Wahyuni(10008090)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAKTERI KELOMPOK 3: 1.Ni Made Dwi Ayu S.A(10008083) 2.Riski Nanda Okteviana(10008086) 3.Wiwit Sistiani(10008087) 4.Malinda Kusumawati(10008088) 5.Nur Wahyuni(10008090)"— Transcript presentasi:

1 BAKTERI KELOMPOK 3: 1.Ni Made Dwi Ayu S.A( ) 2.Riski Nanda Okteviana( ) 3.Wiwit Sistiani( ) 4.Malinda Kusumawati( ) 5.Nur Wahyuni( ) 6.Silfia Ari Nugroho( ) 7.Eka Ratnawati( ) 8.Nurina Manggi Asih( ) 9.Munajah( ) 10.Lolla Safitri( ) Pend.Bio B

2 Akan di bahas tentang

3 Apa itu Bakteri Bakteri berasal dari kata Latin yaitu bacterium. Bakteri memiliki jumlah spesies mencapai ratusan ribu atau bahkan lebih. Mereka ada di mana-mana mulai dari tanah, di air, di organisme lain, dan lain-lain juga berada di lingkungan yang ramah maupun yang ekstrim. Bakteri adalah suatu organisme yang jumlahnya paling banyak dan tersebar luas dibandingkan dengan mikroorganisme lainnya di bumi. Bakteri umumnya merupakan organisme uniseluler (bersel tunggal), prokariotik/prokariot, tidak mengandung klorofil seta berukuran mikroskopik (sangat kecil).

4 Archaebacteria Merupakan kelompok bakteri yang pertama muncul di bumi. Archaebacteria disebut juga bakteri purba (Archae = Purba). Cirinya : Hidup dlm kondisi lingkungan yang cukup ekstrim, Misal : Kondisi panas (termofil) dan asam (asidofil)

5 Eubakteria Eubacteria atau dikenal juga Bakteri sebenarnya. Bakteri merupakan mikroorganisme prokariotik, Istilah bakteri berasal dari bahasa Yunani dari kata bakterion yang berarti tongkat atau batang, bersel satu dan umumnya tidak berklorofil dapat ditemukan hampir di semua tempat, bersifat saprofit atau parasit.

6 Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria Beberapa perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria : Pembeda Archaebacteria Eubacteria Membran lipidBerbagai lipidFosfolipid Dinding selBkn peptidoglikanPeptidoglikan

7 Ciri Bakteri Memiliki inti sel, tapi tidak bermembran yang dikenal dengan prokariotik. Jadi semua bakteri tidak memiliki membran inti sel Bakteri memiliki kemampuan reproduksi yang cepat, hal ini dapat dimanfaatkan oleh industri untuk memanfaatkan jasa mikroorganisme contohnya fermentasi, pembuatan biogas dan pemanfaatan bakteri dalam pembuatan nata de coco. Bakteri aktif bergerak pada kondisi lembab. Pada keadaan kekurangan air, bakteri akan tidak aktif bahkan dapat menyebabkan kematian.

8 Bakteri merupakan organisme mikroskopis rata-rata berukuran 1-5 mikron. Dapat dilihat dengan mikroskop cahaya. Bakteri yang terkecil adalah Mycoplasma, yang berukuran 0,12 mikron. Sedangkan bakteri terbesar adalah Thiomargarita, yang berukuran 200 mikron. Tubuh uniseluler (bersel satu) Tidak berklorofil (meskipun begitu ada beberapa jenis bakteri yang memiliki pigmen seperti klorofil sehingga mampu berfotosintesis dan hidupnya autotrof Reproduksi dengan cara membelah diri (dengan pembelahan biner ) Habitat: bakteri hidup dimana-mana (tanah, air, udara, mahluk hidup)

9 Struktur Bakteri

10 Bentuk Bakteri

11 Panjang bakteri umumnya berkisar antara 0,5-3 mikron, sedangkan lebarnya berkisar antara 0,1-0,2 mikron. Bentuk bakteri sangat bervariasi, tetapi secara umum ada tiga tipe, yaitu : a.bentuk batang/silinder (basil) Basil tunggal,  hanya berbentuk satu batang tunggal. Contoh: Salmonella typhosa penyebab penyakit tipus, Escherichiacoli bakteri yang terdapat pada usus dan Lactobacillus. Diplobasil  bakteri berbentuk basil yang bergandengan dua-dua Streptobasil  bakteri berbentuk basil yang bergandengan memanjang berbetuk rantai, misal Bacillus anthracis penyebab penyakit antraks, Streptpbacillus moniliformis, Azotobacter, bakteri pengikat nitrogen.

12 b.bentuk bulat (kokus) Monokokus  bakteri berbentuk bola tunggal, misal Monococcus gonorhoe penyebab penyakit kencing nanah. Diplokokus  bakteri berbentuk bola bergandengan dua-dua, misal Diplococcus pneumoniae penyebab penyakit pneumonia (radang, paru-paru). Sarcina  bakteri berbentuk bola yang berkelompok empat-empat membentuk kubus, misal Sarcina luten. Streptokokus  bakteri berbentuk bola yang berkelompok memanjang berbentuk rantai, misal Streptococcus lactis, Streptococcus pyogenes penyebab sakit tenggorokan dan Streptococcus thermophilis untuk pembuatan yoghurt (susu asam). Stafilokokus  bakteri berbentuk bola yang berkoloni seperti buah anggur, misal Staphylococcus aureus, penyebab penyakit radang paru-paru.

13 c.bentuk spiral (spirilum) Spiral  golongan bakteri yang bentuknya seperti spiral, misalnya Spirillum. Vibrio atau bentuk koma  bentuk spiral tak sempurna misal Vibrio cholerae penyebab penyakit kolera. Spiroseta  berbentuk spiral yang dapat bergerak misal: Spirochaeta palida, penyebab penyakit sifilis.

14 Bakteri Basil

15 Bentuk Kokus

16 Bentuk Spiral

17 Alat Gerak Bakteri Beberapa bakteri mampu bergerak dengan menggunakan bulu cambuk/flagel.

18 Berdasarkan Ada Tidaknya Flagel Dan Letak Flagel NoNamaJumlh FlagelLetak FlagelGambarContoh 1Atrichbakteri tidak berflagel-Escherichia coli 2Monotrichmempunyai satuPada salah satu ujungnya. Vibrio cholera 3Lopotrichlebih dari satu flagelpada salah satu ujungnya. Rhodospirillum rubrum 4Ampitrichsatu atau lebih flagelpada kedua ujungnya. Pseudomonas aeruginosa 5Peritrichbanyak flagelpada seluruh permukaan tubuhnya. Salmonella typhosa

19 Cara Reproduksi Bakteri berkembang biak dengan cara : – Aseksual dengan pembelahan biner  Pada pembelahan ini, sifat sel anak yang dihasilkan sama dengan sifat sel induknya. – Seksual dengan rekombinasi genetik  pemindahan secara langsung bahan genetik (DNA) di antara dua sel bakteri melalui proses berikut: 1.Transformasi  perpindahan materi genetik berupa DNA dari sel bakteri yang satu ke sel bakteri yang lain. 2.Transduksi  pemindahan materi genetik bakteri ke bakteri lain dengan perantaraan virus. 3.Konjugasi  transfer DNA (berupa plasmid) karena adanya kontak sel dengan membentuk jembatan untuk pemindahan materi genetik.

20 Bacterial Reproduction

21 Peranan Bakteri MENGUNTUNGKAN  Lactobacillus casei : Pembuatan Yakult  Acetobacter xylinum : Pembuatan nata de coco  Lactobacillus bulgaricus : Pembuatan Yoghurt.  Streptococcus griceus : Antibiotik streptomisin.  Methanobacterium : Pembuatan biogas.  Rhizobium, Azotobacter : Mengikat Nitrogen  Nitrosomonas, Nitrosococcus, Nitrobacter : Menyuburkan tanah  Streptococcus lactis : Keju

22 MERUGIKAN 1. Penyebab penyakit pada manusia  Clostridium tetani : Tetanus.  Salmonella thyposa : Tipus.  Treponema pallidum : Sipilis  Vibrio comma : Kolera 2. Penyebab penyakit pada hewan  Bacillus anthracis : Antrak.  Actinomyces bovis : Bengkak rahang sapi 3. Penyebab penyakit pada tumbuhan  Xanthomonas citri : Jeruk 4. Kerusakan makanan  Clostridium botulinum : Makanan kaleng rusak

23 Alga Hijau-Biru (Cyanobacteria) Cyanobacteria termasuk dalam kelompok Eubacteria (bakteri). Ciri-cirinya adalah sebagai berikut : – tidak mempunyai membran inti – dinding selnya terletaka di antara plasmalema dan selubung lendir – beberapa Cyanobacteria yang berkoloni dengan bentuk filamen memiliki heterosista dan spora istirahat (resting spore) – uniseluler, koloni atau filamen – bergerak dengan gerakan meluncur – tidak berflagel – reproduksi dengan pembelahan sel, fragmentasi dan pembentukan spora – peranan : sebagai sumber makanan alternatif (Spirulina) dan simbiosis dengan tumbuhan untuk menambat/fiksasi nitrogen bebas

24 DAFTAR PUSTAKA Anonim Ciri dan Bentuk Bakteri. bakteri-ciri-bentuk-alat-gerak/#ixzz26rvlbCL2 Budisma biologi/macam-macam-reproduksi-bakteri/ Aditya Pusparajasa Bakteri (Monera) Rita Wahyuningsih Bakteri. Mataram

25 TERIMA KASSSSIIIIIIHHHHHH शुक्रिया 감사합니다


Download ppt "BAKTERI KELOMPOK 3: 1.Ni Made Dwi Ayu S.A(10008083) 2.Riski Nanda Okteviana(10008086) 3.Wiwit Sistiani(10008087) 4.Malinda Kusumawati(10008088) 5.Nur Wahyuni(10008090)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google