Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Padi merupakan bahan makanan pokok di negara Indonesia  Padi dikenal sebagai sumber karbohidrat terutama pada bagian endosperm. Bagian lain dikenal.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Padi merupakan bahan makanan pokok di negara Indonesia  Padi dikenal sebagai sumber karbohidrat terutama pada bagian endosperm. Bagian lain dikenal."— Transcript presentasi:

1  Padi merupakan bahan makanan pokok di negara Indonesia  Padi dikenal sebagai sumber karbohidrat terutama pada bagian endosperm. Bagian lain dikenal sebagai bahan baku industri

2

3

4

5

6

7

8

9 Benda-benda asing, kotoran

10

11

12

13 Berdasarkan kandungan HCN : 1.Singkong dengan kadar HCN < 0,05% atau 50 mg/kg umbi, aman dikonsumsi, rasa manis 2.Singkong dengan kadar HCN 50 – 80 mg/kg umbi, agak beracun, rasa agak pahit, dikonsumsi setelah diolah (kukus, rebus) 3.Singkong dengan kadar HCN 80 – 100 mg, beracun, rasa pahit, aman dikonsumsi apaila sudah dicuci dan direndam dalam air 4.Singkong dengan kadar HCN > 100 mg/kg umbi, kategori sangat beracun, rasa sangat pahit, aman dikonsumsi bila sudah diproses menjadi tepung (dikeringkan) lebih dulu

14

15 Umbi akar (singkong) DICUCI DIKUPAS Umbi terkupas PEMOTONGAN/PENGIRISAN PENCUCIAN/PERENDAMAN PENGERINGAN GAPLEK

16  Kadar air % akan dapat tahan disimpan 3-6 bulan  Pencucian/perendaman, untuk menghilangkan bagian-bagian lendir dan HCN  Bagian lendir harus dihilangkan karena bagian ini mengandung ensim poliphenolase. Ensim ini dengan udara, karena adanya senyawa poliphenol akan menyebabkan warna coklat kehitaman  Bagian lendir berbau tidak enak (off flavour)


Download ppt " Padi merupakan bahan makanan pokok di negara Indonesia  Padi dikenal sebagai sumber karbohidrat terutama pada bagian endosperm. Bagian lain dikenal."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google