Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANTA TOW. Manta Tow  Metoda Manta Tow adalah suatu teknik pengamatan terumbu karang dengan cara pengamat di belakang perahu kecil bermesin dengan menggunakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANTA TOW. Manta Tow  Metoda Manta Tow adalah suatu teknik pengamatan terumbu karang dengan cara pengamat di belakang perahu kecil bermesin dengan menggunakan."— Transcript presentasi:

1 MANTA TOW

2 Manta Tow  Metoda Manta Tow adalah suatu teknik pengamatan terumbu karang dengan cara pengamat di belakang perahu kecil bermesin dengan menggunakan tali sebagai penghubung antara perahu dengan pengamat  Dengan kecepatan perahu yang tetap dan melintas di atas terumbu karang dengan lama tarikan 2 menit, pengamat akan melihat beberapa obyek yang terlintas serta nilai persentase penutupan karang hidup (karang keras dan karang lunak) dan karang mati  Data yang diamati dicatat  pada tabel data dengan menggunakan nilai kategori atau dengan nilai  persentase bilangan bulat

3 Gambar Metode penarikan

4 Logistik dan Peralatan yang Digunakan  Tim kerja  Peralatan yang Digunakan  Prosedur Umum Manta Tow

5 Tim kerja (Pemula)  1 orang bertugas mengemudikan perahu motor.  1 orang bertugas sebagai pengamat (observer) yang ditarik di belakang perahu.  1 orang bertugas sebagai penunjuk arah yang berada di depan perahu dan melihat posisi perahu agar selalu berada di antara rataan terumbu dengan tepi tubir.  1 orang bertugas sebagai penentu waktu, fungsinya adalah memperhatikan waktu pengamatan dan memberi tahu pengemudi untuk menghentikan perahu apabila waktu pengamatan telah berlangsung selama 2 menit.

6  satu untuk pengamat dan  satunya lagi adalah pengemudi perahu yang sekaligus bertugas sebagai penentu lama waktu tarikan Tim kerja (Mahir)

7 Peralatan yang Digunakan  Kaca mata selam (masker)  Alat bantu pernapasan di permukaan air (snorkel)  Alat bantu renang di kaki (fins)  Perahu bermotor (minimal 5 PK)  Papan manta (manta board) yang berukuran panjang 60 cm, lebar 40  cm, dan tebal 2 cm  Tali yang panjangnya 20 meter dan berdiameter 1 cm.

8 Peralatan yang Digunakan  Pelampung kecil  Papan plastik putih yang permukaannya telah dikasarkan dengan kertas pasir  Pensil  Penghapus  Stop watch/jam  Global Positioning System (GPS)/alat penentu posisi global – bila memungkinkan

9 Gambar Papan Manta yg digunakan

10 Prosedur Umum Manta Tow  kecepatan yang tetap yaitu antara km/jam  dilakukan selama 2 menit  Mencatat data beberapa kategori yang terlihat

11 Kategori dan persentase tutupan karang untuk menilai berapa persentase karang hidup, karang mati, karang lunak, pasir dan kerikil (Dahl, 1981).

12 Sesuai dengan Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 04/MENLH/02/2001 tentang Kriteria Baku Kerusakan Terumbu Karang Kategori kondisi terumbu karang


Download ppt "MANTA TOW. Manta Tow  Metoda Manta Tow adalah suatu teknik pengamatan terumbu karang dengan cara pengamat di belakang perahu kecil bermesin dengan menggunakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google