Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Gerak dalam Dua atau Tiga Dimensi Arif hidayat

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Gerak dalam Dua atau Tiga Dimensi Arif hidayat"— Transcript presentasi:

1 1 Gerak dalam Dua atau Tiga Dimensi Arif hidayat

2 2 Vektor Posisi dan Vektor Kecepatan Vektor Posisi Vektor Kecepatan

3 3 Vektor kecepatan sesaat juga dapat dihitung dengan menggunakan komponen-komponennya, yaitu V x, V y, dan V z.

4 4 Vektor Percepatan Vektor percepatan sesaat juga dapat dihitung dengan menggunakan komponen-komponennya, yaitu a x, a y, dan a z.

5 5 Gerak Peluru Adalah suatu benda yang diberi kecepatan awal dan kemudian menempuh lintasan yang arahnya sepenuhnya dipengaruhi oleh percepatan gravitasi dan hambatan udara. Hambatan udara, lengkungan, dan rotasi bumi akan diabaikan. Gerak peluru merupakan kombinasi dari gerak horisontal dengan kecepatan konstan dan gerak vertikal dengan percepatan konstan.

6 6 Gerak Peluru y x

7 7 Dengan demikian rumus-rumus dalam Gerak Peluru adalah : Dengan meng-eliminasi t, maka diperoleh :

8 8 Vektor Posisi dan Vektor Kecepatan Wisnu mengendalikan sebuah mobil-mobilan radio kontrol di lapangan. Posisi Wisnu adalah titik asal koordinat dan permukaan lapangan berada pada bidang xy. Mobil memiliki koordinat x dan y yang berubah-ubah terhadap waktu menurut persamaan : x=2 m-(0,25 m/s 2 )t 2 y=(1 m/s)t+(0,025 m/s 3 )t 3 a.Cari koordinat mobil dan jaraknya dari Wisnu pada waktu t=2 dtk. b.Carilah perpindahan mobil dan kecepatan rata- ratanya selama selang waktu t=o dtk dan t=2 dtk c.Turunkan persamaan umum untuk vektor kecepatan sesaat dari mobil dan carilah kecepatan sesaat pada t=2 dtk. Nyatakan kecepatan sesaat dalam bentuk komponen dan juga dalam bentuk besar dan arah.

9 9 Gerak Peluru Seorang pengendara sepeda motor untuk adegan yang berbahaya mengendarai motor dari tepi sebuah jurang. Tepat pada tepi jurang, kecepatannya horisontal, dengan besar 9 m/s. Tentukan posisi sepeda motor tersebut, jarak dari tepi jurang, an kecepatannya setelah 0,5 detik.


Download ppt "1 Gerak dalam Dua atau Tiga Dimensi Arif hidayat"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google