Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SEPUTAR EPISTEMOLOGI Oleh Ngainun Naim. SISTEM FILSAFAT EPISTEMOLOGI: teori pengetahuan—bagaimana cara mendapatkan pengetahuan. ONTOLOGI: teori tentang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SEPUTAR EPISTEMOLOGI Oleh Ngainun Naim. SISTEM FILSAFAT EPISTEMOLOGI: teori pengetahuan—bagaimana cara mendapatkan pengetahuan. ONTOLOGI: teori tentang."— Transcript presentasi:

1 SEPUTAR EPISTEMOLOGI Oleh Ngainun Naim

2 SISTEM FILSAFAT EPISTEMOLOGI: teori pengetahuan—bagaimana cara mendapatkan pengetahuan. ONTOLOGI: teori tentang “ada”—tentang apa yang dipikirkan yang menjadi objek pemikiran. AKSIOLOGI: tentang nilai—manfaat, kegunaan, fungsi dari objek yang dipikirkan. Secara sederhana dapat dikatakan; ada sesuatu yang perlu dipikirkan [ONTOLOGI], lalu dicari cara-cara memikirkannya [EPISTEMOLOGI], kemudian timbul hasil pemikiran yang memberikan manfaat [AKSIOLOGI].

3 P. HARDONO HADI Cabang filsafat yang mempelajari dan mencoba menentukan kodrat dan skope pengetahuan, pengandaian-pengandaian dan dasarnya, serta pertanggungjawaban atas pernyataan mengenai pengetahuan yang dimiliki.

4 D.W. HAMLYN Cabang filsafat yang berurusan dengan hakikat dan lingkup pengetahuan, dasar dan pengandaian-pengandaiannya serta secara umum hal itu dapat diandalkannya sebagai penegasan bahwa orang memiliki pengetahuan.

5 IDEALISME-REALISME Inti pemahaman kedua pengertian tersebut hampir sama. Perbedaannya; P. Hardono Hadi menyinggung kodrat pengetahuan, sedang D.W. Hamlyn tentang hakikat pengetahuan. Kodrat pengetahuan berkaitan dengan sifat asli pengetahuan, sedang hakikat pengetahuan berkaitan dengan ciri-ciri pengetahuan sehingga menghasilkan pengertian yang sebenarnya. Pembahasan hakikat pengetahuan melahirkan dua aliran: realisme dan idealisme.

6 DAGOBERT D. RUNES Cabang filsafat yang membahas sumber, struktur, metode-metode dan validitas pengetahuan.

7 AZYUMARDI AZRA Ilmu yang membahas tentang keaslian, pengertian, struktur, metode dan validitas ilmu pengetahuan.

8 RUANG LINGKUP M. ARIFIN: (1) hakikat; (2) sumber; (3) validitas pengetahuan. MUDLOR AHMAD: (1) hakikat; (2) unsur; (3) macam; (4) tumpuan; (5) batas; (6) sasaran pengetahuan.

9 A.M. SAEFUDDIN: Mencakup pertanyaan yang harus dijawab: (1)Apakah ilmu itu? (2)Darimana asalnya? (3)Apa sumbernya? (4)Apa hakikatnya? (5)Bagaimana membangun ilmu yang tepat dan benar? (6)Apa kebenaran itu?

10 (7) Mungkinkan kita mencapai ilmu yang benar? (8) Apa yang dapat kita ketahui? (9) Sampai di manakah batasannya? Semua pertanyaan itu dapat diringkas menjadi dua masalah: (1)Masalah sumber ilmu; (2)Masalah benarnya itu.

11 TEORI PENGETAHUAN 1.Hakikat; 2.Keaslian; 3.Sumber; 4.Struktur; 5.Metode; 6.Validitas; 7.Unsur; 8.Macam;

12 9.Tumpuan; 10.Batas; 11.Sasaran; 12.Dasar; 13.Pengandaian; 14.Kodrat; 15.Pertanggungjawaban; 16.Skope pengetahuan.


Download ppt "SEPUTAR EPISTEMOLOGI Oleh Ngainun Naim. SISTEM FILSAFAT EPISTEMOLOGI: teori pengetahuan—bagaimana cara mendapatkan pengetahuan. ONTOLOGI: teori tentang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google