Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ADITYA BAYU PERDANANTO, 6250406033 Analisis Gerak Ketrampilan Passing bawah dalam permainan bola voli ( Suatu Tinjauan Anatomi, Fisiologi, dan Biomekanika.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ADITYA BAYU PERDANANTO, 6250406033 Analisis Gerak Ketrampilan Passing bawah dalam permainan bola voli ( Suatu Tinjauan Anatomi, Fisiologi, dan Biomekanika."— Transcript presentasi:

1 ADITYA BAYU PERDANANTO, Analisis Gerak Ketrampilan Passing bawah dalam permainan bola voli ( Suatu Tinjauan Anatomi, Fisiologi, dan Biomekanika )

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : ADITYA BAYU PERDANANTO - NIM : PRODI : Ilmu Keolahragaan - JURUSAN : Ilmu Keolahragaan - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan - mablox99 pada domain plasa.com - PEMBIMBING 1 : Dr. Sugiharto, MS - PEMBIMBING 2 : Drs. Musyafari Waluyo, M.Kes - TGL UJIAN :

3 Judul Analisis Gerak Ketrampilan Passing bawah dalam permainan bola voli ( Suatu Tinjauan Anatomi, Fisiologi, dan Biomekanika )

4 Abstrak Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah analisis gerak keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli ditinjau dari segi anatomi, fisiologi, dan biomekanika? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis gerak keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli ditinjau dari segi anatomi, fisiologi, dan biomekanika. Subjek dalam penelitian ini adalah pemain Klub Bola Voli Putra Mustika Blora yang berjumlah 6 orang. Untuk objek/variabel penelitian adalah analisis gerak keterampilan passing bawah ditinjau dari anatomi, fisiologi, dan biomekanika. Untuk memperoleh data yang sesuai maka dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan pengamatan/observasi. Data dokumentasi diperoleh dari buku, majalah, dokumen, artikel. Untuk data pengamatan diperoleh dari pedoman pengamatan yang berdasarkan landasan teori. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gerak keterampilan passing bawah pada pemain bola voli Putra Mustika dalam kategori baik, dengan rincian : 1. ditinjau dari faktor anatomi dalam kategori baik, 2. ditinjau dari faktor fisiologi dalam kategori sangat baik, 3. ditinjau dari faktor biomekanika dalam kategori baik Setelah diperoleh hasil penelitian dan dibahas, maka dapat diambil simpulan bahwa gerak keterampilan passing bawah secara keseluruhan pemain di Klub Bola Voli Putra Mustika dalam ketegori baik, dengan rincian : 1. gerak keterampilan passing bawah pemain bola voli Putra Mustika ditinjau dari faktor anatomi dalam kategori baik, 2. gerak keterampilan passing bawah pemain bola voli Putra Mustika ditinjau dari faktor fisiologi dalam kategori sangat baik, 3. gerak keterampilan passing bawah pemain bola voli Putra Mustika ditinjau dari faktor biomekanika dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan, maka peneliti mengajukan saran : Bagi pemain bola voli, agar dapat melakukan keterampilan passing bawah dengan baik dan benar, maka perlu lebih memperhatikan faktor anatomi, fisiologi, dan biomekanika, bagi pelatih, dalam pelaksanaan latihan para pemain hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip latihan diantaranya pengelolaan latihan dengan memperhatikan faktor anatomi, fisiologi, dan biomekanika, dan bagi peneliti lain yang melakukan penelitian sejenis, hendaknya hasil penelitian ini digunakan sebagai bahan pertimbangan agar diperoleh hasil yang lebih dapat dipertangungjawabkan secara ilmiah.

5 Kata Kunci Gerak Passing Bawah, Bola Voli, Anatomi, Fisiologi, Biomekanika

6 Referensi Amung Ma’mun dan Toto Subroto, Pendekatan Keterampilan Taktis dalam Permainan Bola Voli. Jakarta : Dirjen Olahraga. A.Sarumpaet dkk Permainan Olahraga Besar. Depdikbud Dirjen Dikti. Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan. Barbara L. Viera Bola Voli Tingkat Pemula. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada. Dieter Beutelstahl Belajar Bermain Voli. Jakarta : Pionir Jaya. Eri Praktiknyo D Tes dan Pengukuran Olahraga. Semarang : Universitas Negeri Semarang. Evelin C. Pearce Anatomi Dan Fisiologi Untuk Paramedis. Jakarta : Gramedia PUstaka Utama. Herry Koesyanto Belajar Bermain Bola Voli. Semarang : Unnes. Http: //patrickzuco.wordpress.com/2009/11/05/ kumpulan -tugas- biomekanika/. (accesed 5 Sep :51:51 GMT) (accesed 13 Sep :23:12 GMT) /www.scribd.com/doc/ / Sistem-Mekanisme-Gerak-Otot. (accesed 24 Sep :38:05 GMT) Lexi J, Moleong Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Machfud Irsada Bola Voli. Depdikbud. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III. Margono, S Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta. M. Mariyanto., Sunardi., Agus Margono Permainan Besar II. Jakarta : Universitas Terbuka. M. Sajoto Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Semarang : Dahara Prize. M. Yunus Olahraga Pilihan Bola Voli. Depdikbud Dirjen Dikti. Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan. Nasuka Fisiologi Olahraga. Semarang : Universitas Negeri Semarang. Nuril Ahmadi Panduan Olahraga Bola Voli. Surakarta : Era Pustaka Utama. Phil Yanuar Kiram Belajar Motorik. Depdikbud.PGSD. Samsudi Disain Penelitian Pendidikan. Semarang : Universitas Negeri Semarang Press. Setiadi Anatomi Dan Fisiologi Manusia. Yogyakarta : Graha Ilmu. Soedarminto Kinesiologi. Semarang : Universitas Negeri Semarang. Soegiyanto K.S Fisiologi Olahraga. Semarang : Universitas Negeri Semarang. Sri Haryono Biomekanika Olahraga. Semarang : Universitas Negeri Semarang. Sugiyanto Perkembangan Dan Belajar Gerak. Jakarta : Depdikbud. Proyek Peningkatan Mutu Guru SD dan Pendidikan Kependudukan. Suharsimi Arikunto Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Surachmad Dasar dan Teknik Research Pengantar Ilmiah. Bandung : CV Tarsito. Syaifudin Anatomi Untuk Siswa Perawat. Jakarta : Balai Pustaka. Ucup Yusup Kinesiologi. Depdikbud. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

7 Terima Kasih


Download ppt "ADITYA BAYU PERDANANTO, 6250406033 Analisis Gerak Ketrampilan Passing bawah dalam permainan bola voli ( Suatu Tinjauan Anatomi, Fisiologi, dan Biomekanika."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google