Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RUNANA, 1601908002 Strategi Pembelajaran Kooperatif dengan Memanfaatkan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Siswa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RUNANA, 1601908002 Strategi Pembelajaran Kooperatif dengan Memanfaatkan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Siswa."— Transcript presentasi:

1 RUNANA, Strategi Pembelajaran Kooperatif dengan Memanfaatkan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Siswa di TK Dharma Wanita I Depok Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : RUNANA - NIM : PRODI : - JURUSAN : - FAKULTAS : Ilmu Pendidikan PEMBIMBING 1 : Dra. S.S Dewanti H, M.Pd - PEMBIMBING 2 : Amirul Mukminin, S.Pd - TGL UJIAN :

3 Judul Strategi Pembelajaran Kooperatif dengan Memanfaatkan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Siswa di TK Dharma Wanita I Depok Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan

4 Abstrak Perkembangan sosial anak sangat penting dimiliki oleh seseorang. Melalui lingkungan kita akan memperoleh pengetahuan yang lebih luas dalam segala hal dan membuat belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Rendahnya perkembangan sosial siswa menjadi pokok permasalahan yang dihadapi guru di TK Dharmawanita 1 Depok Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan. Berdasarkan kondisi tersebut perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah strategi pembelajaran kooperatif dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan perkembangan sosial siswa di TK Depok 1 Toroh Kabupaten Grobogan? Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data adalah siswa TK B di TK Depok 1 Toroh Kabupaten Grobogan. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan diperoleh hasil berupa peningkatan kerja sama dan perkembangan sosial siswa baik dalam kegiatan kelompok maupun pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil dari penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dapat dikatakan berhasil, dalam rangka meningkatkan perkembangan sosial siswa, untuk itu disarankan pada semua guru agar mencoba menerapkan strategi pembelajaran yang baru sesuai dengan tema. Hasil penelitian menunjukkan, dengan strategi pembelajaran kooperatif menggunakan teknik bertukar pasangan dan teknik mencari pasangan dapat meningkatkan perkembangan sosial siswa di kelompok B TK Dharmawanita 1 Depok Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan. Peningkatan kemampuan sosial tersebut ditandai dengan: (1) anak mampu bermain bersama teman dan mengerjakan tugas secara berkelompok; (2) anak mau bergantian dan antri dalam melaksanakan tugas; (3) anak mau mengikuti perintah dan petunjuk selama kegiatan berlangsung; (4) adanya komunikasi antar anak dan kemauan anak untuk mengajak temannya bermain

5 Kata Kunci Strategi Pembelajaran Kooperatif, Memanfaatkan Lingkungan, Perkembangan Sosial.

6 Referensi Aqib, Zaenal dkk Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: CV. Yrama Media. Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Eliyawati, Cucu Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Dirjen PDTK Depdiknas. Hurlock, B Elizabeth Perkembangan Anak Jilid 1 (terjemahan Med. Meitasari Tjandrasa). Jakarta: Erlangga Jamaris, Martini Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Majid, Abdul Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mulyasa Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Uno, Hamzah Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Soefandi, I. dan Pramudya,A. (2009). Strategi Mengembangkan Potensi Kecerdasan Anak. Jakarta: Bee Media Indonesia. Subyantoro Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Universitas Diponegoro. Sugandi, Achmad Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES. Suprijono, Agus. Cooperative Learning Teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sutrisno dan Harjono, Hary Soedarto Pengenalan Lingkungan Alam Berbasis Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas. Suyanto, Slamet Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: UNY. Wiriaatmadja, Rochiati Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Yudha, Saputra dan Rudyanto Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas. (http://ilmuwanmuda.wordperss.com/pemanfaatan-lingkungan-sebagai- sumberbelajar- untuk-anak-usia-dini/) (www.scribd.com/doc/ /apakah-perbedaan-bahan-ajar-dan-sumber- belajar) (http://blog.unm.ac.id /2010/02/16/model-pembelajaran-kooperatif/)

7 Terima Kasih


Download ppt "RUNANA, 1601908002 Strategi Pembelajaran Kooperatif dengan Memanfaatkan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Siswa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google