Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TI1063 Algoritma dan Pemrograman Antonius Rachmat C, S.Kom, M.Cs Group A dan B.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TI1063 Algoritma dan Pemrograman Antonius Rachmat C, S.Kom, M.Cs Group A dan B."— Transcript presentasi:

1 TI1063 Algoritma dan Pemrograman Antonius Rachmat C, S.Kom, M.Cs Group A dan B

2 Algoritma & Pemrograman SKS: 3 SKSSKS: 3 SKS Dosen: Antonius Rachmat C, S.Kom, M.CsDosen: Antonius Rachmat C, S.Kom, M.Cs Website: YM: antonie_ooYM: antonie_oo Jadwal Kuliah Kelas::Jadwal Kuliah Kelas:: Group D: Kamis, 7.30Group D: Kamis, 7.30 Group E: Kamis, 10.30Group E: Kamis, Ruang: H.23Ruang: H.23 Jadwal Kuliah Praktikum (2x seminggu) mengikuti jadwal masing-masing. Praktikum menggunakan Bahasa C / C++Praktikum menggunakan Bahasa C / C++ Tool: DevC++ atau Turbo C++ atau Borland C++ 5/02Tool: DevC++ atau Turbo C++ atau Borland C++ 5/02 Visual: Borland C++ Builder 6Visual: Borland C++ Builder 6

3 Kompetensi Matakuliah Mahasiswa mampu:Mahasiswa mampu: menjelaskan logika berpikir komputer,menjelaskan logika berpikir komputer, menjelaskan alasan-alasan komputer dapat mengerjakan perintah-perintah yang diberikan,menjelaskan alasan-alasan komputer dapat mengerjakan perintah-perintah yang diberikan, menjelaskan prinsip kerja program,menjelaskan prinsip kerja program, menggambarkan logika jalannya program secara tertulis dengan algoritma (pseudo code) dan dilengkapi dengan diagram alir (flow chart) menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentumenggambarkan logika jalannya program secara tertulis dengan algoritma (pseudo code) dan dilengkapi dengan diagram alir (flow chart) menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu membuat program sederhana dengan bahasa Cmembuat program sederhana dengan bahasa C

4 Kompetensi Detail Mampu menjelaskan Prinsip-prinsip AlgoritmaMampu menjelaskan Prinsip-prinsip Algoritma Mampu menjelaskan Konsep Bahasa PemrogramanMampu menjelaskan Konsep Bahasa Pemrograman Mampu membuat Flowchart dan PseudocodeMampu membuat Flowchart dan Pseudocode Mampu menjelaskan Konsep Dasar Bahasa CMampu menjelaskan Konsep Dasar Bahasa C Mampu membuat program Struktur Input/OutputMampu membuat program Struktur Input/Output Mampu membuat program PercabanganMampu membuat program Percabangan Mampu membuat program PerulanganMampu membuat program Perulangan Mampu menjelaskan Pemrograman ModularMampu menjelaskan Pemrograman Modular Mampu membuat Fungsi: parameter, kembalian fungsi by valueMampu membuat Fungsi: parameter, kembalian fungsi by value Mampu menjelaskan dan membuat program Array 1 dimensiMampu menjelaskan dan membuat program Array 1 dimensi Mampu menjelaskan dan membuat program Array 2 dimensiMampu menjelaskan dan membuat program Array 2 dimensi Mampu membuat program Manipulasi StringMampu membuat program Manipulasi String Mampu menjelaskan Event Driven Programming, GUI Creator, Properties dan EventMampu menjelaskan Event Driven Programming, GUI Creator, Properties dan Event Mampu membuat program C dengan komponen sederhana berbasis GUIMampu membuat program C dengan komponen sederhana berbasis GUI

5 Silabus Kontrak Perkuliahan & Pengantar Algoritma dan Pemrograman 20/1Kontrak Perkuliahan & Pengantar Algoritma dan Pemrograman 20/1 Algoritma, Pseudocode dan Flowchart 27/1Algoritma, Pseudocode dan Flowchart 27/1 Pengantar Bahasa Pemrograman (dengan Bahasa C) 3/2 -> 29/1Pengantar Bahasa Pemrograman (dengan Bahasa C) 3/2 -> 29/1 Input & Output pada Bahasa C 10/2Input & Output pada Bahasa C 10/2 Struktur Kontrol Percabangan 17/2Struktur Kontrol Percabangan 17/2 Struktur Kontrol Perulangan 24/2Struktur Kontrol Perulangan 24/2 Struktur Kontrol Perulangan Bertingkat 3/3Struktur Kontrol Perulangan Bertingkat 3/3 TTS (Test Tengah Semester)TTS (Test Tengah Semester) Modular Programming 24/3Modular Programming 24/3 Function by value 31/3Function by value 31/3 Array 1 Dimensi 7/4Array 1 Dimensi 7/4 Array 2 Dimensi 14/4Array 2 Dimensi 14/4 Pengolahan Karakter dan String 28/4Pengolahan Karakter dan String 28/4 Pemrograman GUI 1 5/5Pemrograman GUI 1 5/5 Pemrograman GUI 2 12/5Pemrograman GUI 2 12/5 TAS (Test Akhir Semester)TAS (Test Akhir Semester)

6 Referensi Rachmat, A., Algoritma Pemrograman dengan Bahasa C, Penerbit Andi Yogyakarta, 2010Rachmat, A., Algoritma Pemrograman dengan Bahasa C, Penerbit Andi Yogyakarta, 2010 Thomas H. Cormen et.al, Introduction to Algorithms Second Edition, MIT Press, McGraw-Hill Book Company, 2001Thomas H. Cormen et.al, Introduction to Algorithms Second Edition, MIT Press, McGraw-Hill Book Company, 2001 Simon Harris and James Ross, Beginning Algorithms, Willey Publishing Inc, 2006Simon Harris and James Ross, Beginning Algorithms, Willey Publishing Inc, 2006 Jogianto H.M, Konsep Dasar Pemrograman Bahasa C, Penerbit Andi, 2000Jogianto H.M, Konsep Dasar Pemrograman Bahasa C, Penerbit Andi, 2000 Antonie Pranata, Algoritma dan Pemrograman, J&J Learning Yogyakarta, 2000Antonie Pranata, Algoritma dan Pemrograman, J&J Learning Yogyakarta, 2000 Iwan Binanto, Konsep Bahasa Pemrograman, Penerbit Andi Yogyakarta, 2005Iwan Binanto, Konsep Bahasa Pemrograman, Penerbit Andi Yogyakarta, 2005 Moh. Sjukani, Algoritma dan Struktur Data dengan C, C++, dan Java, Mitra Wacana Media, 2005Moh. Sjukani, Algoritma dan Struktur Data dengan C, C++, dan Java, Mitra Wacana Media, 2005 Thompson Susabda Ngoen, Pengantar Algoritma dengan Bahasa C, Penerbit Salemba Teknika, 2004Thompson Susabda Ngoen, Pengantar Algoritma dengan Bahasa C, Penerbit Salemba Teknika, 2004

7 Penilaian Komponen Penilaian: Praktikum:40% Tes Kecil:10% Keaktifan10% TTS:20% TAS:20% A A B – 74.9B – 69.9B – 64.9C – 59.9C – 54.9D1.0 0 – 44.9E0.0

8 Ketentuan Lain Tidak ada tes tengah atau akhir susulanTidak ada tes tengah atau akhir susulan Boleh tidaknya ikut TAS mengikuti aturan biro 1Boleh tidaknya ikut TAS mengikuti aturan biro 1 Ketentuan praktikum sesuai dengan aturan praktikumKetentuan praktikum sesuai dengan aturan praktikum Tidak ada tugas tambahan untuk meningkatkan nilai yang kurangTidak ada tugas tambahan untuk meningkatkan nilai yang kurang

9 The dark of The NET Generation Dianggap lebih bodoh daripada generasi sebelumnya?Dianggap lebih bodoh daripada generasi sebelumnya? Net addicted, losing social skill, no time for sport & heatlh?Net addicted, losing social skill, no time for sport & heatlh? No shame?No shame? Curigaan?Curigaan? Steal?Steal? Bullying friends online?Bullying friends online? Violent?Violent? Will be bad employees?Will be bad employees?

10 Net Gen Digital Natives – can’t imagine life without it -Digital Natives – can’t imagine life without it - Always connected; hundreds of names on their buddy listsAlways connected; hundreds of names on their buddy lists Multi – taskers – at least electronicallyMulti – taskers – at least electronically Want activity rather than lectureWant activity rather than lecture Like team workLike team work ProsumersProsumers

11 The Norms FreedomFreedom Customize / PersonalizeCustomize / Personalize Technology is like the airTechnology is like the air Need for SpeedNeed for Speed Wants entertainment and play at workWants entertainment and play at work Collaboration & RelationshipCollaboration & Relationship InnovatorsInnovators

12 Student Centered Learning

13 SCL

14 Peran Dosen dlm SCL

15 Bagan Sistem Komputer

16 Definisi Program/Pemrograman Adalah kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer (pembuat program)Adalah kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer (pembuat program) Program adalah kumpulan instruksi atau perintah yang disusun sedemikian rupa sehingga mempunyai urutan nalar yang tepat untuk menyelesaikan suatu persoalan.Program adalah kumpulan instruksi atau perintah yang disusun sedemikian rupa sehingga mempunyai urutan nalar yang tepat untuk menyelesaikan suatu persoalan. Instruksi (statement) yang dimaksud adalah syntax (cara penulisan) sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan yang mempunyai komponen-komponen : Input, Output, Proses, Percabangan dan Perulangan.Instruksi (statement) yang dimaksud adalah syntax (cara penulisan) sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan yang mempunyai komponen-komponen : Input, Output, Proses, Percabangan dan Perulangan.

17 Bahasa Pemrograman Adalah alat untuk membuat programAdalah alat untuk membuat program Contoh: C, C++, C#, Pascal, Basic, Perl, PHP, ASP, JHP, Java, dll.Contoh: C, C++, C#, Pascal, Basic, Perl, PHP, ASP, JHP, Java, dll. Perbedaan: cara memberikan instruksi (sintaks)Perbedaan: cara memberikan instruksi (sintaks) Persamaan: bertujuan menghasilkan output yang samaPersamaan: bertujuan menghasilkan output yang sama

18 Paradigma Pemrograman Pemrograman Prosedural / TerstrukturPemrograman Prosedural / Terstruktur Berdasarkan urutan-urutan, sekuensialBerdasarkan urutan-urutan, sekuensial Program adalah suatu rangkaian prosedur untuk memanipulasi data. Prosedur merupakan kumpulan instruksi yang dikerjakan secara berurutan.Program adalah suatu rangkaian prosedur untuk memanipulasi data. Prosedur merupakan kumpulan instruksi yang dikerjakan secara berurutan. Harus mengingat prosedur mana yang sudah dipanggil dan apa yang sudah diubah.Harus mengingat prosedur mana yang sudah dipanggil dan apa yang sudah diubah. Program dapat dibagai-bagi menjadi prosedur dan fungsi.Program dapat dibagai-bagi menjadi prosedur dan fungsi. Contoh: PASCAL dan CContoh: PASCAL dan C Pemrograman FungsionalPemrograman Fungsional Berdasarkan teori fungsi matematikaBerdasarkan teori fungsi matematika Fungsi merupakan dasar utama program.Fungsi merupakan dasar utama program. Pemrograman ModularPemrograman Modular Pemrograman ini membentuk banyak modul.Pemrograman ini membentuk banyak modul. Modul merupakan kumpulan dari prosedur dan fungsi yang berdiri sendiriModul merupakan kumpulan dari prosedur dan fungsi yang berdiri sendiri Sebuah program dapat merupakan kumpulan modul-modul.Sebuah program dapat merupakan kumpulan modul-modul. Contoh: MODULA-2 atau ADAContoh: MODULA-2 atau ADA

19 Paradigma Pemrograman Pemrograman Berorientasi ObyekPemrograman Berorientasi Obyek Pemrograman berdasarkan prinsip obyek, dimana obyek memiliki data/variabel/property dan method/event/prosedur yang dapat dimanipulasiPemrograman berdasarkan prinsip obyek, dimana obyek memiliki data/variabel/property dan method/event/prosedur yang dapat dimanipulasi Contoh: C++, Object Pascal, dan Java.Contoh: C++, Object Pascal, dan Java. Pemrograman Berorientasi FungsiPemrograman Berorientasi Fungsi Pemrograman ini berfokus pada suatu fungsi tertentu saja. Sangat tergantung pada tujuan pembuatan bahasa pemrograman ini.Pemrograman ini berfokus pada suatu fungsi tertentu saja. Sangat tergantung pada tujuan pembuatan bahasa pemrograman ini. Contoh: SQL (Structured Query Language), HTML, XML dan lain-lain.Contoh: SQL (Structured Query Language), HTML, XML dan lain-lain. Pemrograman DeklaratifPemrograman Deklaratif Pemrograman ini mendeskripsikan suatu masalah dengan pernyataan daripada memecahkan masalah dengan implementasi algoritma.Pemrograman ini mendeskripsikan suatu masalah dengan pernyataan daripada memecahkan masalah dengan implementasi algoritma. Contoh: PROLOGContoh: PROLOG

20 Siklus Hidup Perangkat Lunak (Software) Dilihat dari Struktur Sistem Komputer dan Siklus diatas, Algoritma Pemrograman menempati posisi dibagian implementasi karena bagian implementasi merupakan bagian dimana pemrogram melakukan proses coding (pembuatan program).Dilihat dari Struktur Sistem Komputer dan Siklus diatas, Algoritma Pemrograman menempati posisi dibagian implementasi karena bagian implementasi merupakan bagian dimana pemrogram melakukan proses coding (pembuatan program).

21 Aksi Kejadian yang terjadi pada waktu yang terbatas dan menghasilkan efek yang memang direncanakanKejadian yang terjadi pada waktu yang terbatas dan menghasilkan efek yang memang direncanakan Dari waktu0 ke waktuNDari waktu0 ke waktuN Contoh: “aksi Bu Tati mengupas kentang untuk makan malam”Contoh: “aksi Bu Tati mengupas kentang untuk makan malam” Batasan:Batasan: Apa kentang harus dibeli dulu atau sudah ada?Apa kentang harus dibeli dulu atau sudah ada? Apakah mengupas berarti sampai kentang terhidang?Apakah mengupas berarti sampai kentang terhidang? Apakah setelah kentang selesai dikupas, harus ada kegiatan lain seperti dibuat sup atau digoreng?Apakah setelah kentang selesai dikupas, harus ada kegiatan lain seperti dibuat sup atau digoreng? Berarti harus ada kejadian awal = start dan kejadian akhir = finishBerarti harus ada kejadian awal = start dan kejadian akhir = finish Kejadian bu Tati dapat juga diterapkan pada ibu-ibu yang lain, yang juga akan mengupas kentangKejadian bu Tati dapat juga diterapkan pada ibu-ibu yang lain, yang juga akan mengupas kentang Cara (Metode) sebisa mungkin harus bersifat universalCara (Metode) sebisa mungkin harus bersifat universal

22 Algoritma Game :Game : Use Your Mind! Use Your Mind!

23 Langkah Use Your Mind 1.2 kanibal naik perahu ke seberang kiri 2.Pindahkan 1 kanibal ke seberang kiri 3.Perahu kembali ke seberang kanan dgn 1 kanibal 4.Ulangi langkah misionaris naik perahu ke seberang kiri 6.Di seberang kiri, tukar 1 kanibal dgn 1 misionaris di perahu 7.Perahu kembali ke seberang kanan dgn 1 kanibal dan 1 misionaris 8.Di seberang kanan, tukar kanibal di perahu dgn 1 misionaris di seberang kanan 9.Perahu kembali ke seberang kiri dgn 2 misionaris 10.Turunkan semua misionaris di perahu ke seberang kiri 11.Perahu kembali ke seberang kanan dgn 1 kanibal 12.Ulangi langkah kanibal naik perahu ke seberang kiri 14.Turunkan kedua kanibal ke seberang kiri

24 Contoh lain Ada 2 gelas kosong berukuran: 5 liter dan 3 literAda 2 gelas kosong berukuran: 5 liter dan 3 liter Bagaimana cara kita mendapatkan air berukuran 4 liter?Bagaimana cara kita mendapatkan air berukuran 4 liter? Bagaimana cara mendapatkan air berukuran 2 liter?Bagaimana cara mendapatkan air berukuran 2 liter?

25 Cara Masukkan air ke 3 liter hingga penuhMasukkan air ke 3 liter hingga penuh Masukkan air 3 liter ke 5 liter, sisa 2 liter kosongMasukkan air 3 liter ke 5 liter, sisa 2 liter kosong Masukkan air ke 3 liter hingga penuhMasukkan air ke 3 liter hingga penuh Tuangkan air 3 liter ke sisa 2 liter, berarti sisa 1 liter di gelas 2 literTuangkan air 3 liter ke sisa 2 liter, berarti sisa 1 liter di gelas 2 liter Buang seluruh air di gelas 5 liter tadiBuang seluruh air di gelas 5 liter tadi Tuangkan air 1 liter yg ada di gelas 3 liter tadi hingga ke 5 liter kosongTuangkan air 1 liter yg ada di gelas 3 liter tadi hingga ke 5 liter kosong Masukkan air ke 3 liter hingga penuhMasukkan air ke 3 liter hingga penuh Tuangkan 3 liter ke gelas 5 liter yang sudah ada 1 liter tadi, hingga kita dapat 4 literTuangkan 3 liter ke gelas 5 liter yang sudah ada 1 liter tadi, hingga kita dapat 4 liter

26 Cara untuk soal yang kedua Gelas 5 liter diisi penuhGelas 5 liter diisi penuh Buang isinya ke gelas 3 literBuang isinya ke gelas 3 liter Sisa 2 liter di gelas 5 liter!Sisa 2 liter di gelas 5 liter!

27 Pre-Test Algoritma Pemrograman Kerjakan dalam waktu 30 menit!Kerjakan dalam waktu 30 menit!

28 Next Mahasiswa mampu menjelaskan Algoritma dan membuat FlowchartMahasiswa mampu menjelaskan Algoritma dan membuat Flowchart


Download ppt "TI1063 Algoritma dan Pemrograman Antonius Rachmat C, S.Kom, M.Cs Group A dan B."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google