Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EKOLOGI MEDIA. Pertemuan 1  Perkenalan  Misi Perkuliahan  Aturan perkuliahan  Bahan Kuliah  Literatur perkuliahan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EKOLOGI MEDIA. Pertemuan 1  Perkenalan  Misi Perkuliahan  Aturan perkuliahan  Bahan Kuliah  Literatur perkuliahan."— Transcript presentasi:

1 EKOLOGI MEDIA

2 Pertemuan 1  Perkenalan  Misi Perkuliahan  Aturan perkuliahan  Bahan Kuliah  Literatur perkuliahan

3 Pertemuan 2 Ekologi Media: Teori, Makna dan Wacana Apa saja ruang lingkup ekologi media? Bagaimana asumsi teori ekologi media? Bagaimana makna dan wacana tentang ekologi media?

4 Pertemuan 3 Media dan Negara Bagaimana relasi media dan negara? Bagaimana titik singgung media dan negara? (di iklim liberal-neo liberal) Bagaimana Negara mengatur regulasi industri media di Indonesia? (dari masa ke masa)

5 Pertemuan 4 Media dan Market Understanding Media Market Bagaimana market industri media di dunia & Indonesia? Bagaimana market industri brodcasting, industri radio dan industri new media di Indonesia?

6 Pertemuan 5 Media dan Publik Apa itu ruang publik? Bagaimana gagasan Jurgen Habermas tentang Ruang Publik? Bagaimana wacana dan makna ruang publik ala Habermas? Bagaimana proses terbentuknya opini publik? Bagaimana opini publik dalam industri media?

7 Pertemuan 6 Sistem Media Bagaimana kerangka konsep komparasi sistem media? Bagaimana sistem media di indonesia dari masa ke masa? Bagaimana sistem media di ? (pilih salah satu negara)

8 Pertemuan 7 Lanskap Industri Media di Dunia dan Indonesia Bagaimana peta industri media di dunia? Negara mana yang mendominasi? Bagaimana imbasnya terhadap negara lain? Bagaimana peta industri media di indonesia? Jaringan media apa yang menguasai? Bagaimana sepak terjangnya?

9 Pertemuan 8 Ekonomi Media How Media Make Money? Apa monopoli media dan oligopoli media? Bagaimana monopoli & oligopoli media bisa terjadi? Bagaimana monopoli dan konglomerasi media di dunia dan di indonesia? (spasialisasi industri media)

10 Pertemuan 9 Media dan Politik Bagaimana titik singgung media dan dunia politik? (Media and Political Process) Bagaimana politik pencitraan dalam media? (Politics Communication: Image vs Substance) Apa yang dimaksud dengan Jurnalisme Politik dan spin doctor? Bagaimana sepak terjangnya?

11 Pertemuan 10 Ekonomi Politik Media Apa yang dimaksud dengan Komodifikasi? Paparkan tentang komodifikasi konten, audien dan pekerja media Sebutkan contoh praktek komodifikasi dalam industri media (televisi, new media dsb)

12 Pertemuan 11 Media dan Budaya Bagaimana peran media dalam membentuk budaya? Bagaimana media menjadikan budaya sebagai komoditas? Paparkan secara singkat tentang media dan masyarakat konsumsi

13 Media dan Realitas Bagaimana media menciptakan/mengkonstruksi “realitas”? Temukan perbedaan antara realitas sosial, realitas media & realitas virtual Bagaimana realitas dalam iklan televisi/new media? Bagaimana citra dalam media televisi & internet? mediasi-remediasi & hyper mediasi Pertemuan 12

14 Ekologi Media Baru (new media) Bagaimana karakteristik new media? Apa saja plus minus new media? new media = new politics? new economic?new democracy? new culture? Pertemuan 13

15 Pertemuan 14 Media & Perubahan Sosial Bagaimana perbedaan antara masyarakat massa dan masyarakat jaringan? (Mass Society  Network Society) Bagaimana cara kerja media dalam proses perubahan sosial? Save KPK, Koin untuk Prita, Save Risma dsb

16 Kelas Malam Presentasi: 25% UTS: 30% UAS: 30% Keaktifan: 15% FB: Didik Haryadi Santoso

17 Kelas Pagi Presentasi: 20% UTS: 30% UAS: 35% Keaktifan: 15% FB: Didik Haryadi Santoso

18 SALAM BAHAGIA!


Download ppt "EKOLOGI MEDIA. Pertemuan 1  Perkenalan  Misi Perkuliahan  Aturan perkuliahan  Bahan Kuliah  Literatur perkuliahan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google