Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI PROGRAM PENDIDIKAN VOKASI UNIVERSITAS BRAWIJAYA 2010 OVY ROCHMAWANTI, S.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI PROGRAM PENDIDIKAN VOKASI UNIVERSITAS BRAWIJAYA 2010 OVY ROCHMAWANTI, S.Kom."— Transcript presentasi:

1 PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI PROGRAM PENDIDIKAN VOKASI UNIVERSITAS BRAWIJAYA 2010 OVY ROCHMAWANTI, S.Kom.

2 TUJUAN 22 Apa Tujuan Perkuliahan ini ? Mahasiswa memahami teori dan mampu mengaplikasikan secara langsung penggunaan Microsot Excel

3 SOFTWARE 33 1.Microsoft Excel 2007

4 MICROSOFT EXCEL 44 Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS

5 MICROSOFT EXCEL 55  Program aplikasi Microsoft Excel 2007 adalah program aplikasi yang dipergunakan untuk mengolah angka.  Pengolahan angka yang dimaksud seperti mengolah tabel, pembuatan bagan, atau perhitungan matematika lainnya.

6 MICROSOFT EXCEL 66  Operator yang sering digunakan di Microsoft Excel : + (tambah), - (kurang), *(kali), /(bagi), ^ (pangkat)  Fungsi tombol keryboard dalam memindahkan posisi cell pointer

7 RANGE 77  Range adalah sekumpulan sel yang bersebelahan.  Range dinamakan menurut alamat sel di ujung kiri atas sampai ujung kanan bawah.  Misalnya sekumpulan sel yang tergabung dari A1 sampai C10, dinyatakan dengan ( A1:C10) Range

8 FUNGSI TEKS 88  Fungsi ini dikhususkan untuk memanipulasi jenis data string.  Ada beberapa model dari jenis fungsi teks ini, antara lain: -left - right -mid

9 LEFT 99  Fungsi ini digunakan untuk mengambil sejumlah karakter dari sebelah kiri.  Adapun cara penulisan fungsi ini adalah:  N : banyaknya jumlah karakter yang diambil dari Teks dari sebelah kiri.  Contoh : = LEFT (“Yogyakarta”; 5)  Yogya = LEFT (“Aisyah”; 3)  Ais =LEFT(Teks,n)

10 RIGHT 1010  fungsi right digunakan untuk memanipulasi teks, yaitu mengambil sejumlah karakter tertentu dari sebelah kanan.  Adapun cara penulisan fungsi ini adalah:  N : banyaknya jumlah karakter yang diambil dari Teks dari sebelah kanan.  Contoh : = RIGHT (“Yogyakarta”; 5)  Karta = RIGHT(“Aisyah”; 3)  Yah =RIGHT(Teks,n)

11 MID 1111  fungsi mid ini berfungsi untuk mengambil karakater berdasarkan ketentuan yang ditentukan sendiri.  Adapun cara penulisan fungsi ini adalah:  m: urutan awal pengambilan karakter.  n: banyaknya jumlah karakter yang diambil dari teks di mulai karakter ke-m.  Contoh : = MID (“Yogyakarta”; 5; 4)  akar = MID (“Aisyah”; 2; 4)  isya isya =MID(Teks,m,n)

12 AUTOFILL 1212  Untuk memasukkan data berupa angka atau teks dengan fasilitas AutoFill, dapat dilakukan dengan mengikuti langkah2 berikut ini : 1.Pilih sel tempat posisi awal dari rangkaian data yang ingin dibuat. Misalnya pilih sel A2. 2.Ketik data awal yang diinginkan. Misalnya teks “Jan” (January) 3.Pada sel berikutnya (sel dibawah/A3) ketik data berikutnya yang di inginkan. Misalnya di A3 ketik “Feb” (February) 4.Sorot/bloklah A2:A3.

13 AUTOFILL Dalam keadaan masih tersorot, arahkan penunjuk/pointer mouse ke pojok kanan bawah sel A3 hingga tanda plus putih berubah menjadi plus hitam 6.Tekanlah tombol kiri mouse dan geser/drag posisi pointer mouse ke sel yang diinginkan misalnya A13. Dengan ini rangkaian data angka dapat ditampilkan.

14 AUTOFILL 1414  Apabila ingin menambahkan daftar seri autofill yang baru maka yang harus dilakukan : 1.Tekan tombol kemudian pilih Power Point Optiont 2.Klik pada tab Popular lalu klik tombol Edit Custom List 3.Isi list yang baru, Misalkan Senin, Selasa, Rabu dll 4.Kemudian Klik tombol Add dan jika sudah selesai klik tombol OK

15 AUTOSUM 1515  Fasilitas AutoSum (penghitungan otomatis) digunakan untuk melakukan penghitungan dengan cepat dan mudah dari data- data yang cukup banyak dalam suatu range tertentu.  Caranya dengan menggunakan tombol toolbar AutoSum (Σ).

16 FUNGSI-FUNGSI DASAR 1616 FungsiContohKeterangan SUM=SUM(A1:10)Menjumlahkan isi sel A1 hingga A10 AVERAGE=AVERAGE(B1:B10)Menghitung rata-rata sel B1 hingga B10 MAX=MAX(C1:C100)Mendapatkan nilai terbesar dari sel C1 hingga sel C100 MIN=MIN(D1:D100)Mendapatkan nilai terkecil dari sel D1 hingga D100 SQRT=SQRT(D10)Menghitung akar dari sel D10 TODAY=TODAY()Mendapatkan tanggal sekarang

17 LATIHAN SOAL 1717

18 FUNGSI IF 1818 FungsiKegunaanPenulisan IF (satu logika)Untuk menghasilkan nilai dari satu logika yang diuji kebenaranya. =IF(logical_test,value_if_true, value_if_false) IF (lebih dari satu logika) Untuk menghasilkan nilai dari lebih dari satu logika yang diuji kebenaranya =IF(logical_test1,value_if_tru e,IF(logical_test1,value_if_tru evalue_if_false)) IF ORFungsi ini menghasilkan nilai benar, bila berargumen benar. Hasil dari fungsi ini juga dapat menghasilkan nilai salah, jika seluruh argumen salah. =IF(OR(logical_test1,logical_t est2,value_if_true,value_if_fa lse) IF ANDFungsi ini menghasilkan nilai benar, bila berargumen benar. Hasil dari fungsi ini juga dapat menghasilkan nilai salah, jika salah satu argumen salah. =IF(AND(logical_test1,logical _test2,value_if_true,value_if_ false)

19 FUNGSI IF 1919  Fungsi IF dapat digunakan sebagai formula logika untuk menghitung atau menentukan nilai sebuah pernyataan dimana fungsi IF akan memberikan nilai tertentu jika logika benar atau salah.  Rumus if satu logiika :  Contoh penggunaan : Diketahui tabel dengan tiga kolom yaitu nama, nilai dan kelulusan. Kolom kelulusan disi kata “tidak lulus” apabila nilai < 65 selain itu diisi kata “lulus”: =IF(logical_test,value_if_true,value_if_false) =IF(B2<65;"TIDAK LULUS";"LULUS")

20 FUNGSI IF 2020 Pada cell C2 : -Dari menu pilih Formulas lalu klik insert function hingga muncul kotak dialog Insert Function -Pilih fungsi IF lalu klik OK -Isilah Windows Fungsi IF sesuai dengan gambar di bawah ini lalu klik OK

21 FUNGSI IF 2121 Setelah itu copy formula ke sel-sel yang ada di bawahnya Rumus if apabila logikanya lebih dari satu : Rumus if OR Rumus if AND =IF(logical_test1,value_if_true,IF(logical_test1,value_if_truevalue_if_false)) =IF(OR(logical_test1,logical_test2,value_if_true,value_if_false) =IF(AND(logical_test1,logical_test2,value_if_true,value_if_false)

22 Studi Kasus Sebuah perusahaan akan merekrut honorer dengan ketentuan memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun dan usia maksimal 25 tahun. Perusahaan melakukan seleksi administrasi dengan kriteria tersebut, pelamar yang memenuhi syarat akan mengikuti tes wawancara, sedangkan yang tidak memenuhi syarat akan dinyatakan gugur.

23 Studi Kasus Terdapat nilai angka dari mahasiswa yang perlu diubah ke nilai huruf. Dimana diketahui nilai konversinya : Hasilnya :

24 COUNTIF 2424  Fungsi countif digunakan untuk menghitung atau mencacah sebuah sel/range berdasarkan kiteria tertentu  Contoh cara penggunaan : Hitung berapa mahasiswa yang mendapat nilai B berdasarkan tabel di bawah ini : =Countif(range,criteria)

25 COUNTIF 2525 Langkah-langkahnya adalah di sel D9 tuliskan : Atau apabila ingin menghitung jumlah mahasiswa yang mendapat nilai C dapat menuliskan : =COUNTIF(D2:D7;"B") =COUNTIF(D2:D7;"C")

26 SUMIF 2626  Menjumlahkan data yang bersifat numerik dalam suatu range data dengan kriteria tertentu.  Rumus sumif  Contoh penggunaan SUMIF : Hitung jumlah laba penjualan yang berasal dari kantor cabang madiun. =SUMIF(range,criteria,sum_range) =SUMIF(C2:C6;"Madiun";D2:D6)

27 COUNTA 2727  Menghitung jumlah cell yang tidak kosong dari suatu range  Rumus COUNTA  Contoh penggunaan COUNTA : Hitung jumlah cell yang tidak kosong pada kolom A (Cell A2 sampai A6) =COUNTA(angka 1, angka 2,...) =COUNTA(A2:A6) =COUNTA(alamat range)

28 Fungsi Lookup dan Referensi 2828 FungsiKegunaan INDEXMenampilkan data (isi dari suatu set)pada tabel array berdasarkan nomor baris dan nomor kolom VLOOKUPMenampilkan data berdasarkan tabel referensi dalam format vertikal.Syarat penyusunan tabel referensi harus urut. HLOOKUPMenampilkan data berdasarkan tabel referensi dalam format horisontal.Syarat penyusunan tabel referensi harus urut.

29 Index 2929  Menampilkan data (isi dari suatu set) pada tabel array berdasarkan nomor baris dan nomor kolom  Rumus : =INDEX(array,row_num,column_num)

30 Index 3030  Contoh penggunaan Index : =INDEX(A2:B4;3;2)

31 VLOOKUP 3131  Berfungsi untuk mencari nilai dalam suatu kolom tabel atau untuk membaca tabel secara vertikal dengan menggunakan nilai kunci pembanding serta offset kolom yang akan dibaca.  Rumus : =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index,num) =VLOOKUP(nilai kunci;tabel pembacaan;nomor indeks baris) =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index,num) =VLOOKUP(nilai kunci;tabel pembacaan;nomor indeks baris)

32 VLOOKUP 3232  Contoh penggunaan VLOOKUP =VLOOKUP(C10;A3:B7;2)

33 HLOOKUP 3333  Berfungsi untuk mencari nilai dalam tabel atau digunakan untuk membaca tabel secara horisontal dengan menggunakan nilai kunci pembanding serta offset baris yang akan dibaca.  Rumus : =HLOOKUP(lookup value,table_array,col_index_num) =HLOOKUP(nilai kunci;tabel pembacaan;nomor indeks kolom) =HLOOKUP(lookup value,table_array,col_index_num) =HLOOKUP(nilai kunci;tabel pembacaan;nomor indeks kolom)

34 HLOOKUP 3434  Contoh penggunaan HLOOKUP =HLOOKUP(C10;E2:I3;2)

35 GRAFIK / DIAGRAM 3535  Excel memungkinkan kita untuk membuat diagram dan grafik terperinci dari data yang tersimpan dalam buku kerja Excel.  Terdapat beberapa tipe dari grafik / Diagram : -tipe kolom (Column Chart) -tipe garis (Line Chart) -tipe kue (Pie Chart) - tipe batang (Bar Chart) -dll

36 GRAFIK / DIAGRAM 3636  Contoh pembuatan grafik kue (Pie Chart)

37 GRAFIK / DIAGRAM 3737


Download ppt "PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI PROGRAM PENDIDIKAN VOKASI UNIVERSITAS BRAWIJAYA 2010 OVY ROCHMAWANTI, S.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google