Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Menggunakan Fungsi Logika pada Ms Excell Julian Adam Ridjal, SP., MP.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Menggunakan Fungsi Logika pada Ms Excell Julian Adam Ridjal, SP., MP."— Transcript presentasi:

1 Menggunakan Fungsi Logika pada Ms Excell Julian Adam Ridjal, SP., MP.

2 Fungsi Logika Menggunakan fungsi logika memerlukan ekspresi relasi dan perbandingan logika sebagai berikut : = sama dengan < lebih kecil dari > lebih besar dari <= lebih kecil sama dengan >= lebih besar sama dengan <> tidak sama dengan

3 Setelah mengisi syarat logika pada Logical_test, kalau ekspresi logika benar maka value_if_true yang melaksanakan perintah Kalau fungsi logika salah, maka value_if_false yang menjalankan perintah. = IF(logical test,value_if_true,value_if_false)

4 Fungsi Hlookup dan Vlookup Fungsi Hlookup untuk membaca tabel yang kita susun secara vertikal yaitu kolom. Fungsi Vlookup untuk membaca tabel yang kita susun secara horisontal yaitu baris.

5 Fungsi String Fungsi string menangani data berjenis tabel atau teks. Beberapa fungsi string yang sering digunakan adalah : Left(teks,jumlah karakter) bertujuan untuk mengambil karakter pada label dari kiri sebanyak N. Contoh :Pada sel A1 kita ketik JULIAN Pada sel A2 ketikkan fungsi =Left(A1,4) Maka pada sel A2 akan ada tulisan JULI yang merupakan empat karakter dari sebelah kiri data teks sel A1.

6 Right(teks,jumlah karakter) bertujuan untuk mengambil karakter pada label dari kanan sebanyak N. Contoh : Pada sel A1 kita ketik ABDULLAH Pada sel A2 ketikkan fungsi =Right(A1,6), maka pada sel A2 akan ada tulisan DULLAH yang merupakan enam karakter dari sebelah kanan data teks sel A1.

7 MID(teks,mulai diambil pada posisi yang disebutkan,jumlah karakter) bertujuan untuk mengambil karakter pada label dimulai dari posisi yang disebutkan terhitung dari kiri, sebanyak N. Contoh : Pada sel A1 kita ketik MURDIANTO Pada sel A2 ketikkan fungsi =MID(A1,4,4) maka pada sel A2 ada tulisan DIAN yang merupakan posisi karakter keempat dari sebelah kiri data teks sel A1 yang diambil sebanyak (4) empat karakter.

8 Catatan : Untuk menuliskan angka yang bersifat karakter maka perlu didahului tanda koma atas, karena angka tersebut tidak akan dikalkulasi melainkan hanya sebagai kode. Contoh : ‘1 atau ‘2 Tanda koma atas tersebut tidak akan muncul pada sel.

9 SELAMATBELAJAR


Download ppt "Menggunakan Fungsi Logika pada Ms Excell Julian Adam Ridjal, SP., MP."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google