Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tombol untuk membuat tabel ada di menu insert Tentukan jumlah baris dan kolom yang akan anda buat Kita dapat membuat tabel dengan memilih kotak-kotak sesuai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tombol untuk membuat tabel ada di menu insert Tentukan jumlah baris dan kolom yang akan anda buat Kita dapat membuat tabel dengan memilih kotak-kotak sesuai."— Transcript presentasi:

1 Tombol untuk membuat tabel ada di menu insert Tentukan jumlah baris dan kolom yang akan anda buat Kita dapat membuat tabel dengan memilih kotak-kotak sesuai jumlah baris dan kolom atau kita menggunakan perintah Insert Table. MEMBUAT TABEL

2 TABEL YANG DIHASILKAN Untuk mengatur lebar kolom dan baris, kita dapat menggeser baris horisontal dan vertikal dari tabel. Untuk menggabungkan beberapa cell/kotak, kita terlebih dahulu mem-blok kotak-kotak yang akan kita gabungkan, kemudian klik kanan pada mouse dan klik merge cells. Untuk memformat teks dapat dilakukan seperti pada materi sebelumnya.

3 Rumus yang digunakan pada tabel dalam aplikasi Word pada dasarnya sama dengan rumus yang digunakan pada Excel, beberapa yang umum digunakan diantaranya adalah: SUM: Untuk menjumlahkan data. AVERAGE: Untuk menghitung nilai rata- rata. COUNT: Menghitung jumlah data. MIN: Untuk mencari nilai terkecil. MAX: Untuk mencari nilai terbesar.

4 Aturan Penulisan Aturan penulisan rumus pada Word juga sama dengan aturan penulisan rumus pada Excel, yaitu selalu diawali tanda samadengan “=” dan variabel rumus diapit oleh tanda kurung “()”. Contoh struktur penulisan rumus pada Word dapat dilihat pada gambar berikut ini. Alamat Sel Untuk mempermudah penulisan rumus maka Word menggunakan 4 istilah untuk alamat sel, yaitu:  LEFT: Merujuk pada sel di sebelah kiri sel aktif.  RIGHT: Merujuk pada sel di sebelah kanan sel aktif.  ABOVE: Merujuk pada sel di sebelah atas sel aktif.  BELOW: Merujuk pada sel di sebelah bawah sel aktif. Untuk penggunaan rumus tingkat lanjut kita juga dapat menggunakan alamat sel seutuhnya seperti pada Excel, yaitu menggunakan nomor baris dan nama kolomnya. Hanya saja karena pada Word tidak ada informasi yang menunjukan nomor baris dan nama kolom tersebut maka asumsikan saja bahwa tabel yang kita buat pada Word tersebut memiliki alamat seperti tabel berikut ini.

5 Cara Menggunakan Rumus Didalam ribbon, perintah untuk menggunakan rumus ini terdapat pada contextual menu Table Tools. Contextual menu ini hanya akan ditampilkan jika kursor berada didalam sebuah tabel. Pada menu Table Tools tersebut, perhatikan group Data didalam tab Layout. Disana kita dapat menemukan tombol perintah Formula untuk menggunakan rumus ini. Dengan menekan tombol tersebut Word akan menampilkan kotak dialog Formula seperti berikut ini. Pada kotak dialog tersebut terdapat 3 bagian utama yang membantu kita dalam penulisan rumus, yaitu: Formula: Tempat untuk menuliskan rumus. Number format: Mengatur format penulisan angka. Paste function: Daftar rumus yang bisa digunakan.


Download ppt "Tombol untuk membuat tabel ada di menu insert Tentukan jumlah baris dan kolom yang akan anda buat Kita dapat membuat tabel dengan memilih kotak-kotak sesuai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google