Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN 2. Menempatkan Objek Gambar Melalui Kotak Dialog Insert Picture : 1. Tempatkan titik sisip di posisi yang diinginkan 2. Tab Insert, group Illustration,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN 2. Menempatkan Objek Gambar Melalui Kotak Dialog Insert Picture : 1. Tempatkan titik sisip di posisi yang diinginkan 2. Tab Insert, group Illustration,"— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN 2

2 Menempatkan Objek Gambar Melalui Kotak Dialog Insert Picture : 1. Tempatkan titik sisip di posisi yang diinginkan 2. Tab Insert, group Illustration, klik From File, muncul kotak dialog 3. Pada tombol daftar pilihan Look In, pilih dan klik drive dan folder file gambar tersimpan 4. Klik Insert

3 Menempatkan Objek Gambar dari Clip ART 1. Tempatkan titik sisip di posisi yang diinginkan 2. Tab Insert, group Illustration, klik Clip Art, muncul Jendela Task Pane – Insert Clip Art 3. Kotak isian Search For, ketik kategori gambar 4. Search In, tentukan lokasi pencarian 5. Result should be, tentukan jenis file yang dicari 6. Klik tombol perintah GO 7. Pilih dan klik gambar yang diinginkan

4 Membuat Objek Gambar dengan Fasilitas Shapes 1. Tempatkan titik sisip di posisi yang diinginkan 2. Tab Insert, group Illustration, klik Shapes 3. Pilih dan klik bentuk shapes yang diinginkan 4. Atur ukuran shapes 5. Pengaturan lebih lanjut ada di dalam tab Format 6. Untuk menambahkan teks di dalam objek shape : Pada tab Format  group Insert Shapes  klik Edit Text atau klik kanan mouse pilih perintah Add Text

5 Bingkai dalam paragraf Pilih paragraf yang akan diberi bingkai Tab Home  group Paragraph, klik Border  kotak pemilihan bingkai Klik bentuk garis atau bingkai yang diinginkan. Bila ingin melakukan pengaturan lebih lanjut, klik borders and shading  kotak dialog muncul Klik tab Borders  bagian Setting, pilih jenis bingkai  None  tidak ingin memakai bingkai / menghilangkan bingkai yang telah dipasang  Box  bentuk bingkai biasa  Shadow  bingkai dengan bayangan pada sudut kanan bawah  3-D  bingkai tiga dimensi  Custom  membuat sendiri bingkai melalui kotak Preview Kotak daftar pilihan Style, pilih jenis garis Tombol daftar pilihan Color, pilih warna Tombol daftar pilihan Width, pilih ketebalan garis OK

6 * Bingkai halaman Tab Page Layout  group Page Background  Page Borders  kotak dialog Borders and Shading muncul Klik tab Page Border  bagian setting, pilih jenis bingkai  None  tidak ingin memakai bingkai / menghilangkan bingkai yang telah dipasang  Box  bentuk bingkai biasa  Shadow  bingkai dengan bayangan pada sudut kanan bawah  3-D  bingkai tiga dimensi  Custom  membuat sendiri bingkai melalui kotak Preview Kotak daftar pilihan Style, pilih jenis garis Tombol daftar pilihan Color, pilih warna Tombol daftar pilihan Width, pilih ketebalan garis Tombol daftar pilihan Art, pilih bentuk garis bingkai OK

7 * Header (catatan kepala) adalah teks yang khusus diletakkan dibagian atas halaman yang akan selalu tampil pada setiap halaman. Sedangkan Footer (catatan kaki) kebalikan dari header. * Header dan footer ini sering dibuat untuk memberikan keterangan dari naskah yang diketik.

8 * Klik Tab insert. * Klik perintah Header atau Footer pada Grup Header & Footer, lalu pilih format yang diinginkan sehingga insertion point otomatis berada pada bagian atas (untuk header) atau bawah (untuk footer) dokumen dan muncul tab design pada Ribbon. * Ketikkan teks yang untuk header/footer sesuai dengan keinginan kita.

9 * Untuk pindah ke footer (ketika membuat header) klik perintah go to footer. Lalu Ketikkan teks untuk footer * Untuk pindah ke header (ketika membuat footer) klik perintah go to header. Lalu Ketikkan teks untuk header * Setelah selesai klik close header and footer atau klik ganda diluar kotak header dan footer untuk keluar dari format ini. * Untuk mengedit header/footer tinggal klik perintah Header atau Footer pada Grup Header & Footer lalu klik edit header/footer. * Dan untuk menghapusnya, klik perintah kembali Header atau Footer pada Grup Header & Footer lalu klik Remove header/footer.

10 * Tab Stop adalah titik perhentian yang telah didefinisikan sebelumnya dan berada sepanjang baris pengetikan

11 * Tempatkan titik sisip pada posisi awal penggunaan tab stop * Tab Home / Page Layout  group Paragraph  klik Paragraf Dialog Box Launcher  muncul kotak dialog * Klik tombol perintah Tabs  kotak dialog Tabs tampil * Kotak isian Tab Stop Position, ketik posisi tab stop yang diinginkan * Bagian Alignment, klik salah satu tombol pilihan  left = rata kiri  Center = rata tengah  Right = rata kanan  Decimal = rata pada titik desimal  Bar = pembuatan garis tegak

12 * Bagian leader, pilih salah satu tombol pilihan  1 None  tidak memakai karakter leader  2 ……  memakai leader titik   memakai leader tanda hubung  4 ____  memakai leader tanda garis bawah * Klik tombol perintah Set, untuk memasang tab stop pada garis mistar * Ulangi langkah 3 sampai 7 untuk memasang tab stop lainnya * Tombol perintah Clear untuk menghapus tab stop tertentu yang tidak dibutuhkan lagi, Clear All untuk menghapus seluruh tab stop yang telah terpasang * OK

13

14 * Klik tab insert lalu klik icon table pada grup tables. * Lalu sorot banyaknya kolom dan baris yang akan disisipkan. * Apabila kolom dan baris pada tabel yang disisipkan dalam jumlah banyak, maka setelah menekan icon table dilanjutkan dengan menekan insert table yang akan menampilkan kotak dialog Insert Table. * Pada number of columns, tentukan banyak kolom yang akan disisipkan. * Pada number of rows, tentukan banyak baris yang akan disisipkan.

15 * Sorot kolom/baris pada tabel yang akan disisipi dengan kolom atau baris baru. * Pada Table Tools, klik tab Layout. Pada grup Rows & Columns kita dapat memilih pilihan berikut: * Insert Above untuk menyisipkan baris baru diatas baris yang disorot. * Insert Below untuk menyisipkan baris baru dibawah baris yang disorot. * Insert Left untuk menyisipkan baris baru diatas baris yang disorot. * Insert Below untuk menyisipkan baris baru dibawah baris yang disorot.

16 * Sorot kolom atau baris yang akan dibuang. * Pada Table Tools, klik tab Layout. Pada grup Rows & Columns, klik perintah delete dan kita dapat memilih pilihan berikut : * Delete Cells untuk menghapus sel yang ditempati insertion point. * Delete Columns untuk menghapus kolom yang tersorot. * Delete Rows untuk menghapus baris yang tersorot. * Delete Table untuk menghapus tabel yang ditempati insertion point.

17 * Sorot beberapa sel yang akan dirubah perataan/posisinya. * Pada Table Tools, di tab Layout dan grup Alligment, kita dapat memilih dengan menekan salah satu bentuk perataan/posisi sesuai dengan keinginan kita.

18 * Sorot beberapa sel yang akan digabung. * Klik perintah Merge Cells, pada Pada Table Tools, di tab Layout dan grup Merge.

19 * Sorot data pada tabel yang akan diurutkan. * Pada Table Tools, kemudian tab Layout dan Grup Data, klik perintah Sort. Dan akan memunculkan kotak dialog Sort. * Pada sort By, kita dapat menentukan kolom mana yang akan diurutkan. * Tandai pilihan Ascending untuk mengurutkan dari A s/d Z atau dari terkecil sampai terbesar, dan Descending untuk kebalikannya. * Pada then by, bisa digunakan apabila akan mengurutkan dari kolom yang lain. * Pada My list has, tandai Header Row apabila tabel akan memakai baris kepala tabel, atau No Header Row apabila tidak akan memakai baris kepala tabel.

20 * SUM: Untuk menjumlahkan data. * AVERAGE: Untuk menghitung nilai rata-rata. * COUNT: Menghitung jumlah data. * MIN: Untuk mencari nilai terkecil. * MAX: Untuk mencari nilai terbesar.

21 * Jika data mengalami perubahan. Hasil perhitungan rumus juga secara otomatis akan berubah, hanya saja perubahan tersebut tidak berlangsung secara langsung / realtime seperti pada Excel, namun kita harus meng-updatenya secara manual. * Caranya cukup sorot seluruh tabel lalu tekan tombol F9 pada keyboard.


Download ppt "PERTEMUAN 2. Menempatkan Objek Gambar Melalui Kotak Dialog Insert Picture : 1. Tempatkan titik sisip di posisi yang diinginkan 2. Tab Insert, group Illustration,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google