Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Teknologi dan Profesi. Oleh : RA Ferrani Inveztia(21) Renaissa Prithasuri Darajati(22) Sabrina Alvie Amelia(23) Sekar Yuspa Mufidah(24) Wega Fawwaz Naufal(25)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Teknologi dan Profesi. Oleh : RA Ferrani Inveztia(21) Renaissa Prithasuri Darajati(22) Sabrina Alvie Amelia(23) Sekar Yuspa Mufidah(24) Wega Fawwaz Naufal(25)"— Transcript presentasi:

1 Teknologi dan Profesi

2 Oleh : RA Ferrani Inveztia(21) Renaissa Prithasuri Darajati(22) Sabrina Alvie Amelia(23) Sekar Yuspa Mufidah(24) Wega Fawwaz Naufal(25) Yusuf Kurnia Badriawan(26)

3 A. Lapangan Pekerjaan, Profesi dan Profesional

4 Tenaga Kerja Kelompok bukan angkatan kerja Golongan yang bersekolah Golongan yang mengurus rumah tangga Golongan lain /penerima pendapatan tidak tetap Angkatan kerja: Golongan yang bekerja Golongan yang menganggur dan mencari pekerjaan Angkatan Pekerjaan Angkatan kerja adalah penduduk usia kerja yang mampu bekerja. Idealnya usia angkatan kerja diatas 18 tahun, tetapi usia angkatan kerja di negara-negara berkembang kurang dari 15 tahun yang masih tergolong anak-anak.

5 2. Bidang Pekerjaan

6 BIDANG PEKERJAAN Formal Informal

7 Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus

8 Karakteristik a.Keterampilan yang berdasar pada pengetahuan yang teoretis b.Asosiasi profesional c.Pendidikan yang ekstensif d.Ujian Kompetensi e.Pelatihan institusional f.Lisensi g.Otonomi kerja h.Kode etik i.Mengatur diri j.Layanan publik/alturisme k.Status dan imbalan yang tinggi

9 syarat khusus pekerja profesi yaitu : a.Menguasai kecakapan khusus & terampil b.Mempunyai kewenangan & tanggung jawab c. Terikat ketentuan-ketentuan norma, hukum dalam masya-akat, lembaga, dan negara d.Mengikuti pendidikan dan pelatihan profesi

10 Gambaran pekerjaan profesi Guru / Dosen = pekerja profesi karena bidang pekerjaannya di sektor pendidikan. guru / dosen harus mempunyai akta mengajar dan lulus perguruan tinggi.

11 Hakim dan Jaksa = profesi bidang hukum.

12 B. MENGENAL PROFESI DIRI KE ARAH PROFESI DI MASA DEPAN

13 Potensi diri di dalam manusia, meliputi: Kecerdasan berbahasa Kecerdasan simbol / matematis Kecerdasan visual Kecerdasan gerakan Kecerdasan musik Kecerdasan komunikasi pribadi Kecerdasan komunikasi antar kelompok Kecerdasan alamiah.

14 “Potensi diri dapat dikembangkan melalui berbagai kegiatan yang terencana dan terprogram sehingga seseorang mendapat pengalaman dari kegiatan yang dilakukannya.”

15 Kecakapan pikiran dapat diperoleh setelah melakukan analisis melalui pendekatan pemacahan masalah ( Problem Solving ) Pengalaman kecakapan fisik diperoleh melalui praktik “ membuat “ sesuatu dan berlatih terus menerus. Sedangkan, pengalaman interaktif didapatkan dari kegiatan diskusi agar dapa memahami dan dipahami orang lain.

16 Disetiap bidang profesi diperlukan kemampuan tertentu sesuai dengan kebutuhannya Kemampuan seseorang dapat diperoleh baik melalui jalur pendidikan formal maupun nonformal atau bakat alami ( talent )

17 Sementara itu, untuk mencapai atau menuju bidang profesi harus direncanakan sejak dini dengan terlebih dulu memahami potensi diri kitadan terus belajar dengan tekun, rajin, dan disiplin.

18 Potensi diri berarti sumber daya atau kekuatan diri seperti kekuatan atau kemampuan berpikir, berbicara, menganalisis, berimajinasi, serta segala macam sikap yang baik.

19 C. PERKEMBANGAN PERALATAN TEKNOLOGI DAN BERBAGAI LAPANGAN PEKERJAAN

20 Pada zaman sekarang ini, teknologi komputer telah menjadi kebutuhan penting pada setiap kegiatan. Munculnya teknologi komputer dapat memudahkan kegiatan manusia dan membuka lapangan kerja, serta profesi baru.

21 Saat ini banyak lapangan pekerjaan yang berkaitan dengan komputer. Paling tidak orang yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan komputer dapat bekerja menjadi staf IT atau guru di bidang IT, bisa juga dapat berwiraswasta di bidang IT seperti jasa service, jasai disain grafis dan pengembangan software dan lainnya.

22 Dan dengan bantuan komputer kegiatan manusia menjadi lebih efektif..

23 a. Komputer di Bidang Kedokteran dokter tidak hanya mahir dalam ilmu kedoteran sehingga mampu untuk mendiagnosis gejala penyakit dan mampu menentukan obat atau cara penyembuhan penyakit saja, tetapi juga harus paham dalam menggunakan komputer pada alat kedokteran yang canggih. Dengan bantuan komputer, dokter dapat lebih mudah dan cepat mendiagnosis keadaan pasien.

24 Komputer di Bidang Seni

25 Seorang pelukis dapat berkembang melalui talenta. WALAUPUN ada pula jalur pendidikan FORMAL nya seperti Fakultas Seni Rupa ITB maupun lebaga NONFORMAL seperti sanggar-sanggar lukis,dll.

26 KOMPUTER juga bisa membuat desaign, mendokumentasikan, dan mempublikasikan karya seni

27 Manusia yang kreatif & inovatif yaitu manusia yang: a.Memiliki ke BERANI an untuk bermimpi tentang kehidupan yang lebih baik b.Selalu TEKUN dan RAJIN c.Memiliki segudang IDE d.Selalu OPTIMIS & berpikir POSITIF

28 Terciptanya sesuatu IDE MANUSIA, ditambah Adanya CITA CITA, ditambah KETEKUNAN, ditamb ah SELALU OPTIMIS

29 Terciptanya Pesawat Terbang a.Adanya ide tentang terbang dengan sayap oleh Leonardo da Vinci, kemudian ia membuat rancangannya b.Kemudian Otto Lilienthal membuat dan mencoba pesawat terbang layang sederhana c.Setelah itu Wright Brother mengembangkan rangkaian pesawat terbang dengan mesin d.Rupanya Louis Bleriot tidak mau kalah dengan Wright Brother, ia berhasil mengembangkan pesawat mesin dan menyebrangi Selat Inggris. e.Eh ada juga yang bisa berkeliling dunia dengan pesawat layang bermesin! Ia adalah Douglas

30 Oleh karena itu dengan TEKNOLOGI, kita dapat lebih mudah untuk mengerjakan sesuatu

31 Inovasi seperti….. Televisi Radio Akan membuka lapangan kerja seperti..

32 a.Announcer (penyiar formal) b.Anchor (penyiar non-formal) c.Presenter d.Cameramen e.Technician (Teknisi) f.Actor (Peran untuk pria) g.Actress (peran untuk wanita)

33 D. PENGEMBANGAN POTENSI DIRI UNTUK PEMBANGUNAN PROFESI DI MASA DEPAN

34 “Masing- masing bidang profesi mempunyai karakteristik yang cukup bervariasi dan berbeda. “

35 Sikap yang dapat menghambat cita-cita: 1.Ragu-ragu Merupakan sikap yang tidak baik untuk mencapai cita-cita, maka kita harus mencari wawasan yang luas 2.Takut gagal banyak orang yang berdiam diri karena takut gagal. Padahal berdiam diri tidak menghasilkan sesuatu apapun bagi dirinya.

36 Motivasi Suatu dorongan semangat untuk melakukan sesuatu sehingga menghasilkan sesuatu yang baik Motivasi Motivasi dari luar (Ekstrinsic) Motivasi dari dalam (Interistic)

37 1. Motivasi dari dalam (Intrinsic) Motivasi yang timbul atas kesadaran sendiri karena ada atau dapat perasaan gembira dan puas apabila dapat meraihnya Contoh: Siswa belajar dengan tekun agar dapat nilai yang baik dan pada saat kenaikan kelas dapat juara.

38 2.Motivasi dari luar (ekstrinsic) Suatu dorongan untuk berbuat sesuatu karena adanya iming-imingan dari orang lain. Contoh: Anak akan belajar lebih giat karena jika naik kelas akan diberi hadiah sebuah mobil.

39 “ Cita-cita tidak bisa ditempuh dengan usaha dan doa kepada tuhan, tetapi juga harus mengikuti kaidah ketaatan terhadap hal yang positif..”

40 E. MEMAKSIMALKAN SUMBER DAYA PRIBADI

41 Kita harus banyak belajar dari kesalahan-kesalahan, seperti yang diungkapkan oleh : A.Tuan Soichiro Honda (pemilik dan pendiri HONDA) “Sukses itu 98% nya terbentuk dari KESALAHAN” B. Thomas Alfa Edison (Penemu Lampu) “Banyak kesalahan yang saya lakukan. Tapi, saya tidak setuju jika hal itu disebut kesalahan”

42 Kebiasaan buruk akan menghancurkan dan mengubur cita-cita kita Jika kita menyadari kebiasaan buruk kita, segera tinggalkan dan mulailah untuk melakukan hal-hal baik sekecil apa pun Kebiasaan BaikBuruk

43 E. IKLAN LOWONGAN PEKERJAAN

44 Biasanya perusahaan yang membutuhkan karyawan, memasang iklan lowongan d engan syarat sebagai berikut: 1.Jenis kelamin pria/wanita 2.Berpendidikan sarjana 3.Aktif berbahasa Inggris 4.Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia 5.Ukuran/tinggi badan

45 Persaratan lainnya: 1. Persyaratan fisik Laki-laki/perempuan, penampilan yang baik, tinggi badan 2. Persyaratan sikap Jujur, rajin, pekerja keras, tidak mudah menyerah, berani 3. Persyaratan keterampilan Mampu berbahasa Inggris dengan baik, dan dapat menggunakan komputer 4. Persyaratan akademis Lulusan perguruan tinggi, diploma, S2

46 Potensi fisik (jenis kelamin, tinggi badan, dll) merupakan potensi yang ada dan tidak mungkin diubah Hal penting adalah harus menjaga kondisi baik dalam segi rohani, maupun jasmani. Jangan sampai tercemar oleh NARKOBA

47 Kesimpulan yang dapat kita ambil dari presentasi ini….. “ Komputer dapat membantu manusia dalam mengerjakan sesuatu agar menjadi lebih ringan.” “ Komputer vs manusia. Siapa yang lebih pintar? Manusia lah yang lebih pintar dari komputer karena manusia yang menciptakan komputer dari Brainware,Software, dan Hardware untuk membantu pekerjaan manusia agar menjadi lebih mudah ” “mulailah menanamkan prinsip selalu optimis pada saat kita akan megerjakan sesuatu” “Jadilah diri sendiri, jangan menjadi orang lain” “do your best not the best”

48 Terima Kasih


Download ppt "Teknologi dan Profesi. Oleh : RA Ferrani Inveztia(21) Renaissa Prithasuri Darajati(22) Sabrina Alvie Amelia(23) Sekar Yuspa Mufidah(24) Wega Fawwaz Naufal(25)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google