Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dosen: Anita Kristina, M.Si..  Pokok Bahasan: Pemahaman Awal Sosiologi Kritis  Sub Pokok Bahasan: -Pengertian Sosiologi Kritis -Interaksi dan Perubahan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dosen: Anita Kristina, M.Si..  Pokok Bahasan: Pemahaman Awal Sosiologi Kritis  Sub Pokok Bahasan: -Pengertian Sosiologi Kritis -Interaksi dan Perubahan."— Transcript presentasi:

1 Dosen: Anita Kristina, M.Si.

2  Pokok Bahasan: Pemahaman Awal Sosiologi Kritis  Sub Pokok Bahasan: -Pengertian Sosiologi Kritis -Interaksi dan Perubahan Sosial -Identifikasi Perubahan  TIK: Mhs mampu menjelaskan apa sosiologi kritis, interaksi dan perubahan sosial. Selain itu, diharapkan pula mahasiswa mampu mengidentifikasi ‘perubahan’ pada diri dan lingkungannya

3 Arti sosiologi: - Asal kata ‘socius’ (kawan) & logos (berbicara) = berbicara tentang masyarakat - Ilmu yang mempelajari struktur, proses, dan perubahan sosial struktur sosial: jalinan unsur-unsur sosial (kaidah, aturan, lembaga, kelompok, lapisan sosial) proses sosial: pengaruh timbal balik dalam kehidupan bermasyarakat perubahan sosial: perubahan yang terjadi dlm masyarakat (sosial), baik struktur maupun prosesnya - Ilmu tentang sifat, perilaku dan perkembangan masyarakat - Ilmu yang mempelajari perilaku dan interaksi kelompok, menganalisis pengaruh kegiatan kelompok thd anggotanya  Fokus sosiologi: interaksi antar manusia dan pengaruhnya dlm persaan sikap, perilaku dan tindakan.

4 Dari arti sosiologi, Carilah contoh nyata apapun di sekitar kita yang menjadi ‘perhatian’/’fokus’ (dipelajari) dalam ilmu ini!!!

5 Arti Kritis: - Tidak lekas percaya - Bersifat selalu menemukan kesalahan/kekeliruan - Tajam menganalisa Ingat: Kritis bukan berarti menolak kebenaran. Menemukan kesalahan dimaksudkan untuk mengarahkan ‘sesuatu’ tersebut ke arah yang lebih sempurna….

6 Dari pengertian kritis:  Cari dan diskusikan contoh nyata orang/kelompok yang ‘kritis’ di sekitar kita Dari pengertian sosiologi dan kritis:  Apa arti sosiologi kritis???

7 “ Menganalisa secara tajam mengenai “sifat, perilaku dan perkembangan masyarakat” atau “struktur, proses, dan perubahan sosial”  Cari dan diskusikan contoh nyata sosiologi kritis!!

8 Interaksi sosial: hubungan timbal balik antar manusia/orang/masyarakat Dikatakan ada interaksi jika minimal ada kontak sosial dan komunikasi Kontak sosial: hubungan antar manusia, baik langsung atau tidak langsung (contohnya??) Komunikasi: mulai dari yang tidak langsung (menafsirkan simbol/isyarat) hingga langsung (bicara, menulis, dst).  Interaksi sosial dapat dalam bentuk sikap, perasaan, perilaku, tindakan antar manusia/orang.  Cari dan diskusikan contoh nyata interaksi sosial!!!

9 Perubahan sosial: perubahan yang terjadi dlm masyarakat (sosial), baik struktur maupun prosesnya  Cari dan diskusikan contoh nyata perubahan sosial!!!

10 Latihan di kelas: - Identifikasi perubahan-perubahan sosial di lingkungan tempat tinggal dan kampus: apa perubahan yang terjadi??? - Lakukan analisa kritis terhadap perubahan tersebut, yaitu dengan cara menjawab: mengapa perubahan terjadi?? - Jawablah pertanyaan lanjutan ini: (a) apakah perubahan tersebut sesuai norma etika masyarakat? (b) bagaimana sikap saudara terhadap jawaban poin a?

11  Ada pertanyaan??  Tugas dikumpulkan Minggu Depan: - Lakukan latihan identifikasi perubahan, satu perubahan setiap hari - Pilih salah satu yang dianggap paling menarik, tuliskan dan kumpulkan! - Minggu depan: sharing!!! Jika sudah tidak ada pertanyaan, berdoa dulu sebelum ditutup….


Download ppt "Dosen: Anita Kristina, M.Si..  Pokok Bahasan: Pemahaman Awal Sosiologi Kritis  Sub Pokok Bahasan: -Pengertian Sosiologi Kritis -Interaksi dan Perubahan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google