Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AC-AC Converter Elektronika Daya. Introduction  Fungsi: menerima daya listrik dari satu sistem kemudian mengkonversi dan menyalurkan ke sistem AC lainnya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AC-AC Converter Elektronika Daya. Introduction  Fungsi: menerima daya listrik dari satu sistem kemudian mengkonversi dan menyalurkan ke sistem AC lainnya."— Transcript presentasi:

1 AC-AC Converter Elektronika Daya

2 Introduction  Fungsi: menerima daya listrik dari satu sistem kemudian mengkonversi dan menyalurkan ke sistem AC lainnya dengan gelombang yang berbeda amplitudo, frekuensi maupun fasenya.  Mengubah tegangan rms pada frekuensi yang konstan disebut sebagai ac voltage controller atau ac regulator  Mengubah daya ac dari sebuah frekuensi ke frekuensi lainnya disebut sebagai cylcoconverter  Jenis AC-AC converter:  Single phase  Three phases

3 POWER ELECTRONIC CONVERTERS FOR SHIPPROPULSION ELECTRIC MOTORS

4 Pengendali tegangan bolak balik 3 fasa untuk digunakan untuk keperluan:  Pengaturan pencahayaan pada rangkaian daya bolak-balik.  Sistem pemanasan dengan prinsip induksi (Induction heating.)  Sistem pemanasa pada industri dan rumah tangga (Industrial heating & Domestic heating).  Pengubah tap pada transformator tenaga (Transformer tap changing (on load transformer tap changing).  Pengendali kecepatan motor induksi (single phase and poly phase ac induction motor control).  Pengendali sistem kemagnitan dengan suplai ac (AC magnet controls.) Aplikasi AC-AC Converter

5 Pengendali Tegangan AC 1 Fasa 2 Arah ( Full Wave ac Voltage Controller )  Rangkaian daya Pengendali tegangan ac 2 arah menggunakan 2 buah komponen pensakelaran thyristor dengan konfigurasi anti paralel, atau menggunakan 1 buah Triacs.  Arus bolak-balik dari sumber akan mengalir pada sisi beban setiap ½ siklus dari periode tegangan sumber.  Nilai rms dari tegangan beban dapat divariasikan dengan cara menvariasikan besarnya sudut perlambatan penyalaan thyristor.

6 Persamaan Penting :  Tegangan sumber  Tegangan jepit pada beban resistor  Arus beban untukdan untukdan

7 Penentuan Persamaan Tegangan Efektif pada beban  Persamaan tegangan efektif pada beban diperoleh dengan menggunakan persamaan:  Nilai rms maksimum pada beban diperoleh pada waktu sudut α = 0, ini berarti bahwa tegangan beban merupakan tegangan sinus dan persis sama dengan tegangan sumber dan mempunyai nilai efektif sebesar perhatikan uraian di bawah ini  Pembahasan di atas juga menunjukkan bahwa nilai maksimum tegangan rms pada beban terjadi pada sudut triger α = 0 dan akan minimum (0 volt) pada sudut triger α = π. Sehingga:

8 Karakteristik Pengaturan Pengendali Tegangan ac 1 fasa 2 Arah  Kurva karakteristik pengendalian dari pengendali tegangan 1 fasa 2 arah dengan beban resistif dapat ditentukan dengan mengambarkan tegangan V o(rms) versus sudut perlambatan penyalaan ( α ). Dengan, Nilai rms tegangan suplai

9 Karakteristik Pengaturan Dari Pengendali Tegangan AC 1 Fasa 2 Arah  Berdasarkan data hasil perhitungan seperti pada tabel di atas diperoleh kurva karakteristik pengaturan dari pengendali tegangan ac 1 fasa 2 arah sebagai berikut: Berdasarkan gambar di atas diperoleh bahwa nilai rms tegangan keluaran/ tegangan ac pada sisi beban dapat divariasikan dari maksimum 100% Vs pada α=0 o sampai 0 volt pada α=180 o. Jadi diperoleh range pengaturan yang cukup lebar dengan menggunakan pengendali tegangan 1 fasa 2 arah pengendalian.

10 Latihan 1) Pengendali tegangan ac 1 fasa 2 arah mempunyai tegangan masukan efektif 120 V dan beban resistif 6 ohm. Besarnya sudut perlambatan penyalaan thyristor. Tentukan: a) Tegangan efektif keluaran (volt). b) Daya keluaran (Watt) c) Faktor Kerja Masukan d) Arus thyristor rata-rata dan efektif. 2) Pengendali tegangan AC 1 fasa 1 arah menggunakan 1 buah thyrisor dan 1 buah dioda yang terpasang secara antiparalel dan terhubung pada beban pemanas (heater) 1 kW, 230 V. Tentukan daya beban untuk sudut penyalaan thyristor sebesar 45 o.

11 Single-Phase AC-AC Voltage Controller with ON-OFF Control PWM AC Chopper Bentuk gelombang

12 Three-Phase AC-AC Voltage Controllers Beberapa konfigurasi

13 Star-Connected Load with Isolated Neutral (1)

14 Star-Connected Load with Isolated Neutral (2)  Tegangan sesaat:  Tegangan output rms:

15 Single-Phase-Single-Phase Cycloconverter

16 Applications of AC-AC Converters Applications of AC Voltage Controllers Applications of Cycloconverters  Pengendali fan atau pompa yang digerakkan oleh motor induksi  Torsi berbanding terhadap kuadrat kecepatan  Kecepatan dikendalikan pada interval yang kecil  Soft-starting untuk motor induksi  Variable Speed AC Drives  Pengendali kecepatan untuk motor induksi dan motor sinkron

17 Next - Cycloconverter


Download ppt "AC-AC Converter Elektronika Daya. Introduction  Fungsi: menerima daya listrik dari satu sistem kemudian mengkonversi dan menyalurkan ke sistem AC lainnya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google