Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Arus/Tegangan Bolak-Balik  Arus/tegangan bolak-balik adalah arus/tegangan yang besar/nilainya selalu berubah-ubah secara periodik. Simbol tegangan bolak-balik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Arus/Tegangan Bolak-Balik  Arus/tegangan bolak-balik adalah arus/tegangan yang besar/nilainya selalu berubah-ubah secara periodik. Simbol tegangan bolak-balik."— Transcript presentasi:

1

2 Arus/Tegangan Bolak-Balik  Arus/tegangan bolak-balik adalah arus/tegangan yang besar/nilainya selalu berubah-ubah secara periodik. Simbol tegangan bolak-balik adalah ~ dan dapat diukur dengan Osiloskop (mengukur tegangan maksimumnya).  Dalam bentuk diagram, arus bolak-balik dinyatakan dengan grafik sinus (cosinus), karena perubahannya secara periodik seperti fungsi sinus/cosinus.

3 Generator AC  Generator adalah alat yang dapat menimbulkan/menghasilkan sumber tegangan.  = 2  f = frekuensi anguler f = frekuensi  Arus Bolak-Balik (I) yang mengalir adalah :

4 Daya Rata-rata  Daya yang dikirimkan ke resistansi R pada setiap saat adalah :  Karena arus bernilai kuadrat, nilai dayanya selalu positif. Kuantitas sin 2  t bervariasi antara 0 dan 1. Daya rata-ratanya adalah : atau

5 Arus dan Tegangan Rata-Rata  Arus dan tegangan rata-ratanya dari listrik AC adalah :  Nilai efektif (nilai rms) arus dan tegangan AC adalah :

6 Contoh Soal Hitung resistansi dan arus puncak dalam sebuah hair dyer 1000 W yang dihubungkan dengan tegangan 220 V. Apa yang terjadi jika alat tersebut dihubungkan ke tegangan 240 V?  Jawab :  Dari Hukum Ohm, resistansi alat adalah : sehingga

7 Reaktansi Induktif  Reaktansi Induktif : Hambatan induktor pada rangkaian arus bolak-balik. X L =  L = 2  f.L  Tegangan dan Arus pada Induktor : V = V max sin  t I = I max sin(  t-90°)  Jadi beda fase dalam rangkaian induktif 90° (arus ketinggalan 90° dari tegangan)

8 Reaktansi Kapasitif  Reaktansi Kapasitif : Hambatan kapasitor pada rangkaian arus bolak-balik. XC = 1/(  C) = 1/(2  f.C)  Tegangan dan Arus pada Kapasitor : V = V max sin  t I = I max sin(  t+90°)  Jadi beda fase dalam rangkaian kapasitif adalah 90° (arus mendahului 90° dari tegangan)

9 Diagram Fasor  Fasor adalah suatu metoda penggambaran tegangan dan arus pada suatu rangkaian AC secara vektor. I dan V R mempunyai beda fase nol sehingga vektornya digambarkan berhimpit.

10 Diagram Fasor  I dan V L berbeda fase 90° sehingga vektor-vektor digambarkan tegak lurus (letak V L dan I tidak boleh dipertukarkan) 

11 Diagram Fasor  I dan Vc berbeda 90° sehingga vektor-vektornya  (tidak bisa dipertukarkan).

12 Rangkaian Seri : R, L dan C  Diagram fasor dari rangkaian seri R, L, C IMPEDANSI RANGKAIAN : Z = R² + (X L -X C )²] BEDA FASE RANGKAIAN : tg  = (X L - X C )/R TEGANGAN RANGKAIAN (penjumlahan vektor-vektor V L, Vc dan V R ) : V = [V R ² + (V L - V C )²]

13 Kesimpulan  Jika : X L > X C maka tg  positif berarti tegangan mendahului arus (rangkaian bersifat induktif). X L < X C maka tg  negatif berarti arus mendahului tegangan (rangkaian bersifat kapasitif). X L = X C maka tg  = nol sehingga Z = R. Jadi di dalam rangkaian hanya ada hambatan R dan dikatakan pada rangkaian terjadi resonansi seri (rangkaian bersifat resistif).  FREKUENSI RESONANSI :


Download ppt "Arus/Tegangan Bolak-Balik  Arus/tegangan bolak-balik adalah arus/tegangan yang besar/nilainya selalu berubah-ubah secara periodik. Simbol tegangan bolak-balik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google