Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TELEKOMUNIKASI,INTERNET, DAN TEKNOLOGI NIRKABEL CONTOH KASUS DAN APLIKASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TELEKOMUNIKASI,INTERNET, DAN TEKNOLOGI NIRKABEL CONTOH KASUS DAN APLIKASI."— Transcript presentasi:

1 TELEKOMUNIKASI,INTERNET, DAN TEKNOLOGI NIRKABEL CONTOH KASUS DAN APLIKASI

2 KELOMPOK 7 ANGGOTA : FATATUN NAFISAH FATATUN NAFISAH ULFAH SARITA R ULFAH SARITA R LIA PANDINI LIA PANDINI HENDI PRAMANA PUTRA HENDI PRAMANA PUTRA

3 CONTOH KASUS : PROFIL PT.TELKOM PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK. (TELKOM) MERUPAKAN PERUSAHAAN PENYELENGGARA INFORMASI DAN TELEKOMUNIKASI (INFOCOMM) SERTA PENYEDIA JASA DAN JARINGAN TELEKOMUNIKASI SECARA LENGKAP (FULL SERVICE AND NETWORK PROVIDER) YANG TERBESAR DI INDONESIA. TELKOM (YANG SELANJUTNYA DISEBUT JUGA PERSEROAN ATAU PERUSAHAAN) MENYEDIAKAN JASA TELEPON TIDAK BERGERAK KABEL (FIXED WIRE LINE), JASA TELEPON TIDAK BERGERAK NIRKABEL (FIXED WIRELESS), JASA TELEPON BERGERAK (CELLULAR), DATA & INTERNET DAN NETWORK & INTERKONEKSI BAIK SECARA LANGSUNG MAUPUN MELALUI PERUSAHAAN ASOSIASI.

4 TELKOM SEBAGAI PENYEDIA JASA TELEOMUNIKASI TERBESAR DI INDONESIA MEMILIKI KEUNGGULAN DARI SISI INFRASTRUKTUR YANG SANGAT BAIK DIMANA TERSEBAR DISELURUH WILAYAH INDONESIA. DENGAN KEUNGGULAN TERSEBUT TELKOM TELAH MAMPU MENGEMBANGKAN PRODUK YANG MENJADI 5 (LIMA) PILAR BISNIS MEREKA, YAITU: 1. FIXED PHONE (TELKOM PHONE) PERSONAL LINE CORPORATE LINE WARTEL & TELUM 2. MOBILE PHONE (TELKOMSEL) PREPAID SERVICES (SIMPATI) POSTPAID SERVICES (HALO) 3. NETWORK & INTERCONNECTION (TELKOM INTERCARIER) INTERCONNECTION SERVICES NETWORK LEASED SERVICES

5 4. DATA & INTERNET LEASED CHANNEL SERVICE (TELKOM LINK) INTERNET SERVICE (TELKOMNET) VOIP SERVICE (TELKOM SAVE & GLOBAL 017) SMS SERVICE (FROM TELKOMSEL, TELKOMFLEXI & TELKOM SMS) 5. FIXED WIRELESS ACCESS (TELKOM FLEXI) PREPAID SERVICES (FLEXI TRENDY) POSTPAID SERVICES (FLEXI CLASSY)

6 LOGO PT.TELKOM

7 ANALISIS PRAKTIK APLIKASI TELEKOMUNIKASI DAN INTERNET PADA PT.TELKOM 1.ANA 1.ANALISIS PRAKTIK APLIKASI TELEKOMUNIKASI PADA PT.TELKOM TELEKOMUNIKASI ADALAH PERTUKARAN INFORMASI (DIMANA TERJADI PERUBAHAN ”FORMAT INFORMASI” ) PADA HUBUNGAN KOMUNIKASI JARAK JAUH YANG TERJADI SECARA ELEKTRIS/ELEKTRONIS. TELEKOMUNIKASI MERUPAKAN PERTUKARAN INFORMASI DALAM BERBAGAI BENTUK (SUARA,DATA, TEKS, GAMBAR, AUDIO, VIDEO) MELALUI JARINGAN BERBASIS KOMPUTER PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK. (TELKOM) MERUPAKAN PERUSAHAAN PENYELENGGARA INFORMASI DAN TELEKOMUNIKASI (INFOCOMM) SERTA PENYEDIA JASA DAN JARINGAN TELEKOMUNIKASI SECARA LENGKAP (FULL SERVICE AND NETWORK PROVIDER).

8 PT.TELKOM MEMBERIKAN BERBAGAI BENTUK LAYANAN TELEKOMUNIKASI KEPADA MASYARAKAT SEPERTI : 1. TELEPON (FIXED LINE) A. TELKOM FREE (0.800) MERUPAKAN LAYANAN YANG MEMBERIKAN FASILITAS KEPADA MASYARAKAT LUAS UNTUK MENGHUBUNGI PELANGGAN TELKOMFREE TANPA DIKENAKAN BIAYA PERCAKAPAN. B. TELKOM SLI MERUPAKAN PANGGILAN TELEPON INTERNATIONAL DIRECT DIALING (IDD) DIMANA NOMOR TELEPON PEMANGGIL DAN NOMOR TELEPON YANG DIPANGGIL BERBEDA WILAYAH NEGARA. C. TELKOM SLJJ MERUPAKAN LAYANAN KOMUNIKASI JARAK JAUH ANTAR PELANGGAN YANG MASIH DALAM SATU WILAYAH NEGARA. PADA UMUMNYA, PELANGGAN-PELANGGAN TERSEBUT BERADA DALAM WILAYAH KODE AREA YANG BERBEDA. D. TELKOM UNICALL (0.807) MERUPAKAN LAYANAN YANG MEMBERIKAN KEMUDAHAN BAGI SUATU PERUSAHAAN YANG MEMPUNYAI BANYAK KANTOR CABANG UNTUK DIHUBUNGI PELANGGANNYA DENGAN HANYA MENGHUBUNGI SATU NOMOR UNIK. E. TELKOM LOKAL MERUPAKAN LAYANAN KOMUNIKASI TELEPON ANTAR PELANGGAN DALAM JARAK DI BAWAH 30 KM ATAU DI DALAM SATU WILAYAH LOKAL. F. TELKOM TELECONFERENCE MERUPAKAN LAYANAN TELECONFERENCE MELALUI TELEPON BAIK FIXED MAUPUN MOBILE (AUDIO CONFERENCE) YANG MEMPUNYAI KEMAMPUAN UNTUK MELAYANI PERCAKAPAN SAMPAI 30 PEMANGGIL DALAM SATU KONFERENSI.

9 2.SAMBUNGAN TELEPON NIRKABEL TIDAK BERGERAK LAYANAN PRABAYAR MERUPAKAN JASA SAMBUNGAN TELEPON YANG DAPAT DINIKMATI PELANGGAN DENGAN MEMBELI NOMOR PERDANA DAN VOUCHER ISI ULANG AGAR DAPAT MENGGUNAKAN JASA TELEKOMUNIKASI YANG DIINGINKAN. LAYANAN PASCABAYAR MERUPAKAN LAYANAN TELEPON DENGAN SISTEM PEMBAYARAN YANG DITAGIHKAN PADA PELANGGAN DI AKHIR BULAN ATAS JASA TELEKOMUNIKASI YANG DIGUNAKAN PADA BULAN SEBELUMNYA.

10 3.SELULER TELKOM MELAYANI JASA KOMUNIKASI SELULER MELALUI ANAK PERUSAHAAN, TELKOMSEL, YANG MEMANFAATKAN TEKNOLOGI GSM DAN FREKUENSI 3,5G. LAYANAN SELULER MASIH MENJADI KONTRIBUTOR TERBESAR BAGI PENDAPATAN KONSOLIDASI PERUSAHAAN. PRODUK DAN LAYANAN SELULER YANG DITAWARKAN OLEH TELKOMSEL DIBAGI KE DALAM DUA MODEL, YAITU LAYANAN PASCABAYAR YANG DISAJIKAN MELALUI PRODUK KARTUHALO, SERTA LAYANAN PRABAYAR YANG DISAJIKAN MELALUI PRODUK SIMPATI DAN KARTU AS. DIFERENSIASI DARI KETIGA PRODUK TERSEBUT ADALAH SEBAGAI BERIKUT: -KARTUHALO HINGGA KINI MASIH TERCATAT SEBAGAI LAYANAN KOMUNIKASI SELULER PASCABAYAR YANG PALING BANYAK DIGUNAKAN SEJAK DIPERKENALKAN PERTAMA KALI PADA TAHUN PELANGGAN KARTUHALO PADA AKHIR TAHUN 2011 MENCAPAI 2,2 JUTA, ATAU SETARA DENGAN PANGSA PASAR SEBESAR 53,4% DARI TOTAL PELANGGAN SELULER PASCABAYAR YANG ADA DI INDONESIA. -SIMPATI ADALAH PRODUK PRABAYAR YANG TERSEDIA DALAM BENTUK VOUCHER PERDANA DAN ISI ULANG DENGAN FITUR CANGGIH DAN LENGKAP DENGAN HARGA TERJANGKAU PADA WAKTU OFF-PEAK. -KARTU AS ADALAH INOVASI LAYANAN SELULER TERAKHIR DARI TELKOMSEL UNTUK JENIS PRABAYAR DENGAN TARIF YANG DIHITUNG PER DETIK PEMAKAIAN. KARTU AS INI MENARGETKAN SEGMEN PENGGUNA MUDA.

11 2.ANA 2.ANALISIS PRAKTIK APLIKASI INTERNET PADA PT.TELKOM 1.JASA LAYANAN INTERNET (NARROWBAND & BROADBAND) LAYANAN DIAL-UP MERUPAKAN JASA AKSES INTERNET YANG MEMANFAATKAN JARINGAN TELEPON BIASA DAN MODEM DIAL UP, PELANGGAN DIHARUSKAN BERLANGGANAN KE INTERNET SERVICE PROVIDER (“ISP”) TERTENTU ATAU MELAKUKAN AKSES INTERNET KE TELKOMNET INSTAN. FLEXI NET MERUPAKAN LAYANAN AKSES INTERNET YANG MENGGUNAKAN JARINGAN TELKOMFLEXI. JASA PENYEWAAN PORT (PORT WHOLESALE) MELAYANI PENYEWAAN PORT REMOTE ACCESS SERVER BAGI PENYELENGGARA JASA INTERNET, PENYELENGGARA JASA KONTEN (CONTENT SERVICE PROVIDER/CSP), DAN KORPORAT UNTUK KEMUDIAN DIPERJUALBELIKAN KEPADA PELANGGAN. METRO I-NET MERUPAKAN SOLUSI JARINGAN DATA BERKAPASITAS TINGGI DAN BERBASIS INTERNET PROTOCOL (”IP”) ATAU ETHERNETYANG MENJAMIN FLEKSIBILITAS, KEMUDAHAN DAN KEEFEKTIFAN SERTA JAMINAN KUALITAS UNTUK SEGMEN PELANGGAN BISNIS DAN RESIDENSIAL. ASTINET MELAYANI AKSES INTERNET DENGAN MENGGUNAKAN GATEWAY INTERNET DEFAULT DAN IP ADDRESS PUBLIK MILIK TELKOM UNTUK SALURAN KOMUNIKASI TETAP ATAU DEDICATED SELAMA 24 JAM SEHARI. BROADBAND INTERNET MELAYANI AKSES INTERNET SECARA DEDICATED DENGAN KECEPATAN DI ATAS 384 KBPS. HOTSPOT/WI-FI MERUPAKAN SOLUSI AKSES NIRKABEL INTRANET DAN INTERNET BAGI PELANGGAN LAYANAN DATA BERGERAK PADA AREA TERTENTU DENGAN MEMANFAATKAN ALAT BAYAR TELKOM, ALAT BAYAR ISP LAIN (ROAMING) MAUPUN SECARA BULK DENGAN PERALATAN CUSTOMER PREMISES EQUIPMENT BERBASIS TEKNOLOGI WI-FI. IP TRANSIT MELAYANI JASA INTERKONEKSI KE GLOBAL INTERNET DENGAN MEMANFAATKAN FITUR FULL ROUTE BGP INTERNET DAN BLOK IP SERTA AUTONOMOUS SYSTEM (“AS”) PELANGGAN (NON TELKOM) DENGAN RASIO BANDWIDTH 1:1 DARI CPE HINGGA KEUPSTREAM TELKOM.

12 SPEEDY MERUPAKAN ADALAH LAYANAN INTERNET (INTERNET SERVICE) BERKECEPATAN TINGGI DARI PT.TELKOM, BERBASIS TEKNOLOGI AKSES ASYMMETRIC DIGITAL SUBSCRIBER LINE (ADSL). FLEXI TRENDY FLEXI TRENDY ADALAH LAYANAN FLEXI DENGAN SISTEM PRABAYAR BERBASIS KARTU/SIMCARD YANG DAPAT DIISI ULANG. FLEXI HOME FLEXI HOME ADALAH LAYANAN FLEXI UNTUK PERUMAHAN ATAU KANTOR DILAYANI MENGGUNAKAN TERMINAL FIXED BERBASIS NOMOR ESN, TARIF AKTIVASI, ABONEMEN DAN BIAYA PEMAKAIAN/USAGE SAMA DENGAN TARIF TELEPON RUMAH/PSTN. FLEXI CLASSY FLEXI CLASSY ADALAH LAYANAN FLEXI DENGAN SISTEM PASCABAYAR. FLEXI COMBO FLEXICOMBO MERUPAKAN LAYANAN YANG MEMUNGKINKAN ANDA SEBAGAI PELANGGAN E. FLEXI CLASSY ATAU TRENDY UNTUK TETAP DAPAT BERKOMUNIKASI (VOICE, SMS DAN DATA) DI BERBAGAI KOTA MENGGUNAKAN BEBERAPA NOMOR TEMPORER

13 . KESIMPULAN DARI URAIAN DI ATAS, PERANAN PT TELKOM DALAM MEMAJUKAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI SANGAT BERPERAN PENTING DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT TERUTAMA DALAM BIDANG KOMUNIKASI DIKARNAKAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI KIAN HARI SEMAKIN PESAT KEMAJUANNYA SEIRING DENGAN KEMAJUAN ZAMAN.

14 REFERENSI 1.KARTAJAYA, HERMAWAN ON BECOMING A COSTUMER-CENTRIC COMPANY TRANSFORMASI TELKOM MENJADI PERUSAHAAN BERBASIS PELANGGAN. JAKARTA: PT. GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA. 2.WWW. TELKOM.AC.ID 3.WWW.TELKOMFLEXI.COM


Download ppt "TELEKOMUNIKASI,INTERNET, DAN TEKNOLOGI NIRKABEL CONTOH KASUS DAN APLIKASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google