Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DIBALIK RAHASIA PUASA OLEH Dr. AGUS RAHMADI. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Nasaa'i dari shahabat Abu Umamah : "Wahai Rasulullah, perintahkanlah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DIBALIK RAHASIA PUASA OLEH Dr. AGUS RAHMADI. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Nasaa'i dari shahabat Abu Umamah : "Wahai Rasulullah, perintahkanlah."— Transcript presentasi:

1 DIBALIK RAHASIA PUASA OLEH Dr. AGUS RAHMADI

2 Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Nasaa'i dari shahabat Abu Umamah : "Wahai Rasulullah, perintahkanlah kepadaku satu amalan yang Allah akan memberikan manfaat-Nya kepadaku dengan sebab amalan itu." Maka Rasulullah bersabda, "Berpuasalah, sebab tidak ada satu amalan pun yang setara dengan puasa."

3 QS Al-Baqarah 183: "Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa“ QS Al-Baqarah 184: "... Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui" HR Ibnu Sunni dan Abu Nuaim ”berpuasalah niscaya kamu sehat”

4 Bagaimanakah sikap orang beriman terhadap bulan ramadhan? Efek kesehatan terhadap sikap tersebut? Untung dan rugi bulan ramadhan buat manusia

5 Beberapa organ tubuh yang gembira terhadap puasa Lambung dan usus Hati Pankreas Kulit Ginjal Jantung

6 Di lambung makanan ditampung dan dicerna selama 4 jam, diusus diolah sampai diserap selama 4 jam. Jadi total 8 jam, kalo diibaratkan kita makan 3 kali sehari, sedang puasa hanya 2 kali sehari

7 Hal diatas tidak memberikan organ pencernaan unuk merenovasi sel – sel nya. Tapi dengan berpuasa akan memberikan interval waktu untuk organ pencernaan untuk merenovasi sel – sel yang rusak dan memberikan kesempatan energi tubuh terhadap keperluan organ tubuh yang lainnya

8 Daya serap pencernaan meningkat dari 35% menjadi 85% karena setelah usus istirahat keadaan akan menjadi lebih optimal

9 HR Thabrani “lambung bermasalah maka semua organ akan bermasalah.” HR Bukhori Muslim “orang beriman makan dalam 1 usus, sedangkan orang kafir makan dalam 7 usus.” HR Ibnu Majah “segala sesuatu ada zakatnya dan zakat tubuh adalah puasa”

10

11

12

13

14 Kulit akan mengalami regenerasi sel karena banyak zat yg terdeposit dipecah oleh tubuh sehingga memberi ruang untuk proses regenerasi KULIT

15 Aktifnya hormon glukagon karena harus memecah glikogen untuk menghasilkan energi. Ketika berpuasa beberapa hormon akan stabil akan efek stress dapat ditekan diantaranya hormon adrenalin dan vasopresin Efek libidopun dapat di tekan dengan berpuasa sesuai dengan hadist. PANKREAS DAN HORMON LAINNYA

16 Telah banyak dilakukan pengobatan terhadap diabetes di seluruh dunia dengan mengikuti "sistem puasa" selama lebih dari 10 jam dan kurang dari 20 jam. Setiap kelompok mendapatkan pengaruh sesuai dengan keadaannya. Kemudian, para penderita tersebut mengkonsumsi makanan ringan selama berurutan kurang dari 3 minggu. Dan metode semacam ini telah mencapai hasil yang menakjubkan dalam pengobatan diabetes dan tanpa menggunakan satu obat-obatan kimiawi pun.

17 Beberapa hasil penelitian ilmiah menunjukkan manfaat kesehatan puasa, antara lain dapat mengurangi resiko stroke. Puasa juga dapat memperbaiki kolesterol darah. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa puasa dapat meningkatkan kolesterol darah HDL (yang sehat) 25 titik, dan menurunkan lemak trigliserol sekitar 20 titik.

18 HASIL PENELITIAN Perubahan Komposisi Tubuh, Tekanan Darah dan Plasma Kolesterol Sebelum dan Sesudah 20 Hari Puasa pada Bulan Ramadhan : Studi pada Mahasiswa FKG Universitas Jember, 2005 Hari Basuki dan Dwi Prijatmoko Bagian Biomedik,Bagian Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat, Sub Gizi, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember, Jawa Timur Penelitian ini menyimpulkan bahwa puasa selama bulan Ramadhan dapat menurunkan risiko kardiovaskuler melalui penurunan rasio lingkar pinggang dan pinggul.

19 Menurut pendapat Dr. Yuri Nikolayev Direktur bagian diet pada Rumah Sakit Jiwa Moskow, penemuan terbesar dalam abad ini ialah kemampuan seseorang membuat dirinya tetap awet muda secara fisik, mental, dan spiritual, melalui puasa yang rasional

20 Beberapa riset tentang puasa Dr Muhammad Dawahiri dari universitas kairo meneliti hubungan antara puasa dengan penyakit kulit, ternyata daya tahan kulit terhadap penyakit jauh lebih kuat dan kulit semakin cerah Vladimir Nikitin meneliti tikus putih yang dipuasakan, ternyata umurnya mencapai 4 tahun, yang umur rata – rata tikus putih 2,5 tahun

21

22 Universitas Osaka di Jepang pada tahun 1930 pernah mengadakan penelitian pengaruh puasa terhadap daya tahan tubuh. Pada hari ke tujuh orang yang melakukan puasa, meningkat karena jumlah darah putihnya bertambah, seperti diketahui darah putih ini amat berguna untuk membunuh virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh, semacam anti body.

23 puasa dapat mencegah berkembangnya sel kanker, berdasarkan penelitian yang dilakuna terhadap dua ekor tikus putih di Amerika Serikat pada kedua tikus tersebut disuntikan sel kanker, tikus pertama diberi makan seperti biasa, sedangkan pada tikus kedua tidak diberi makan (dipuasakan) dan dari dua ekor tikus eksferimen (percobaan) terbukti, tukus pertama mati karena kanker sedangkan tikus kedua yang dipuasakan itu dapat bertahan hidup, karena sel -sel kanker tak aktif.

24 Lembaga penelitian ternak Amerika melakukan riset terhadap 864 ayam petelur yg produksinya semakin menurun, penelitian ini dilakukan terhadap dua kelompok ayam petelur yang selama 3 bulan bertelur terus menerus pada bulan ke-4 produktivitas bertelurnya turun hingga 75 persen pada kelompok pertama tidak diberi makan selama beberapa jam dalam jangka waktu 10 hari (dipuasakan) sedangkan kelompok kedua diberi makan seperti biasa, ternyata pada kelompok pertama yang dipuasakan selama 10 hari produktifitas bertelurnya kembali seperti semula. Sedangkan pada kelompok kedua (yang tidak dipuasakan) tidak mengalami peningkatan.

25 Puasa dan kecerdasan Imam Syafie terkenal dengan kepintaran dan kekuatan hafalan. Ketika berusia 15 tahun, beliau sudah bertaraf ulama' besar dan layak memberi fatwa. Beliu sentiasa mengamalkan puasa sunat. Pada suatu hari, beliau menceritakan bahwa beliau sudah 16 tahun tidak pernah kenyang. Dengan mengamalkan 'rahasia ajaib' inilah, para cendekiawan Islam pada era kegemilangan Islam dahulu menjadi terlalu pintar dan 'genius'. Kebanyakan mereka berpuasa sunat sebelum mencapai usia 'baligh' dan diteruskan sehingga ke akhir hayat mereka.

26 Amalan saat puasa Tilawah Sholat malam Bersedekah

27 Efek alquran terhadap kesehatan Tubuh manusia memang 75% terdiri atas air. Otak 74,5% air. Darah 82% air. Tulang yang keras pun mengandung 22% air. Air putih galon di rumah, bisa setiap hari didoakan dengan khusyu kepada Allah, agar anak yang meminumnya saleh, sehat, dan cerdas, dan agar suami yang meminum tetap setia. Air tadi akan berproses di tubuh meneruskan pesan kepada air di otak dan pembuluh darah

28 AIR “Dan Kami ciptakan dari air segala sesuatu yang hidup.” (Q.S. Al Anbiya:30) Ternyata air bisa “mendengar” kata-kata, bisa “membaca” tulisan, dan bisa “mengerti” pesan. Dalam bukunya The Hidden Message in Water, Dr. Masaru Emoto menguraikan bahwa air bersifat bisa merekam pesan, seperti pita magnetik atau compact disk.

29

30

31

32

33

34

35

36 “ Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah diwaktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk Sorga dengan selamat.” (HR Tirmidzi)

37 “Seutama-utama shalat sesudah shalat fardhu ialah shalat sunnat di waktu malam” ( HR. Muslim )

38 Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. ( QS ALI IMRAN : 180 ) SEDEKAH

39 Tips berpuasa HR Abu Daud dan Tirmidzi “Jika kamu berbuka, berbukalah dengan kurma, jika tidak ada, berbukalah dengan air, karena air itu suci” QS An – Nahl : 69 “….Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam – macam warnanya. Didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.”

40 Mulakan berbuka dengan yang menghasilkan energi instant yaitu yg manis Beri kesempatan kepada lambung untuk menyesuaikan proses pencernaan, oleh karena itu jangan makan berlebihan saat berbuka. Hindari makanan yang dingin, asam, pedas an bersantan karena dapat merangsang asam lambung keluar lebih banyak Perbanyak makanan yang mengandung serat tinggi Kurangi makanan yang mengandung lemak supaya deposit lemak yg tersedia dapat dipecah Jangan makan berlebihan melebihi 1/3 bagian untuk makanan

41 SEKIAN TERIMA KASIH


Download ppt "DIBALIK RAHASIA PUASA OLEH Dr. AGUS RAHMADI. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Nasaa'i dari shahabat Abu Umamah : "Wahai Rasulullah, perintahkanlah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google