Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EVODUS, ZENAS KAM GPIB Immanuel Bekasi. 16 Juli 2012. Pdt. Alex Letlora.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EVODUS, ZENAS KAM GPIB Immanuel Bekasi. 16 Juli 2012. Pdt. Alex Letlora."— Transcript presentasi:

1 EVODUS, ZENAS KAM GPIB Immanuel Bekasi. 16 Juli Pdt. Alex Letlora.

2 SIAPAKAH St. Evodus  Anak tertua, ibu bernama Theodotha.  Bersama 2 saudaranya yani Callistha dan Hermogenes mengalami penderitaan di jaman Nero.  Mati syahid th’ 66 bersama ibu dan saudara dalam perapian sebagai akibat dari percaya kepada Yesus.

3  Menjadi ukup di Antiokhia selama 27 tahun.  Membuat tulisan tentang Maria, ibu Yesus.  Dalam ketaatan terhadap Yesus mendorong Evodus menulis sebuah buka dan diberi judul ‘ bintang’.  Selalu disebut bersama Onesiforus sekalipun namanya tidak disebut di Perjanjian Baru ( bnd. 2 Tim.1: 16 ).

4 Apakah yang dapat dipelajari ?  Kesediaan untuk taat kepada Yesus dengan segala akibat.  Bersedia untuk tidak disebut dalam Perjanjian Baru tetapi berperan besar dalam pemberitaan Injil selama 27 tahun.

5 Titus 3 : 13 - Tolonglah sebaik-baiknya Zenas, ahli Taurat itu, dan Apolos, dalam perjalanan mereka, agar mereka jangan kekurangan sesuatu apa.  Sangat menarik bahwa Paulus mengingatkan Titus agar membina jemaat di Kreta mendukung secara finansial untuk Zenas dan Apolos (ayat 13), agar mereka tidak kekurangan sesuatu apa pun. Jemaat Kreta adalah jemaat yang baru, mereka harus belajar untuk memberikan dukungan bagi pekerjaan Kerajaan Allah. Dengan cara seperti itu kehidupan jemaat ini akan berbuah (ayat 14). 1314

6  Sebetulnya tugas Pemberitaan Kabar Baik (PKB) adalah kewajiban setiap orang percaya. Akan tetapi Tuhan juga memanggil orang-orang khusus yang dikhususkan untuk tugas khusus, yaitu pemberita Injil dan gembala atau pendeta.  Zenas hanya muncul di sini. Apolos adalah penduduk Aleksandria; mungkin perjalanan yang dimaksudkan adalah menuju Aleksandria melalui Kreta.

7  Di daerah Kreta ini, perkembangan Injil terancam oleh orang-orang yang tidak tertib hidupnya. Dengan omongan- omongan yang sia-sia mereka mau menyesatkan pikiran orang Kristen (Tit 1:10), yaitu dengan ajaran-ajaran tentang penyunatan, yang sebenarnya tidak ada artinya sedikitpun di dalam keselamatan.

8  Isi Kitab: Kitab Titus terbagi atas 3 pasal. Di dalam Kitab ini kita dapat melihat pengajaran Rasul Paulus dalam memperbaiki kehidupan jemaat, yang terancam termakan oleh kehidupan yang tidak baik, omongan kosong, yang semuanya itu tidak sesuai dengan kehidupan sebagai orang Kristen.

9  Nama Zenas berarti ‘murah hati’ – bahasa yunani.  Kemurahan hati Zenas nampak dari sikap Paulus yang sangat menghargainya.  Dukungan terhadap Zenas adalah dukungan terhadap pemberitaan Injil.  Zenas adalah seorang ahli taurat yang berlajar bersama Apolos

10 Apakah yang dapat diperlajari ?  Dalam pelayanan pemberitaan Injil diperlukan : 1. dukungan finasial dan dukungan kecakapan.  2 hal penting diatas perlu mendapat apresiasi dari setiap orang.  Pemberitaan Injil memerlukan pemberdayaan sumber daya.


Download ppt "EVODUS, ZENAS KAM GPIB Immanuel Bekasi. 16 Juli 2012. Pdt. Alex Letlora."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google