Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

A.Text Box adalah fasilitas yang diberikan Ms-Word untuk membantu kita menuliskan sesuatu di luar format dokumen pada umumnya. Sehingga kita bisa menempatkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "A.Text Box adalah fasilitas yang diberikan Ms-Word untuk membantu kita menuliskan sesuatu di luar format dokumen pada umumnya. Sehingga kita bisa menempatkan."— Transcript presentasi:

1 A.Text Box adalah fasilitas yang diberikan Ms-Word untuk membantu kita menuliskan sesuatu di luar format dokumen pada umumnya. Sehingga kita bisa menempatkan tulisan tersebut tanpa perlu mengganggu format lainnya. Langkah dalam menambahkan Text Box :  buka Tab Insert  pada group Text, klik icon Text Box  pilih format Text Box yang diinginkan  Jika tidak ada format yang sesuai, kita bisa menambahkan sendiri dengan mengklik Draw Text Box.

2 Menambahkan Text Box

3 1.Ukuran Text Box langkahnya :  Arahkan pointer mouse ke titik-titik yang ada pada tepi atau sudut Text Box sampai bentuk pointer mouse berubah menjadi tanda panah 2 arah  Klik tahan dan tarik sampai ukuran sesuai, kemudian lepas tombol mouse. saat kita menyeleksi Text Box, akan muncul tab tambahan, yaitu tab Format sebagai Text Box Tools. Pada tab ini juga terdapat group Size. Kegunaan dari group ini adalah untuk mengatur ukuran Text Box sesuai satuan ukuran yang dipakai.

4 Mengubah ukurab Text Box

5 2. Tata letak Text Box dapat diatur sesuai keingin kita, langkahnya :  arahkan pointer mouse ke bagian tepi Text Box sampai bentuk pointer berubah menjadi tanda panah 4 arah  klik tahan dan tarik ke posisi yang diinginkan, kemudian lepas tombol mouse. Pada Tab Format juga terdapat group untuk mengatur posisi Text Box dengan berbagai pilihan, yaitu group Arrange. Dengan menggunakan group ini kita dapat mengatur tata letak Text Box secara spesifik.

6 Group Arrange

7 a.Posisi Text Box dapat mengatur posisi text box berdasarkan letaknya pada kertas saat dokumen dicetak. Pengaturannya dilakukan secara otomatis dan menyesuaikan letaknya saat ukuran kertas diubah. Langkahnya :  Buka Tab Format  Pada group Arrange, klik icon Position  Pilih posisi yang sesuai keinginan dengan mengklik pilihan More Layout Options untuk membuka dialog box Advanced Layout. Secara umum ada 2 parameter untuk posisi, yaitu parameter vertikal dan Horizontal.

8 Mengatur posisi Text Box pada saat dokumen dicetak

9 b. Posisi text Box Terhadap Teks pada Dokumen ada berbagai macam posisi, untuk mengaturnya ikuti langkah berikut  buka Tab Format  pada group Arrange, klik icon Text Wrapping  klik pada posisi yang diinginkan Ada 7 posisi yang ditawarkan, teks pada dokumen akan menyesuaikan diri dan terbentuk pada gambar icon di setiap tulisan. Mengatur posisi Text Box terhadap teks

10 c. Group ada 1 icon lagi dalam group Arrange yang cukupe bermanfaat untuk dugunakan, yaitu icon Group. Digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu. Keuntungannya adalah kita tidak perlu menyeleksi ulang atau memindahkan satu persatu objek yang telah tertata rapih. Untuk membuat group objek, ikuti langkah berikut :  seleksi objek-objek yang ingin dikelompokkan dengan cara tekan Shift sambil mengklik objek tersebut.  buka Tab Format  akan ada 3 pilihan, klik Group untuk mengelompokkan  untuk menghilangkan group, klik Ungroup.

11 e. Rotate ada satu icon lagi pada group Arrange, namun tidak akan bisa berfungsi pada objek Text Box biasa. Icon rotate ini berfungsi untuk memutar atau mencerminkan suatu objek sehingga akan tampil berbeda. Untuk menggunakannya tinggal klik icon Rotate dan klik salah satu pilihan yang adaperintah rotate adalah untuk memutar dan Flip untuk mencerminkan. Karena pada pilihannya hanya tedapat 90 derajat, jika kita menginginkan pemutaran dengan sudut tertentu, kita bisa mengklik pilihan More Rotation Options untuk membuka dialog box.

12 Icon rotate untuk memutar dan mencerminkan suatu objek Created Mutiah Kartika


Download ppt "A.Text Box adalah fasilitas yang diberikan Ms-Word untuk membantu kita menuliskan sesuatu di luar format dokumen pada umumnya. Sehingga kita bisa menempatkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google