Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

~NANCY RUNTUKAHU ~TESSALONIKA APOUW ~ARIEL KAENG PRESENTASI HASIL DISKUSI KELOMPOK 3.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "~NANCY RUNTUKAHU ~TESSALONIKA APOUW ~ARIEL KAENG PRESENTASI HASIL DISKUSI KELOMPOK 3."— Transcript presentasi:

1 ~NANCY RUNTUKAHU ~TESSALONIKA APOUW ~ARIEL KAENG PRESENTASI HASIL DISKUSI KELOMPOK 3

2 ICON PERINTAH YANG TERDAPAT DI TAB PAGE LAYOUT DALAM MICROSOFT WORD 2007

3 •Icon perintah yang terdapat di Tab Page Layout digunakan untuk pengaturan tata letak halaman dokumen Word. Tab ini terdiri dari 5 Group perintah, yaitu : Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph, dan Arrange. Fasilitas-fasilitas tersebut sangat bermanfaat ketika kita melakukan pengetikan untuk membuat tugas seperti skripsi, makalah, dan lain sebagainya. Oleh karena itu kita perlu mengetahui fungsi dari masing-masing icon yang terdapat pada menu page layout dalam Microsoft word ini. Dan berikut fungsi dari masing-masing icon :

4 1. ICON PERINTAH DI GROUP THEMES

5 •Themes adalah fasilitas yang berfungsi untuk mengubah desain keseluruhan dari seluruh dokumen termasuk warna, font dan efek. Klik page layout kemudian pada menu Themes pilihlah desain yang kita inginkan. Dan pada 3 icon disampingnya tentukan warna (colors), font dan efeknya. •a. Colors digunakan untuk mengatur warna tema halaman. Kita dapat memilih warna tema dengan urutan warna yang kita mau. •b. Fonts digunakan untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif. Kita dapat memilih sendiri bentuk huruf yang kita inginkan. •c. Effect digunakan untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen. Menu effects bergerak khusus di bidang pemberian tema efek terhadap objek geometris di halaman dokumen.

6 2. ICON PERINTAH DI GROUP PAGE SETUP

7 •Menu-menu yang terdapat di Page Setup disediakan untuk melakukan pengaturan halaman, yakni dalam mengatur ukuran kertas, margin halaman, pengaturan kolom teks, dan lain sebagainya. Halaman dokumen dapat diatur sesuai dengan keinginan kita. Adapun menu perintah yang terdapat di group Page Setup yaitu : Margins, Orientations, Size, Columns, Breaks, Line Numbers, dan Hypenation. •a. Margins adalah fasilitas yang berfungsi untuk memilih tampilan pingir halaman dokumen kita. Klik menu page layout kemudian pilih margins dan pilih margins atau ukuran-ukuran margin yang di inginkan. Dengan menu ini kita dapat mengatur sendiri ukuran batas teks sebelah kanan, kiri, atas, dan bagian bawah halaman. •b. Orientation digunakan untuk mengatur posisi kertas yang kita inginkan, ada yang portrait (posisi kertas tegak) dan ada pula yang landscape (posisi kertas datar). Klik menu page layout kemudian pilih orientation kemudian pilih kertas portrait atau landscape. •c. Size adalah fasilitas yang berfungsi mengatur ukuran kertas, terdapat beberapa ukuran kertas seperti A3, A4, tabloid dan lain sebagainya. Klik menu page layout kemudian pilih orientation dan kemudian pilih ukuran kertas yang di inginkan. •d. Columns adalah fasilitas yang berfungsi untuk membuat teks menjadi berbentuk kolom seperti pada koran. Klik menu page layout kemudian pilih columns dan pilih banyaknya kolom yang diinginkan. Misalnya halaman yang ingin kita buat 3 kolom, maka kita tinggal memilih “three”. •e. Menu Breaks digunakan untuk memisahkan halaman, kolom teks, dan juga menyediakan fasilitas untuk mengatur nomor halaman, juga berisi perintah untuk melanjutkan kembali format yang telah di-break sebelumnya. •Misalnya kita akan mengatur nomor halaman dengan format yang berbeda, setelah kita memilih page number yang ingin kita gunakan di awal misalnya angka romawi kemudian kita ingin mengubahnya ke format yang lain seperti angka, disini kita bisa menggunakan Breaks kemudian Next Page dan pilih page number yang kita inginkan. •f. Line Numbers digunakan untuk pengaturan seputar nomor baris dalam dokumen. •g. Hyphenation digunakan untuk memisah suku kata secara otomatis dengan tanda hubung saat kata kompleks (terdiri lebih dari dua suku kata) berada di akhir baris. Kolom yang sempit dan format teks rata kanan-kiri menyebabkan jarak antar kata kurang ideal. Seleksi teks dimaksud atau seluruh teks di dokumen, lalu manfaatkan perintah Hyphenation ini, dan pilih Automatic. Maka Hyphenation akan bekerja sesuai dengan job description-nya.

8 3. ICON PERINTAH DI GROUP PAGE BACKGROUND

9 •a. Watermark digunakan untuk memberikan efek atau tanda di belakang teks, dan juga berguna untuk memberikan pesan tertentu di halaman latar. Tanda pada latar tersebut berguna saat suatu dukumen akan dipublikasikan sebagai contoh dari dokumen aslinya. Agar bisa dibedakan antara dokumen yang asli dan yang bukan. Selain itu, watermark ini juga digunakan untuk menghilangkan tanda yang telah disematkan di latar belakang halaman tersebut. •b. Page color adalah fasilitas yang berfungsi untuk memberi warna pada page atau kertas sesuai dengan keinginan kita. Klik menu page layout kemudian pilih Page color dan pilih warna yang diinginkan. Contoh page yang berwarna. Apabila kita menklik icon page color akan muncul bermacam warna, pilihlah sesuai keinginan kita. •c. Page border adalah fasilitas yang berfungsi untuk memberi bingkai pada dokumen. Klik menu page layout dan pilih Page Borders kemudian pilih bingkai yang di inginkan. Contoh halaman yang diberi bingkai. Selain itu, Page Border juga digunakan untuk mengatur garis tepi halaman dokumen. Ini diperlukan, terutama saat menggarap brosur, piagam, dll. Ketika kita mengklik perintah Page Border tersebut maka akan masuk ke dialog box yang berisi pengaturan seputar border halaman.

10 4. ICON PERINTAH DI GROUP PARAGRAPH

11 •a. Indent digunakan untuk mengatur batas teks sebelah kanan dan batas teks sebelah kiri atau untuk mengatur margin halaman. Klik menu page layout dan pada kotak indent. Terdapat 2 kotak, yakni Left dan Right. Left digunakan untuk mengatur batas kiri paragraf, dan Right digunakan untuk mengatur batas kanan paragraf. Contoh, kalimat kutipan panjang perlu Indent lebih dalam dibanding paragraf lainnya. Dengan perintah Indent di group Paragraph ini kita dapat mengatur secara spesifik paragraph yang kita pilih. •b. Spacing digunakan untuk mengatur jarak antar paragraf. Klik menu page layout kemudian pada kotak Spacing tulislah jarak spasi yang anda inginkan.

12 5. ICON PERINTAH DI GROUP ARRANGE

13 •Arrange Secara umum, perintah-perintah di group ini digunakan untuk mengatur posisi objek di antara teks, posisi objek dengan objek lainnya,dan lain sebagainya. •a. Position digunakan untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman. Pada menu ini kita dapat memilih option yang telah tersedia, dimana kita hanya perlu menyeleksi objek, dan pilih posisi objek yang kita inginkan. Dengan ini kita dapat langsung menempatkan objek di tengah halaman, di tepi kanan atau kiri halaman, dan lain sebagainya. •b. Wrap text digunakan untuk mengatur posisi objek yang kaitannya dengan paragraf teks. Dengan perintah ini memungkinkan kita untuk mengatur posisi teks didepan objek, dibelakang objek, dipenjuru objek, di atas-bawah objek, dll. Dan bila kita ingin menyisipkan gambar ilustratif di paragraf terpilih, maka posisi objek akan sejajar dengan baris teks. •c. Bring Forward digunakan untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya saja. Aktifkan objek dimaksud, lalu klik icon Bring Forward ini. •d. Send Backward digunakan untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya. Penggunannya sama dengan Bring Forward, seleksi objek dimaksud, kemudian klik icon perintah Send Backward ini, maka objek terpilih akan berada di belakang objek lainnya. •e. Align adalah fasilitas yang berfungsi untuk menyelaraskan teks yang di pilih, kita juga dapat memusatkan atau mendistribusikan secara merata di seluruh halaman. Klik page layout kemudian pilih Align di pojok kanan atas dan pilih pengaturan sesuai yang kita ingnkan. •f. Group digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup. Bila beberapa objek akan dikelola dengan pengaturan yang sama lebih efisien jika kita memanfaatkan fasilitas ini. Sebagai contoh, ada 2 ribu objek yang akan dikelola seara bersamaan, dengan perintah Group, user cukup memilih semua objek dimaksud, meng- klik perintah group, dan sejanjutnya kelompok objek dapat diaktifkan hanya dengan sekali klik saja, maka objek dalam satu grup akan aktif semuanya. •g. Rotate digunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek. Misalnya kita ingin membuat gambar simetri lipat dari suatu bangun, caranya buat suatu bangun datar, tekan Ctrl+D, kemudian klik perintah Rotate pilih Flip Horizontal. Dengan itu kita dapat membuat simetri lipat dengan segmen yang benar-benar sebangun.

14


Download ppt "~NANCY RUNTUKAHU ~TESSALONIKA APOUW ~ARIEL KAENG PRESENTASI HASIL DISKUSI KELOMPOK 3."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google