Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. PERHATIKAN GAMBAR BERIKUT INI DENGAN BAIK DAPATKAH MEREKA HIDUP DENGAN TENANG ? INI ADALAH PR KITA SEMUA! JIKA KAU.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. PERHATIKAN GAMBAR BERIKUT INI DENGAN BAIK DAPATKAH MEREKA HIDUP DENGAN TENANG ? INI ADALAH PR KITA SEMUA! JIKA KAU."— Transcript presentasi:

1 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

2 PERHATIKAN GAMBAR BERIKUT INI DENGAN BAIK DAPATKAH MEREKA HIDUP DENGAN TENANG ? INI ADALAH PR KITA SEMUA! JIKA KAU DAPAT MENYELAMATKAN DUNIANYA BERARTI KAU TELAH MENJAGA SALAH SATU CIPTAAN TUHAN YANG BERHARGA.

3 MENGATUR PARAGRAF JIKA ANDA INGIN MENULISKAN SEBUAH CERITA TENTANG PERLINDUNGAN ORANGUTAN BERIKUT INI, TENTU ANDA HARUS BISA MEMBUAT PARAGRAF DALAM CERITA ANDA TERSEBUT. MAU TAU CARANYA ??? AYO KITA CARI INFORMASINYA!

4 TUJUAN PEMBELAJARAN MENGETAHUI BERBAGAI JENIS PENGATURAN PARAGRAF. MENGATUR PERATAAN, INDEN, DAN SPASI PARAGRAF. MENGENAL BERBAGAI PILIHAN PENGATURAN SPASI BARIS DAN MENERAPKANNYA. MENAMBAHKAN BULLET DAN NUMBERING.

5 APA YANG KAMU KETAHUI TENTANG PARAGRAF ? PARAGRAF ADALAH BAGIAN BAB DALAM SUATU KARANGAN. ADAPUN BAGIAN-BAGIAN DARI PARAGRAF ADALAH SEBAGAI BERIKUT : 1.MENGATUR PERATAAN TEKS 2.MENGATUR INDEN PARAGRAF 3.MENGATUR SPASI PARAGRAF 4.MENGATUR SPASI BARIS 5.MENGGUNAKAN BULLET AND NUMBERING

6 MENGATUR PERATAAN TEKS Perataan teks adalah pengaturan penjajaran teks di paragraf. Ada 2 arah pengaturan perataan teks, yaitu : 1.Mengatur perataan Horizontal, ada 4 perataan horizontal yaitu : perataan kiri ( Align Left), kanan (Align Right), pengaturan tengah (Center), dan perataan kiri-kanan (Justified). Jika menggunakan tombol keyboard : Ctrl + L ( rata kiri), Ctrl + E ( rata tengah), Ctrl + R ( rata kanan), Ctrl + J ( rata kiri-kanan).

7 2. Mengatur perataan Vertikal,yaitu pengaturan posisi paragraf terhadap margin atas dan margin bawah halaman dokumen. Ada 4 perataan Vertikal yaitu : perataan atas (Top), tengah(center), atas-bawah (justified), dan perataan bawah (Bottom). Untuk mengatur perataan vertikal di MS. Word 2007 dapat dilakukan dengan langkah berikut : Klik tab page layout di grup page setup klik Dialog Box Launcher klik tab layout pilih tipe perataan vertikal yang diinginkan di kotak pilihan Vertical aligment klik tombol Ok.

8 Untuk mengatur perataan vertikal di MS. Word 2003 dapat dilakukan dengan langkah berikut : Dari menu File, klik page setup Klik tab Layout di kotak dialog page setup pilih tipe perataan vertikal yang diinginkan di kotak pilihan Vertical aligment klik tombol Ok.

9 MENGATUR INDEN PARAGRAF Inden adalah pergeseran teks paragraf dari margin kiri atau margin kanan. Mengatur inden paragraf Dengan cara blok paragraf yang ingin di atur indennya,klik tombol Decrease inden untuk mengurangi inden paragraf, klik tombol increase indent untuk menambah inden paragraf. Kedua tombol tersebut terdapat di tab Home di grup Paragraph.

10 Bila menggunakan inden paragraf dengan mengatur besar indennya, maka langkahnya adalah : 1.Pilih paragraf yang ingin di atur. 2.Dari tab Home, klik Dialog Box Launcher. 3.Klik tab Indents and spacing di kotak dialog paragraph. 4.Dibagian indentation, di kotak Up-Down Left tentukan jarak inden kiri paragraf, di kotak Up- Down Right tentukan jarak inden kanan paragraf. 5.Klik tombol OK.

11 Mengatur inden baris Inden untuk baris tertentu ada 2, yaitu : 1. Inden baris pertama ( First Line Indent), yaitu pengaturan inden pada baris pertama dari sebuah paragrap. 2.Inden menggantung ( Hanging Indent), yaitu pengaturan inden untuk baris kedua dan baris seterusnya di paragrap.

12 Bila menggunakan inden baris tertentu langkahnya adalah : 1.Pilih paragraf yang ingin di atur. 2.Dari tab Home, klik Dialog Box Launcher. 3.Klik tab Indents and spacing di kotak dialog paragraph. 4.Dibagian indentation, di kotak pilihan special, pilih tipe inden baris yang ingin digunakan (First line atau Hanging). 5.Di kotak By, masukkan besar inden yang diinginkan. 6.Klik tombol OK.

13 Berikut ini adalah tampilan gambar kotak dialog paragraph :

14 SPASI PARAGRAF Spasi paragraf adalah ruang kosong yang terdapat di atas atau di bawah paragraf, atau jarak sebuah paragraf dengan paragraf lain. SPASI BARIS Spasi baris menentukan jarak vertikal antara sebuah baris dengan baris yang lain dalam sebuah paragraf. Secara default, word menggunakan spasi Multiple.

15 MENGGUNAKAN BULLET AND NUMBERING Bullet dan numbering digunakan dalam dokumen untuk menampilkan item-item rincian. Bullet digunakan untuk rincian item-item yang tidak saling berkaitan atau tidak memperhatikan urutan. Numbering digunakan untuk merinci item-item yang saling bergantung atau mempunyai urutan perincian.

16 BERIKUT INI ADALAH TAMPILAN DARI BULLET DAN NUMBERING BULLET NUMBERING

17 Kesimpulan PARAGRAF ADALAH BAGIAN BAB DALAM SUATU KARANGAN YANG BERFUNGSI UNTUK MENGATUR DAN MEMBUAT DOKUMEN YANG KITA BUAT MENJADI LEBIH RAPI DAN TERATUR DIMANA TAMPILAN PARAGRAF DIATUR DENGAN MENGGUNAKAN PERATAAN TEKS, INDEN PARAGRAF,INDEN BARIS, SPASI PARAGRAF, DAN SPASI BARIS. BULLET DAN NUMBERING DIGUNAKAN UNTUK MENAMPILKAN ITEM-ITEM YANG BERUPA RINCIAN.

18 SOAL EVALUASI 1. Kotak dialog Paragraph dapat ditampilkan dari tab... A. InsertC. Page Layout B. HomeD. View 2. Tombol keyboard yang digunakan untuk mengatur perataan kiri-kanan ( justified) adalah … A. Ctrl + LC. Ctrl + J B. Ctrl + ED. Ctrl + R 3. Tombol keyboard yang digunakan untuk mengatur perataan kiri adalah … A. Ctrl + LC. Ctrl + J B. Ctrl + ED. Ctrl + R

19 4. Untuk mengatur perataan vertikal aligment dapat dilakukan melalui kotak dialog … A. OptionsC. Page Setup B. BreaksD. Paragraph 5. Berikut ini merupakan pilihan untuk mengatur perataan horizontal dari sebuah paragraph, kecuali … A. Align RightC. Align Left B. Align TopD. Center 6. Perintah bulet and numbering terdapat pada tab … A. InsertC. Page Layout B. HomeD. View

20 7. Jarak baris adalah dua kali jarak baris spasi tunggal. Pengaturan tersebut merupakan pengaturan spasi baris untuk … A. MultipleC. Double B. At leastD. Exactly 8. Nama ikon di samping ini adalah … A. Align RightC. Align Left B. Align TopD. Center

21 9. Berikut ini benar tentang inden menggantung, kecuali … A. Banyak digunakan pada bullet dan numbering B. Besar inden untuk baris pertama lebih kecil dibandingkan inden baris kedua dan seterusnya C. Dapat diatur di kotak dialog Paragraph D. Tidak dapat diatur di mistar 10. Ikon berikut ini adalah … A. Bullet and NumberingC. Columns B. Line SpacingD. Font


Download ppt "TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. PERHATIKAN GAMBAR BERIKUT INI DENGAN BAIK DAPATKAH MEREKA HIDUP DENGAN TENANG ? INI ADALAH PR KITA SEMUA! JIKA KAU."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google