Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Galih Danariyanto 09413244004 Pend. Sosiologi B.  Definisi struktur sosial Definisi struktur sosial  Ciri-ciri struktur sosial Ciri-ciri struktur sosial.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Galih Danariyanto 09413244004 Pend. Sosiologi B.  Definisi struktur sosial Definisi struktur sosial  Ciri-ciri struktur sosial Ciri-ciri struktur sosial."— Transcript presentasi:

1 Galih Danariyanto Pend. Sosiologi B

2  Definisi struktur sosial Definisi struktur sosial  Ciri-ciri struktur sosial Ciri-ciri struktur sosial  Fungsi Struktur Sosial Fungsi Struktur Sosial  Bentuk-bentuk struktur sosial Bentuk-bentuk struktur sosial  Evaluasi

3  George Simmel struktur sosial adalah kumpulan individu serta pola perilakunya  Soerjono Soekanto struktur sosial sebagai hubungan timbal balik antara posisi-posisi sosial dan peranan-peranan sosial.  Raymond Flirth struktur sosial merupakan suatu pergaulan hidup manusia meliputi berbagaitipe kelompok yang terjadi dari banyak orang dan meliputilembaga-lembaga diman orang banyak tersebut ambil bagian.  Struktur sosial merupakan tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat yang didalamnya terkandung hubungan timbal balik antara status dan peranan dalam masyarakat.

4  Muncul pada kelompok masyarakat Struktur sosial hanya bisa muncul pada individu-individu yang memiliki status dan peran  Berkaitan erat dengan kebudayaan Kelompok masyarakat lama kelamaan akan membentuk suatu kebudayaan. Setiap kebudayaan memiliki struktur sosialnya sendiri.  Dapat berubah dan berkembang Masyarakat tidak statis karena terdiri dari kumpulan individu. Mereka bisa berubah dan berkembang sesuai dengan tuntutan zaman

5  Fungsi Identitas Struktur sosial berfungsi sebagai penegas identitas yang dimiliki oleh sebuah kelompok.  Fungsi Kontrol Dalam kehidupan bermasyarakat, selalu muncul kecenderungan dalam diri individu untuk melanggar norma, nilai, atau peraturan lain yang berlaku dalam masyarakat.  Fungsi Pembelajaran Individu belajar dari struktur sosial yang ada dalam masyarakatnya.

6 A. Stratifikasi Sosial Stratifikasi berasal dari kata strata atau tingkatan. Stratifikasi sosial adalah struktur dalam masyarakat yang membagi masyarakat ke dalam tingkatan- tingkatan. Ukuran yang dipakai bisa kekayaan, pendidikan, keturunan, atau kekuasaan.

7 Berdasarkan sifatnya, stratifikasi sosial dapat dibagi menjadi 2:  Stratifikasi Sosial Tertutup Adalah stratifikasi sosial yang tidak memungkinkan terjadinya perpindahan posisi (mobilitas sosial)  Stratifikasi Sosial terbuka Adalah stratifikasi yang mengizinkan adanya mobilitas, baik naik ataupun turun. Biasanya stratifikasi ini tumbuh pada masyarakat modern.  Stratifikasi Sosial Campuran Hal ini bisa terjadi bila stratifikasi sosial terbuka bertemu dengan stratifikasi sosial tertutup. Anggotanya menjadi anggota dua stratifikasi sekaligus. Ia menyesuaikan diri terhadap dua stratifikasi yang ia anut

8 Stratifikasi TertutupStratifikasi Terbuka

9 B. Diferensiasi Sosial Menurut Soerjono Soekanto, diferensiasi sosial adalah penggolongan masyarakat atas perbedaan- perbedaan tertentu yang biasanya sama atau sejajar.

10  Diferensiasi ras Ras adalah suatu kelompok manusia dengan ciri-ciri fisik bawaan yang sama. Secara umum, manusia dapat dibagi menjadi 3 kelompok ras, yaitu Ras Mongoloid, Negroid, dan Kaukasoid. Orang Indonesia termasuk dalam ras Mongoloid.  Diferensiasi suku bangsa Suku bangsa adalah kategori yang lebih kecil dari ras. Indonesia termasuk negara dengan aneka ragam suku bangsa yang tersebar dari Pulau Sumatera hingga papua.

11  Diferensiasi klen Klen merupakan kesatuan keturunan, kepercayaan, dan tradisi.  Diferensiasi agama Di Indonesia kita mengenal agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, Konghuchu, dan kepercayaan lainnya.  Diferensiasi profesi Masyarakat biasanya dikelompokkan atas dasar jenis pekerjaannya.  Diferensiasi jenis kelamin Berdasarkan jenis kelamin, masyarakat dibagi atas laki- laki dan perempuan yang memiliki derajat yang sama.

12 Stratifikasi Sosial Diferensiasi Sosial Pengelompokan secara vertikalPengelompokan secara horisontal Berdasarkan ciri dan fungsiBerdasarkan posisi, status, kelebihan yang dimiliki dan sesuatu yang dihargai Distribusi hak dan wewenangDistribusi kelompok StereotipeGenotipe Kriteria pendidikan, ekonomi, kehormatan, dan kekuasaan Kriteria fisik,biologis, sosio, kultural

13


Download ppt "Galih Danariyanto 09413244004 Pend. Sosiologi B.  Definisi struktur sosial Definisi struktur sosial  Ciri-ciri struktur sosial Ciri-ciri struktur sosial."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google