Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRANATA SOSIAL. Standar Kompetensi: 6.Memahami Pranata dan Penyimpangan Sosial Sosial Kompetensi Dasar: 6.2 Mendeskripsikan Pranata Sosial dalam kehidupan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRANATA SOSIAL. Standar Kompetensi: 6.Memahami Pranata dan Penyimpangan Sosial Sosial Kompetensi Dasar: 6.2 Mendeskripsikan Pranata Sosial dalam kehidupan."— Transcript presentasi:

1 PRANATA SOSIAL

2 Standar Kompetensi: 6.Memahami Pranata dan Penyimpangan Sosial Sosial Kompetensi Dasar: 6.2 Mendeskripsikan Pranata Sosial dalam kehidupan masyrakat

3 Kita akan mempelajari - Pengertian Pranata Sosial -Pendapat ahli sosiologi tentang Pranata Sosial -Kebutuhan manusia secara berjenjang menjadi aksi dari proses terbentuknya Pranata Sosial -Macam-macam Pranata Sosial -Syarat suatu kegiatan masyarakat disebut Pranata Sosial

4 Pengertian Pranata Sosial Pranata adalah seperangkat aturan yang berkaitan dengan kegiatan atau kebutuhan sosial tertentu Sosial adalah segala sesuatu mengenai masyarakat dan kepedulian terhadap kepentingan umum

5 Pranata Sosial (institution) dapat diartikan sebagai: seperangkat aturan dalam suatu kegiatan sosial yang berhubungan dengan masyarakat dan kepedulian terhadap kepentingan umum seperangkat aturan dalam suatu kegiatan sosial yang berhubungan dengan masyarakat dan kepedulian terhadap kepentingan umum

6 Pendapat para ahli Sosiologi 1.KOENTJARA NINGRAT (1990) Pranata Sosial merupakan unsur-unsur yang mengatur perilaku para warga masyarakat. Koentjaraningrat membatasi pranata sosial hanya sebagai suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang terpusat pada kegiatan yang memenuhi kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat.

7 2. SOEKANTO (1987) Pranata Sosial merupakan lembaga kemasyarakatan yang lebih menunjuk pada suatu bentuk dan sekaligus mengandung pengertian-pengertian abstrak perihal adanya norma-norma dan peraturan tertentu yang menjadi ciri dari suatu lembaga.

8 3. MACLVER dan CHARLES (1988) Pranata Sosial merupakan lembaga kemasyarakatan sebagai tata cara atau prosedur yang telah diciptakan untuk mengatur hubungan antar manusia dalam suatu kelompok kemasyarakatan atau asosiasi.

9 4. SUMNER (1985) Pranata Sosial sebagai perbuatan, cita- cita, sikap dan perlengkapan kebudayaan yang mempunyai sifat kekal dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat.

10 5. WIESE dan BECKER (1992) Pranata Sosial sebagai suatu jaringan proses-proses hubungan antar individu dan antar kelompok manusia yang berfungsi untuk memelihara hubungan serta pola-polanya sesuai dengan kepentingan-kepentingan manusia dan kelompok.

11 6. KORNBLUM (1988) Pranata Sosial sebagai suatu stuktur status dan peran yang diarahkan pada pemenuhan kebutuhan dasar anggota masyarakat. 7. JOHNSON (1985) Pranata Sosial adalah seperangkat aturan yang telah melembaga (instutionalized) karena telah diterima oleh sejumlah besar anggota sistem sosial, ditanggapi secara sungguh- sungguh serta diwajibkan suatu sistem sosial kepada semua anggota dan bagi pelanggarnya akan dikenakan sanksi.

12 Meskipun Pranata Sosial disarikan dari institution, tetapi hendaknya tidak dikacaukan dekan kata institusi. Menurut Horton (1985) Institusi adalah suatu sistem hubungan sosial yang terorganisasi serta memperlihatkan nilai- nilai dan prosedur bersama yang dapat memenuhi kebutuhan dasar tertentu dari masyarakat.

13 d Elemen yang melekat pada institusi adalah sistem hubungan yang teratur atau terorganisasi. Contoh : Setiap siswa membutuhkan ilmu pengetahuan,ketrampilan dan pengenalan teknologi.

14 Upaya yang dapat ditempuh untuk memenuhi ilmu pengetahuan, ketrampilan dan pengenalan teknologi diantaranya adalah dengan mengikutsertakan siswa dalam kegiatan belajar dan mengajar secara formal yang dapat diikuti oleh setiap siswa di lingkungan lembaga pendidikan atau sekolah yang diatur dengan sistem pendidikan nasional.

15 Perbedaan antara Kebutuhan, Pranata Sosial dan Lembaga NoKegiatan yang dibutuhkanPranataLembaga 1.Mendapat ilmu pengetahuanPendidikan SD,SMP,SMA 2.Membangun keluarga bahagiaKeluargaKUA 3.Memenuhi kebutuhan modalEkonomiKoperasi 4.Memperoleh Surat IzinHukumKantor Satuan MengemudiPolantas 5.Pemilihan UmumPolitikKomisi Pemilu

16 Kebutuhan Dasar Manusia secara Berjenjang menurut Maslow 1.Kebutuhan Fisiologi 2.Kebutuhan Keamanan 3.Kebutuhan Sosial 4.Kebutuhan Penghargaan 5.Kebutuhan Perwujudan Diri Teori kebutuhan dasar hidup manusia yang menjadi aksi dari proses terbentuknya pranata sosial dan institusi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara di Indonesia jika diidentifikasikan dapat menjadi bermacam-macam pranata.

17 Bentuk-Bentuk Kelompok Pranata dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia 1.Pranata Agama dan Kepercayaan 2.Pranata Ekonomi 3.Pranata Pendidikan 4.Pranata Politik 5.Pranata Somatik 6.Pranata Kesenian 7.Pranata Sosial 8.Pranata Penelitian

18 Syarat suatu Kegiatan Masyarakat dapat disebut sbg Pranata Sosial 1.Merupakan suatu kelompok kegiaan yang bertujuan memenuhi kebutuhan khusus 2.Mengikuti aturan yang berlaku dalam bermasyarakat seperti norma,nilai dan adat istiadat 3.Merupakan sekelompok manusia yang melakukan kegiatan bersama dan saling berintraksi

19 Kesimpulan Agar hubungan antarmanusia dalam suatu masyarakat dapat berlangsung seperti yang diharapkan semua pihak, perlu dibentuk Pranata Sosial yang mengaturnya. Pranata Sosial yang ada semula terbentuk secara tidak sengaja, tetapi seiring dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi mutakhir, Pranata Sosial dapat dibentuk secara sadar dan terencana (konseptual).


Download ppt "PRANATA SOSIAL. Standar Kompetensi: 6.Memahami Pranata dan Penyimpangan Sosial Sosial Kompetensi Dasar: 6.2 Mendeskripsikan Pranata Sosial dalam kehidupan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google