Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perubahan Sosial Budaya Nama: Ovina Dilly Ardiani Kelas: 9G No.: 21.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perubahan Sosial Budaya Nama: Ovina Dilly Ardiani Kelas: 9G No.: 21."— Transcript presentasi:

1 Perubahan Sosial Budaya Nama: Ovina Dilly Ardiani Kelas: 9G No.: 21

2 A. Pengertian Perubahan sosial budaya adalah perubahan yang terjadi dalam struktur/ organisasi sosial masyarakat sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang tidak serasi fungsinya bagi masyarakat yang bersangkutan.

3 B. Pengertian Menurut Beberapa Tokoh 1. Gillin dan Gillin Perubahan sosial budaya adalah suatu variasi dari cara-cara hidup yang diterima yang disebabkan oleh perubahan pada kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi maupun karena adanya difusi dan penemuan baru dalam masyarakat itu sendiri. 2. Samuel Koenig Perubahan sosial budaya adalah perubahan yang menunjuk pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia. 3. Selo Soemardjan Perubahan sosial budaya adalah perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya. 4. Kingsley Davis Perubahan sosial budaya adalah perubahan yang terjadi dalam struktur masyarakat. 5. Mac Iver Perubahan sosial budaya adalah perubahan dalam hubungan sosial atau perubahan terhadap keseimbangan sosial tersebut. 6. William F. Ogburn Perubahan sosial budaya adalah perubahan yang mencakup unsur-unsur kebudayaan baik material maupun non-material.

4 C. BENTUK-BENTUK PERUBAHAN SOSIAL 1. Berdasarkan sifatnya: a) Perubahan progresif, yaitu perubahan yang mengarah pada keadaan yang lebih baik dan menuju pada kemajuan. b) Perubahan regresif, yaitu perubahan yang mengarah pada keadaan yang lebih buruk dibandingkan sebelumnya.

5 Berdasarkan kesadarannya: a) Perubahan disengaja (Intended), yaitu perubahan yang dilakukan secara sadar demi kemajuan masyarakat. b) Perubahan tidak disengaja (Unintended), yaitu perubahan yang terjadi secara kebetulan.

6 3. Berdasarkan ekspos/penampilannya: a) Perubahan manifes, yaitu perubahan yang proses atau gejalanya dapat diamati. b) Perubahan laten, yaitu perubahan yang proses atau gejalanya tidak dapat diamati.

7 4. Berdasarkan dimensi: a) Perubahan struktural, yaitu perubahan yang terjadi pada struktur sosial masyarakat yang meliputi perubahan kaedah sosial, kategori sosial, lembaga-lembaga sosial dan kelompok sosial. b) Perubahan kebudayaan, yaitu perubahan yang terjadi pada kebudayaan masyarakat yang meliputi perubahan peralatan hidup, perubahan sarana transportasi dan perubahan bentuk rumah.

8 5. Berdasarkan percepatannya: a) Perubahan secara lambat/evolusioner, yaitu perubahan yang terjadi secara pelan-pelan dan tidak terasa. b) Perubahan secara cepat/radikal, yaitu perubahan yang terjadi dalam waktu yang singkat dalam wujud yang terlihat nyata.

9 5. Berdasarkan percepatannya: a) Perubahan secara lambat/evolusioner, yaitu perubahan yang terjadi secara pelan-pelan dan tidak terasa. b) Perubahan secara cepat/radikal, yaitu perubahan yang terjadi dalam waktu yang singkat dalam wujud yang terlihat nyata.

10 6. Berdasarkan besar-kecilnya pengaruh: a) Pengaruh kecil, yaitu perubahan yang terjadi pada unsur- unsur struktur sosial masyarakat yang tidak membawa pengaruh langsung pada masyarakat. b) Pengaruh besar, yaitu perubahan yang berpengaruh besar pada masyarakat.

11 D. PELESTARIAN PENINGGALAN SOSIAL BUDAYA Sosial budaya menurut Koentjaraningrat adalah sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam kehidupan masyarakat yang dilahirkan dari diri manusia melalui proses pembelajaran. Jadi, dari apa yang disebutkan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa peninggalan sosial budaya adalah segala sesuatu yang nampak karena hasil cipta, rasa dan karsa manusia sebagai akibat dari interaksi yang dilakukan oleh manusia dengan manusia lainnya ataupun dengan lingkungan sekitarnya. Jadi, ketika melakukan pelestarian peniggalan sosial budaya kita harus menjaga dan mengembangkan sosial budaya tersebut agar tetap utuh dan tidak termakan oleh zaman.

12 Mendata peninggalan sosial budaya di lingkungan sekitar: - Seni arsitektur - Seni sastra - Seni musik tradisional - Seni tari - Seni rupa - Upacara

13 1. Makna Peninggalan Sosial Budaya a) Realisasi pola kehidupan b) Warisan leluhur c) Menunjukan tingkat kebudayaan 2. Berperan Aktif Dalam Menjaga Pelestarian Sosial Budaya a) Menggunakan bahasa Ibu b) Mencintai peninggalan sosial budaya c) Mengikuti acara-acara sosial budaya d) Menggelar kegiatan sosial budaya e) Mengikuti perkembangan peninggalan sosial budaya


Download ppt "Perubahan Sosial Budaya Nama: Ovina Dilly Ardiani Kelas: 9G No.: 21."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google