Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Krisna Leander Siti Naimah Ahmad Yani.  Pendekatan Semantik  Pendekatan Psikolinguistik  Ekspresi Simbolik dan Bahasa Persuasif.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Krisna Leander Siti Naimah Ahmad Yani.  Pendekatan Semantik  Pendekatan Psikolinguistik  Ekspresi Simbolik dan Bahasa Persuasif."— Transcript presentasi:

1 Krisna Leander Siti Naimah Ahmad Yani

2  Pendekatan Semantik  Pendekatan Psikolinguistik  Ekspresi Simbolik dan Bahasa Persuasif

3  Semantik -> Yunani -> To Signify -> Memaknai -> “Tentang Makna”  Semantik mencangkup makna kata, perkembangannya dan perubahannya (Tarigan, 1985:7)  Ada hubungan antara nama dan pengertian; apabila seseorang membayangkan suatu benda ia akan segera mengatakan benda tersebut. Inilah hubungan timbal balik antara bunyi dan pengertian, dan inilah makna kata tersebut (Pateda, 1990:45)

4  Pengertian (sense) : tema, melibatkan ide atau pesan yang dimaksud.  Perasaan (feeling) : sikap pembicara berhubungan dengan situasi pembicaraan (sedih, gembira, marah, bingung)  Nada (tone) : sikap pembicara kepada lawan bicara.  Tujuan (Intension) : Maksud tertentu, melibatkan pernyataan yang bersifat deklaratif, persuasif, imperatif, politis.

5  Psikolinguistik => Psiko ; Linguistik -> Bahasa dan pikiran.  Suatu ilmu yang meneliti bagaimana sebenarnya para pembicara/pemakai suatu bahasa membentuk atau membangun dan mengerti kalimat-kalimat bahasa tersebut (Bach, 1964:64)  Menguraikan proses psikologi yang berlangsung jika seseorang mengucapkan kalimat yang didengarnya pada waktu berkomunikasi dan bagaimana kemampuan berbahasa itu diperoleh manusia (Meller, 1964)

6  Komprehensi, yakni proses-proses mental yang dilalui oleh manusia sehingga dapat memahami apa yang dimaksud dari perkataan seseorang.  Produksi, yakni proses-proses mental pada diri seseorang yang membuat seseorang mengatakan sesuai dengan apa yang ingin dikatakan.  Landasan biologis dan neurologis yang membuat manusia bisa berbahasa.  Pemerolehan bahasa, yakni bagaimana kita memperoleh bahasa tersebut.

7  Ekspresi simbolik : sebuah sistem simbol verbal dan nonverbal yang diatur dalam pola- pola untuk mengekspresikan pemikiran dan perasaan.  Bahasa bergantung pada apa yang disebut sebagai simbol signifikan (significant symbol) atau simbol-simbol yang memunculkan makna yang sama bagi banyak orang (West dan Turner, 2009:105)  Bahasa persuasif adalah bahasa atau cara pemilihan kata dalam kalimat yang digunakan untuk mempengaruhi seseorang.

8


Download ppt "Krisna Leander Siti Naimah Ahmad Yani.  Pendekatan Semantik  Pendekatan Psikolinguistik  Ekspresi Simbolik dan Bahasa Persuasif."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google