Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUGAS TIK HOTMAIL Nama : Siti Maimunah Kelas : IX-4 SMPN 3 TANGERANG Nama : Siti Maimunah Kelas : IX-4 SMPN 3 TANGERANG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUGAS TIK HOTMAIL Nama : Siti Maimunah Kelas : IX-4 SMPN 3 TANGERANG Nama : Siti Maimunah Kelas : IX-4 SMPN 3 TANGERANG."— Transcript presentasi:

1 TUGAS TIK HOTMAIL Nama : Siti Maimunah Kelas : IX-4 SMPN 3 TANGERANG Nama : Siti Maimunah Kelas : IX-4 SMPN 3 TANGERANG

2 H OTMAIL A. Pengertian hotmail Windows Live Hotmail, atau yang sebelumnya dikenal dengan nama MSN Hotmail dan seringkali hanya disebut dengan Hotmail, merupakan layanan e-mail berbasis web gratis yang dioperasikan oleh Microsoft sebagai bagian dari Windows Live Group. Layanan e-mail berbasis web gratis ini diprakarsai oleh Sabeer Bhatia dan Jack Smith, dan pertama kali diluncurkan pada bulan Juli 1996 dengan nama HoTMaiL. Didanai oleh perusahaan modal ventura Draper Fisher Jurvetson, Hotmail merupakan salah satu pioneer penyedia layanan e-mail berbasis web gratis. Windows Live Hotmail memiliki fitur penyimpanan yang tidak terbatas, pengamanan dengan hak paten, teknologi Ajax, dan integrasi dengan Windows Live Messenger, Spaces, Calendar, SkyDrive, dan Contacts.

3 Menurut comScore (Agustus 2010), Windows Live Messenger merupakan layanan e-mail berbasis web terbesar di dunia, dengan jumlah pengguna sekitar 364 juta. Sedangkan posisi kedua dan ketiga dipegang oleh Yahoo! Mail dengan 280 juta pengguna, dan Gmail dengan 191 juta pengguna. Windows Live Hotmail tersedia dalam 36 bahasa yang berbeda. B. Sejarah Layanan Hotmail didirikan oleh Sabeer Bhatia dan Jack Smith, dan merupakan salah satu layanan webmail pertama yang ada di Internet. Hotmail diluncurkan secara komersial pada tanggal 4 Juli 1996, pada hari kemerdekaan Amerika, sebagai simbolisasi ‘kebebasan’ dari e-mail berbasis ISP dan kemampuan untuk mengakses inbox pengguna dari seluruh penjuru dunia.

4 Nama Hotmail dipilih dari berbagai kemungkinan nama berakhiran –mail, karena nama tersebut mengandung huruf-huruf H, T, M, L dari HTML (HyperText Markup Language) sebagai bahasa yang digunakan untuk membuat situsnya (sebagai penekanan, nama tersebut aslinya ditulis dengan HoTMaiL). Batas untuk penyimpanan gratis adalah 2 MB. Hotmail awalnya didukung oleh perusahaan modal ventura Draper Fisher Jurvetson. Pada bulan Desember 1997, Hotmail tercatat memiliki lebih dari 8,5 juta pelanggan. Hotmail awalnproduk ya dijalankan dengan FreeBSD-Apache dan akhirnya dikonversi menjadi Microsoft pada tahun 2000. Hotmail dijual kepada Microsoft pada Desember 1997 seharga $ 400 juta, dan bergabung ke dalam layanan grup MSN. Hotmail dengan cepat meraih popularitas, karena layanan ini dialokasikan untuk pasar yang berbeda di seluruh dunia dan menjadi layanan webmail terbesar di dunia, serta memiliki lebih dari 30 juta anggota aktif pada Februari 1999.

5 Namun pada 1 November 2005 nama Hotmail awalnya direncanakan untuk dihilangkan ketika Microsoft mengumumkan bahwa sistem e-mail baru akan disebut Windows Live Mail, namun para pengembang segera menarik kembali setelah penguji beta menjadi kebingungan dengan perubahan nama tersebut, dan lebih memilih nama yang telah dikenal baik, yaitu Hotmail. Maka, ditetapkanlah Windows Live Hotmail. Setelah masa pengujian beta, Windows Live Hotmail secara resmi dirilis untuk pengguna baru maupun lama di Belanda, pada 9 November 2006, sebagai pasar percontohan. Pengembangan beta selesai pada bulan April 2007, dan Windows Live Hotmail dirilis untuk masa pendaftaran baru, pada 7 Mei 2007, dan 260 juta akun MSN Hotmail di seluruh dunia pun memperoleh akses ke sistem yang baru. Tampilan MSN Hotmail yang lama hanya dapat diakses oleh pengguna yang terdaftar sebelum tanggal rilis dan tidak memilih untuk memperbaharuinya menjadi layanan Hotmail yang baru.

6 C. Kelebihan dan kekurangan Hotmail Beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki versi Hotmail diantaranya yaitu:  Kekurangan: 1. Tetap tidak dapat menempatkan inline image dari hard disk ke dalam email. 2. Emoticon berukuran cukup besar bukanlah sebuah peningkatan. 3. Dukungan ubahan theme yang semakin sulit untuk dioperasikan.  Kelebihan: 1. Kemampuan untuk menambahkan konten Bing yang sangat mudah. 2. Fitur “sweep” atau filter cepat (quick filter) yang sangat bermanfaat. 3. Fitur view collapse yang juga tidak kalah bermanfaat dengan fitur lainnya.

7 D. Cara mengoperasikailan hotmail Pada umunya dalam pengoperasian hotmail ada dua hal yang selalu kita lakukan yaitu: a.Membuat email di hotmail b.Mengirimkan pesan di Hotmail c.Membalas pesan di Hotmail d.Mengirimkan file di hotmail a. Cara buat email di hotmail (Microsoft) Mungkin ada diantara teman-teman yang masih pemula (seperti saya) dan ingin membuat email di hotmail (ini adalah layanan email gratis dari Microsoft) Namun layanan email ini kelihatannya kurang familiar digunakan di Indonesia.

8 Tetapi terkadang email ini digunakan jika ingin menggunakan layanan gratis dari microsoft ruang (space) yang disediakan per email adalah sekitar 5 GB., masih kalah jika dibandingkan dengan gmail yang standartnya 7 GB, dan terus bertambah seiring dengan bertambahnya file di dalam email.Beberapa langkah untuk membuat email di hotmil sebagai berikut. 1. Pada addres bar browser anda, ketik : http://www.hotmail com.bisa juga menggunakan url berikut: http://login.live.com (Saya pribadi lebih senang mengetik hotmail kemudian di keyboard tekan tombol Ctrl+Enter),tunggu hingga muncul halaman berikut, klik tombol Sign uphttp://www.hotmailhttp://login.live.com

9 2. Pada halaman form pendaftaran berikut, isi data yang ada 3. Jika form yang anda isi sudah benar maka anda akan langsung masuk ke account email hotmail anda

10 Keterangan beberapa item di halaman ini: Pesan masuk: berisi surat elektronik(email) yang masuk ke account anda Baru : untuk memunculkan halaman mengetik surat (sama dengan Compose digmail) Hapus: untuk menghapus email dari account anda Sampah : email sampah (spam) Tandai sebagai : untuk menandai/filter email dari pengirim tertentu jika spam bisa langsung diarahkan ke Junk, sehingga mudah dihapus secara massal

11 b. Mengirimkan pesan di Hotmail Untuk mengirimkan pesan di hotmail kita dapat lakukan melalui kotak surat dari alamat email yang sudah di miliki, kalau belum ada bisa ketik sendiri alamat email yang di tuju. Untuk itu kita harus membuka kotak surat tersebut melalui langkah berikut: 1.Bukalah browser mozilla firefox kemudian ketiklah URL berikut : http://www.hotmail.com pada kotak addres bar hingga tampil jendela hotmail. Masukkan windows live ID dan password lalu klik tombol sign in. http://www.hotmail.com

12 2. Jika windows live ID dan password yang kita isi benar maka kotak surat hotmail kita akan tampil seperti ini. 3. Kliklah tombol pesan masuk untuk memeriksa inbox yang berisi surat-surat yang kita terima., atau kalau kita ingin mengirimkannya kepada teman, kita dapat mengklik tombol baru hingga tampil jendela pembuatan dan pengiriman pesan berikut.

13 Pada item berikut: Kepada: isi dengan alamat email tujuan Subject : isi dengan judul atau topik pesan yang akan dikirim Lembar editor: ada toolbar dan ruang ketik untuk mengatur dan menulis pesan Pada bagian atas kepada menyisipkan : untuk menyisipkan file lampiran ke dalam email, sehingga email dan file dapat terkirim ke email tujuan. kirim : untuk mengirim pesan

14 4. Ketikanlah alamat email yang kita tuju pada isian kepada, kemudian isilah kotak subject. Jika ingin mengirim lebih dari satu tujuan alamat maka klik perlihatkan Cc dab Bcc, lalu isi alamatnya.Tapi jika memang hanya satu tujuan alamat, tidak usah di klik.

15 5. Ketiklah isi surat atau pesan pada kotak yang tersedia. Bila telah selesai kliklah tombol kirim untuk mengirimkan pesan tersebut. c. Membaca dan membalas (reply) pesan di hotmail Untuk membaca dan menjawab hingga meneruskan (forwarding) pesan keberbagai teman-teman kita, prosedurnya juga hampir sama seperti membuat dan mengirimkan pesan. Membaca, menjawab dan meneruskan pesan tersebut dapat dilakukan melalui kotak surat dari alamat email kita.Prosedurnya adalah sebagai berikut.

16 1.Bukalah browser mozilla firefox kemudian ketiklah URL berikut: http://www.hotmail.com pada kotak addres bar hingga tampil jendela hotmail. Masukkan windows live ID dan password lalu klik tombol sign in. http://www.hotmail.com 2.Jika windows live ID dan password yang kita ketik benar maka halaman kotak surat akan membuka dan di situ dapat kita lihat jika ada surat masuk berarti judul dan pengirim surat tercetak tebal dan beberapa surat yang masuk akan tertampil pada angka dalam kurung di tulisan pesan masuk.

17 3. Untuk membaca pesan tersebut, kita dapat langsung mengklik kotak masuk, dan klik sekali salah satu dari judul email yang ingin di baca hingga halaman isi surat terbuka. 4. Prosedur membalas pesan yang kita terima sama dengan ketika kita mengirimkan surat atau email. Namun kita tidak perlu mengetikkan alamat email karena secara otomatis sudah tertera disitu jika kita menekan tombol jawab.

18 5. Ketiklah isi surat atau pesan balasan pada kotak yang tersedia. Bila telah selesai kliklah tombol kirim untuk mengirimkan pesan tersebut. d. Mengirimkan file melalui fasilitas attachment di Hotmail (lampiran berkas) Selain mengirimkan dan membalas surat, kita juga dapat mengirimkan file-file lain seperti gambar, tabel dari pengolah, dan sebagainya melalui fasilitas attachment di hotmail. Prosedurnya adalah sebagai berikut. 1. Bukalah browser mozilla firefox kemudian ketiklah URL berikut: http://www.hotmail.com pada kotak addres bar hingga tampil jendela hotmail. Masukkan windows live ID dan password lalu klik tombol sign in. http://www.hotmail.com

19 2. Ikuti prosedur dalam membalas dan mengirimkan surat. Seleai itu semua, kita dapat menyisipkan file, gambar, dan sebagainya dengan cara mengklik file yang akan di kirimkan di lampiran bekas lain(menyisipkan). Jika sudah selesai dan pesan sudah di ketik bisa langsung di klik tombol kirim.

20 SELESAI..


Download ppt "TUGAS TIK HOTMAIL Nama : Siti Maimunah Kelas : IX-4 SMPN 3 TANGERANG Nama : Siti Maimunah Kelas : IX-4 SMPN 3 TANGERANG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google