Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. Aria Narendra 2. Gusti Zain Okta 3. M. Faiz Dzulfiqar 4. M. Abiyyu Mahdy.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. Aria Narendra 2. Gusti Zain Okta 3. M. Faiz Dzulfiqar 4. M. Abiyyu Mahdy."— Transcript presentasi:

1 1. Aria Narendra 2. Gusti Zain Okta 3. M. Faiz Dzulfiqar 4. M. Abiyyu Mahdy

2 Menuntut ilmu bagi umat Islam hukumnya WAJIB

3  Hadits riwayat Ibnu Abdil Bar اُطْلُبُوْاالْعِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنَ فَاِنَّ طَلَبَ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ اِنَّ الْمَلاَئِكَةَ تَضَعُ اَجْنِحَتَهَا لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضًابِمَا يَطْلُبُ  Artinya: “Tuntutlah ilmu walaupun di negeri Cina, karena sesungguhnya menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim. Sesungguhnya para malaikat meletakkan sayap-sayap mereka kepada para penuntut ilmu karena senang (rela) dengan yang ia tuntut. (H.R. Ibnu Abdil Bar)

4 Menuntut ilmu tidak hanya tentang ilmu Akhirat, tetapi ilmu dunia juga harus Seimbang. Untuk masuk surga kita harus belajar ilmu Akhirat. Untuk mendapatkan pekerjaan yang mulia dan baik kita harus menguasai ilmu Dunia.

5  Hadits tentang pernyataan tersebut مَنْ اَرَادَالدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ وَمَنْ اَرَادَالاَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ وَمَنْ اَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالَعِلْمِ  Artinya: “Barangsiapa menghendaki kehidupan dunia maka dengan ilmu, dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat maka dengan ilmu, dan barangsiapa yang menghendaki keduanya (kehidupan dunia dan akhirat) maka dengan ilmu.”

6  Menuntut ilmu tidak mengenal usia.  Dari yang tua, muda, hingga balita wajib menuntut ilmu.

7  Hadits dari pernyataan tersebut اُطْلُبُوْاالْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ اِلَى اللَّحْدِ  Artinya: “Tuntutlah ilmu mulai dari buaian sampai liang lahat.”

8  Menuntut ilmu tidak hanya wajib, tetapi juga memudahkan jalan agar orang yang menuntut ilmu masuk SURGA

9  Hadits dari pernyataan tersebut مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا اِلَى الْجَنَّةِ ـ رواه مسلم  Artinya: “Barang siapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim).

10  Selain menuntut ilmu ada yang tidak kalah penting, yaitu cara berpakaian.  Pakaian adalah nikmat Allah untuk melindungi badan manusia, menutup aurat mereka dan juga sebagai perhiasan bagi mereka.

11  Surat an-Nahl ayat 81  Dan Allah menjadikan bagimu tempat bernaung dari apa yang telah Dia ciptakan, dan Dia jadikan bagimu tempat-tempat tinggal di gunung-gunung, dan Dia jadikan bagimu pakaian yang memeliharamu dari panas dan pakaian (baju besi) yang memelihara kamu dalam peperangan. Demikianlah Allah menyempurnakan ni'mat-Nya atasmu agar kamu berserah diri (kepada-Nya).

12  Ada beberapa jenis pakaian Dalam ayat 26 dari surat al-A’raf, ada tiga jenis pakaian yang disebut oleh Allah: 1. Pakaian untuk menutup aurat 2. Pakaian untuk perhiasan 3. Pakaian takwa

13  Surat al-A’raf ayat 26 يَابَنِي ءَادَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآتِكُمْ وَرِيشًا وَلِبَاسُ التَّقْوَى ذَلِكَ خَيْرٌ ذَلِكَ مِنْ ءَايَاتِ اللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ “Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat”. (al- A’raf:26).

14 Laki-lakiPerempuan Menutupi aurat Tidak menampakkan bentuk auratTidak berbahan tipis Tidak menyerupai pakaian wanitaTidak menampakkan bentuk tubuh Tidak berlebihan apalagi untuk sombong Tidak terbuat dari kain suteraTidak menyerupai pakaian pria Tidak menyerupai pakaian kaum kafir Tidak memiliki hiasan atau corak yang menarik pandangan pria Syarat-syarat berpakaian


Download ppt "1. Aria Narendra 2. Gusti Zain Okta 3. M. Faiz Dzulfiqar 4. M. Abiyyu Mahdy."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google