Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TEKNIS PERJALANAN UMROH. K EBERANGKATAN Aktifkan Paket Roaming HP (bila memerlukan) Kuala Lumpur: Tiba di LCCT Airport Bila tidak mengaktifkan paket roaming,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TEKNIS PERJALANAN UMROH. K EBERANGKATAN Aktifkan Paket Roaming HP (bila memerlukan) Kuala Lumpur: Tiba di LCCT Airport Bila tidak mengaktifkan paket roaming,"— Transcript presentasi:

1 TEKNIS PERJALANAN UMROH

2 K EBERANGKATAN Aktifkan Paket Roaming HP (bila memerlukan) Kuala Lumpur: Tiba di LCCT Airport Bila tidak mengaktifkan paket roaming, maka sebelum Imigrasi dapat membeli kartu lokal seharga: RM Jemaah yang di kursi roda, turun terakhir dari pesawat karena menunggu dari pihak airline menjemput dengan kursi roda. Sebelum Imigrasi ada Toilet/ Tandas bila memerlukannya. Mengantri di Imigrasi dengan paspor masing-masing. Mengambil bagasi masing2 dengan kereta karena tidak adanya Porter di sana Menyerahkan Passpor di Bus kepada Tour Leader. City Tour dan Makan siang Menuju KLIA untuk meneruskan perjalanan ke Medinah

3 K EDATANGAN (M EDINAH ATAU M EKKAH ) Sebelum turun pesawat, siapkan paspor dan kartu kedatangan dan bersiap ke Imigrasi Kartu kedatangan sudah diisi oleh tim uda CS, hanya nomer pesawatnya yang terkadang belum tercatat. Mohon dicek dan diisi. Yang memerlukan muhrim harap bersama-sama pada saat pemeriksaan imigrasi. Memegang paspor terus, karena setelah imigrasi, mengambil bagasi, sampai keluar, ada beberapa pemeriksaan visa dan paspornya. Menghitung bagasi group, apa sudah lengkap. Kumpulkan paspor kepadaTour Leader/ Mutawiff di Bus. Membawa spanduk untuk berfoto tiap Ziarah Luar Bila kekurangan sesuatu di hotel, bisa langsung minta pada Receptionis Hotel.

4 Selalu melihat papan pengumuman di Lobby Bawah ataupun di tempat makan. Selalu ON TIME SIM Card local bisa beli kepada petugas makan Menukarkan uang bisa dengan orang hotel atau minta tolong Ustad Nawawi. Namun sebaiknya real ditukar di Padang, karena money changer di Mekkah agak sulit dicapai, dibanding di Medinah. HARGA TIDAK STABIL. Laundry, bisa di Hotel ataupun di seberang hotel. Per potong kurang lebih 5 real. Melihat JADWAL MAKAN PAGI, SIANG dan MALAM Mengunci koper bila ada barang berharga. Atau barang berharga dibawa saja. PIHAK HOTEL DAN UDA CS HOLIDAYS TIDAK BERTANGGUNGJAWAB ATAS KEHILANGAN BARANG DI KAMAR ATAUPUN DIMANA SAJA.

5 K EPULANGAN DARI (M EDINAH ATAU M EKKAH ) Sebelum Tawaf Wada bila di Mekkah atau Perpisahan di Nabawi bila di Medinah, siapkan Bagasi di depan kamar dengan sudah terkunci. Memeriksa zam2 masing2 di Lobby Hotel Membawa masing-masing tentengan yang berisi barang berharga. Bagasi dan Zam2 akan dimasukkan ke bus oleh PORTER/Bellboy, jemaah hanya memastikan apa bagasinya sudah ada di bawa dan dimasukkan ke bus. Sesampai di airport, pastikan barang2 masing2 dan akan dibawa oleh Porter airport. Tidak berat2 membawanya.

6 K EDATANGAN DI K UALA L UMPUR Setibanya di Kuala Lumpur, melewati imigrasi di KLIA Melihat pengumuman di MONITOR TV di Belt mana bagasi kita berada. Zam2 akan ada di Belt ujung, khusus zam2. Mengambil kereta untuk tempat bagasi. Tidak ada Porter di KLIA. Mengambil bagasi duluan, baru mengambil zam2. Ambil zam2 yang ada nama kita masing2 dengan stiker CS Holidays, jangan mengambil punya orang. Setelah selesai, bersama2 grup, keluar untuk menemui Guide CS Holidays, menuju ke lantai 1 tempat bus berada dengan lift. Zam2 dan koper yang tidak akan dibuka lagi, TIDAK PERLU diturunkan dari Bus. Bawa turun ke hotel, perlengkapan untuk 1 hari menginap saja (tas kecil)

7 K EPULANGAN KE P ADANG Siap jam pagi di Lobby hotel Jam menuju LCCT Menurunkan barangnya masing2 dari bas dan mengambil kereta untuk membawa barangnya. Check in menurut kode bookingnya. Akan diatur oleh Tour Leader. Check in di counter R27-R39 Setelah bagasi check in, zam2 diberi stiker kemudian zam2 diantar ke R 70 untuk check in. Menuju Imigrasi, PASTIKAN 1 orang 1 tas dengan berat 7 kg Sampai di Padang, mengambil barang masing2.(Bebas dengan porter atau tidak, dengan biaya sendiri2) Disambut oleh Tim uda CS Holidays di Padang.

8 O BAT - OBATAN Obat-obatan pribadi Obat Alergi Obat flu Tolak Angin Adem sari Obat Batuk Counter Pain/Balsem Obat Maag ( Kalau ada masalah) Obat Tetes Mata Obat Antibiotik yang sudah biasa dipakai untuk Batuk, Pilek dan Radang Tenggorokan (menghindari ketidakcocokan atau alergi obat)

9 SITUASI KAMAR Luas kamar adalah standard, bukan seperti hotel-hotel biasa di negara lain. Apalagi harus dishare berdua, bertiga atau ber empat. Harga tanah lebih mahal daripada harga emas di sana. Hotel Mekkah cukup besar, Hotel Medinah memang sedikit lebih kecil.

10 P ERLENGKAPAN J EMAAH Koper: Harap cek ada stiker CS Holidays, Nama, Foto, No passport dan NO HP yang bisa dihubungi (kalau hilang akan mudah ditemukan) Tas kecil: Harap cek ada: Nama, Foto, No passport dan NO HP yang bisa dihubungi (kalau hilang akan mudah ditemukan) Mukena (Wanita) Ihrom dan Ikat Pinggang Buku Panduan HARAP DICEK BILA ADA KERUSAKAN, uda CS TIDAK BERTANGGUNGJAWAB BILA SUDAH DI IBADAH UMROH

11 PERLENGKAPAN PENTING Botol Minum (untuk membawa air zam2 24 jam) Masker Topi

12 KURSI RODA Bila Sholat memerlukan bangku, ada bagusnya bawa sendiri, atau kalau mau beli di sana di Bindawood Kursi Roda: Harap dilaporkan dari sekarang dan ketika sampai, harus selalu lapor kepada Tour Leader atau Ustad di sana. Bila sama sekali sulit jalan, disarankan untuk membawa kursi roda sendiri Kursi roda BUKAN door to door. Bila di airport, diberikan setelah check in. Dan Jalan agak jauh. Dari pesawat diberikan sampai tempat bagasi/ luar. Kalau memakai punya kami di Mekkah dan Madinah harap mengingatkan Mutawif di sana.

13 Pemakaian kursi roda milik CS Holidays adalah GRATIS. Bila pada saat UMROH, mendaftar kepada Mutawif untuk JASA DORONG, maka biaya adalah 300 Riyal( harga dapat berubah sesuai dengan ketentuan ). Dimana jasa tersebut dari Hotel sampai selesai Umroh. Bila tidak Umroh atau tidak meminta jasa dorong, maka pihak keluarga dapat memakai kursi roda secara gratis dan mendorongnya. Biaya Service Dorong Tawaf Wida: 200 Riyal, harap memesan 2 hari sebelum Tawaf Wida kepada Mutawiff atau petugas CS di ruang makan.

14 SELALU…. Melihat pengumuman di ruang makan atau Lobby, jadwal Ziarah Bertanya dengan Tour Leader atau Mutawiff bila ada masalah atau kebingungan Mendengarkan instruksi Mutawif atau Tour Leader tentang jadwal2 ziarah. Misal bila jadwalnya hanya makan, dan tidak jalan2, jangan sampai jalan2, tidak makan dan akhirnya jadwal jadi terlambat. Terutama pada saat harus ke aiport. PERUBAHAN JADWAL DAPAT TERJADI SEWAKTU-WAKTU KARENA ITU SELALU MEMBACA PENGUMUMAN DAN CEK DENGAN MUTAWIF ATAU TOUR LEADER

15 H ANDPHONE Bila tidak ada paket roaming, maka pakailah paket lokal, baik di KL maupun di Mekkah Medinah Jangan membeli kartu telpon di airport. Bertanyalah kepada para Mutawif dimana bisa membeli kartu telpon Jangan lupa bila memori no telpon anda tersimpan di memori kartu, karena akan ganti kartu, maka pindahkanlah no telpon penting ke memori Handphone

16 BAGASI DAN TAS CABIN KOPER JANGAN DIIKAT TALI, karena akan dipotong di Jeddah atau Medinah. Mungkin lebih baik Belt Koper atau pita. Air asia: Pdg-KL: 15kg, tas cabin 1 Buah per orang dengan berat: 7 kg MAX Malaysian Air: KL-Jeddah/Madinah-KL: 20 kg/orang Air Asia: KL-Padang: 20 kg, tas cabin 7 kg MAX Bila akan menambah karena rencana berbelanja, daripada overweight, di Jeddah bisa 90 riyal per kg dan di air asia bisa 40 ringgit per kg, maka sebaiknya barang di CARGO kan. Bisa minta pertolongan para mutawif di sana. Ke padang 15 riyal per kg atau 5 Riyal per kg ke Jakarta Mohon perhatikan barang bawaan anda, terutama tas Cabin

17 I BADAH U MROH Umroh yang diberikan dengan bimbingan adalah: 3 x, yaituL Umroh wajib pertama Umroh kedua (Mikot di Ja’ronnah) 1 Mutawif Umroh ketiga (Mikot di Hudaibiyah) 1 Mutawif Umroh selanjutnya bisa dilakukan pada saat luang, harap meminta kepada TL ataupun Mutawif kami Bila naik taxi, bisa isi 4-5 orang, biaya 50 riyal/Taxi. Bila naik Van, isi orang, biaya per orang 10 riyal. Disarankan ramai2 berjanjian untuk Umroh bebas ini Umroh bebas ini TIDAK ditemani oleh Mutawif, dilakukan sendiri2.

18 Z IARAH E XTRA KE JEDDAH Bagi Bapak/Ibu yang mau Ziarah Extra ke Jeddah untuk belanja, dapat menyewa kendaraan, dan pengeluaran tersebut adalah tanggungjawab dari Jemaah.Bila memakai Van isi 15 orang, biayanya adalah 600 riyal PP. Barang dapat dikirim via Cargo. Harap menghubungi Mutawif kami di sana. Bila ingin ditemani oleh Mutawif, maka biaya extranya adalah 150 Riyal, dan dapat diberikan langsung kepada Mutawif ( di luar Tip dll)

19 PENGELUARAN YANG MENJADI TANGGUNGAN PRIBADI Telepon/fax Minibar di hotel Laundry/ dry Cleaning Segala jenis tambahan (program tour, makan, minuman, dll) di luar program yang dijadwalkan atau yang tidak termasuk dalam program tour umroh Kelebihan bagasi, denda, dam dan lain sebagainya Kebiasan memberikan tips kepada pengemudi, pemandu wisata setempat, Tour leader, porter hotel, dan waiter.

20 AIR ZAM ZAM Diberikan Sebanyak 10 liter Diberikan di Mekkah atau Medinah (tergantung pada tempat kepulangan terakhir), BUKAN LANGSUNG dikirim ke Padang. Akan diberikan stiker CS Holidays dengan nama masing-masing. Mengecek masing2 miliknya untuk dibawa dan di cek in kan, Kadang zam2 bocor, rusak ataupun tidak ketemu. Mohon keikhalasan masing2 karena di luar kuasa Travel. Kalau mau dapat dibeli di kantor bila persediaan masih ada.

21 S URAT K ONTRAK J EMAAH Diharapkan sebelum mengambil peralatan dan sebelum berangkat Jemaah menandatangani Kontrak, mengenai perlengkapan dan segala sesuatu yang menyangkut proses Ibadah Umroh. Ditujukan untuk para Jemaah mengetahui peraturan dan proses agar ke depannya dapat menjadi lebih lancar.

22 TERIMA KASIH DARI KAMI UDA CS TRAVEL KOMPLEK PANGERAN BEACH JL IR JUANDA NO 79. TEL: LAMAN WEB:

23


Download ppt "TEKNIS PERJALANAN UMROH. K EBERANGKATAN Aktifkan Paket Roaming HP (bila memerlukan) Kuala Lumpur: Tiba di LCCT Airport Bila tidak mengaktifkan paket roaming,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google