Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sebelum menjalaninya ingat: 1. Niatkan pembuatan Akte ini untuk kebaikan bukan untuk kejelekan. 2. Mulailah hari-hari menjalaninya dengan BASMALAH dan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sebelum menjalaninya ingat: 1. Niatkan pembuatan Akte ini untuk kebaikan bukan untuk kejelekan. 2. Mulailah hari-hari menjalaninya dengan BASMALAH dan."— Transcript presentasi:

1

2 Sebelum menjalaninya ingat: 1. Niatkan pembuatan Akte ini untuk kebaikan bukan untuk kejelekan. 2. Mulailah hari-hari menjalaninya dengan BASMALAH dan berdoa ketika keluar rumah Anda. 3. Baca slide ini mudah-mudahan sedikitnya memberi gambaran untuk Anda. DAPAT DIUNDUH DI :

3 TAHAPAN-TAHAPANNYA : 1. PERSIAPAN 2. PENGAJUAN 3. PERSIDANGAN 4. FINISING PROSES PEMBUATA AKTE KELAHIRAN UNTUK ANAK USIA 1 TAHUN KEATAS (ISTIMEWA)

4 A. PERSIAPAN BERKAS B. PENGECAPAN/ PELEGALISIRAN

5 1. SURAT KELAHIRAN DARI DESA SETEMPAT, BAGI YANG BELUM PUNYA. (ASLI) 2. KARTU KELUARGA, (COPY) 3. SURAT NIKAH ORTU, (COPY YANG TERCANTUM IDENTITAS KEDUA MEMPELAINYA) 4. KTP ORTU (& KTP YANG BERSANGKUTAN, JIKA INGIN MENGURUS SENDIRI DAN UMUR SUDAH DIATAS 21 TAHUN), (COPY) 5. IJAZAH/ STTB YANG AKAN DIBUAT AKTE, JIKA PERNAH MENGIKUTI UJIAN NASIONAL DI TINGKAT MANAPUN(COPY) 6. 6 LEMBAR “MINIMAL” MATERAI Rp.6000,-, (ASLI ATUH !)

6  TEMPELKAN SETIAP MATERAI KE BERKAS COPIAN DARI MULAI KK, KTP DLL. UNTUK BEBERAPA KTP BISA DI SATU LEMBARKAN DAN DI TEMPEL 1 MATERAI. DAN INGAT !, MATERAINYA JANGAN DITEMPEL PAS MUKA !. AH......AH  SETELAH DITEMPEL, BAWALAH KE KANTOR POS UNTUK DI CAP POS (HATI-HATI KEPALU JANGAN DEKAT-DEKAT). “BERARTI BELI MATERAINYA BISA SEKALIAN DI KANTOR POS”  SISAKAN 1 ATAU 2 MATERAI UTUH UNTUK BERKAS DI KANTOR PENGADILAN NEGERI.

7 SELESAI TAHAP PERTAMA, TINGGAL TAHAP KE DUA

8  PERGI KE PENGADILAN NEGERI NGONG NGONG , EEE TTT, JANGAN LUPA BERKASNYA ! JANGAN SAMPAI KETINGGALAN !

9 1. MASUKLAH DENGAN SOPAN, 2. CARI PAPAN NAMA RUANG “PANMUD PERDATA” 3. MASUK DENGAN SALAM, DAN BILANG MAU MENGAJUKAN SIDANG AKTE KELAHIRAN. PANMUD PERDATA SH

10  SERAHKAN PERSYARATAN DAN SAMPAIKAN SIAPA SEBAGAI PENGAJU, BERAPA ORANG YANG AKAN DI BUATKAN AKTE.  SETELAH ITU, ANDA AKAN DIBUATKAN SURAT PERMOHONAN DAN SURAT KUASA JIKA DIBUTUHKAN.  JIKA ANDA DIBUATKAN SURAT KUASA BERARTI ANDA AKAN BERURUSAN DENGAN “PANMUD HUKUM” DAN AKAN DITUNJUKAN OLEH PANMUD PERDATA  MEMBAYAR UANG SIDANG. “BESARNYA DISESUAIKAN DENGAN RADIUS DAERAH MASING-MASING !.” JADI SEMAKIN JAUH DAERAH ANDA DENGAN PENGADILAN NEGERI, SEMAKIN MAHAL BIAYA YANG HARUS ANDA BAYAR. KARENA PIHAK PENGADILAN AKAN DATANG KE RUMAH PENGAJU UNTUK MEMBERIKAN SURAT PANGGILAN SIDANG AKTE !.  SAMPAI DISINI, MINTALAH KONTAK PANMUD PERDATA SUPAYA ANDA LEBIH LELUASA UNTUK KEPENGURUSAN AKTE INI.  JARAK ANTARA PENGAJUAN DENGAN PANGGILAN SIDANG ± EMPAT HARI.

11  MEMBAWA SURAT KUASA DAN PENDUKUNG YANG LAIN YANG DISIAPKAN OLEH PANMUD PERDATA ATAU KITA SENDIRI SEPERTI: SURAT KETERANGAN HUBUNGAN FAMILI DARI DESA/ YANG LAIN.  MENUNGGU PENANDATANGANAN BERKAS DARI PANMUD HUKUM OLEH PENGAJU.  BERKAS AKAN DI COPY DAN AKAN DI URUS OLEH PIHAK PANMUD HUKUM/ OLEH KITA.  NANTI AKAN ADA BERKAS YANG HARUS DISERAHKAN KEMBALI KE PANMUD PERDATA.

12 SELESAI TAHAP KEDUA, TINGGAL TAHAP KE TIGA

13  PERSIDANGAN DILAKUKAN SETELAH DATANG SURAT PANGGILAN, YANG ISINYA PANGGILAN UNTUK SIDANG.  YANG HARUS DI PERHATIKAN DALAM ACARA INI ANTARA LAIN : ADALAH

14 1. MEMBAWA BERKAS-BERKAS ASLI DARI COPIAN BERKAS YANG DI BERIKAN KE PANMUD PERDATA. INGAT-INGAT LAGI YA !!! 2. MENDATANGKAN 2 SAKSI. SAKSI MINIMALNYA MENGETAHUI : A. NAMA, WAKTU DAN TTL YANG AKAN DI BUATKAN AKTENYA B. MENGETAHUI WAKTU PERKAWINAN ORANGTUA YANG AKAN DIBUATKAN AKTENYA. 3. SAKSI BISA DARI KERABAT ATAU ORANG LAIN. 4. SAKSI JANGAN LUPA BAWA IDENTITAS, KTP/ SIM.

15  SIDANG DI PIMPIN OLEH HAKIM KETUA.  PENGAJU AKAN DIAJAK BICARA TERLEBIH DAHULU, TENTUNYA SETELAH SIDANG DIMULAI DAN DI KETUK PALU.  SELANJUTNYA SAKSI AKAN DI AMBIL SUMPAH ATAS KESAKSIANNYA, INGAT SUMPAH HANYA BOLEH DENGAN NAMA ALLAH TA’ALA !.  JIKA TIDAK ADA PERBEDAAN PENULISAN NAMA DAN ANGKA- ANGKA DALAM BERKAS ASLI DENGAN COPIAN ATAU DENGAN KESAKSIAN, INSYAALLAH AKAN MUDAH DAN LANCAR.  SIDANG MINIMAL BERJALAN ½ JAM (30 MENIT).  SETELAH ITU SIDANG DITUTUP DAN DIPERSILAHKAN KELUAR, INGAT, KELUAR SETELAH DI KETUK PALU PENUTUPAN ATAU TUNTASNYA SIDANG JIKA TIDAK ADA MASALAH!.

16  TUGAS SAKSI TELAH SELESAI, DAN BISA PULANG TINGGAL PENGAJU YANG BERPERAN.  IDENTITAS SAKSI AKAN DI COPY ATAU DI DOKUMENTASIKAN OLEH PIHAK PENGADILAN.  MENUNGGU SURAT PENETAPAN DARI PENGADILAN UNTUK DIBUAT AKTE KE KANTOR CAPIL. HAL INI,BISA LANGSUNG ATAU MENUNGGU SELAMA SATU MINGGU.  JIKA SUDAH ADA, TINGGAL KE KANTOR CAPIL KABUPATEN SETEMPAT.

17 SELESAI TAHAP TIGA, TINGGAL TAHAP KE EMPAT

18 HATI...HATI...DI JALANNYA, TETAP TAATI RAMBU-RAMBU LALULINTAS!!!.

19 A. PERSIAPAN BERKAS B. PENANDATANGANAN

20 1. FOTO COPY BERKAS (yang diberikan ke Panitera Perdata dan ditambah surat penetapan dari pengadilan). 2. BILA AKTE YANG DIAJUKAN LEBIH DARI 1, DAN PENETAPAN DARI PENGADILAN PASTI SATU SAJA, MAKA PENETAPAN DI COPY SEJUMLAH AKTE YANG AKAN DI BUAT DAN SUDAH TERDAFTAR PADA PENETAPAN DARI PENGADILAN; BEGITU JUGA BERKAS-BERKAS YANG LAIN COPYANNYA SEJUMLAH AKTE YANG AKAN DIBUAT. PERHATIAN: BERKAS UNTUK INI TIDAK PERLU DI LEGALISIR ATAU DITEMPEL MATERAI SEPERTI KE PANITERA PERDATA DI PENGADILAN. DAN BERKAS ASLI SEPERTI SURAT KELAHIRAN DARI DESA ITUPUN CUKUP DI FOTOCOPY SAJA.

21  DILAKUKAN SETELAH PERSYARATAN DIPERIKSA KESAMAAN EJAAN/ ANGKA-ANGKA DLL.  SETELAH INI JIKA PERSYARATAN DI TERIMA, ANDA AKAN DISURUH MENDATANGKAN SAKSI PENGAJUAN. KALAU TIDAK, ANDA CUKUP BAYAR Rp ,00 PER AKTE.  ANDA AKAN DI BERI SURAT PENGANBILAN AKTE KAPAN AKTE SELESAI. BIASANYA ± 14 HARI DARI PENANDATANGANAN/ DITENTUKAN TANGGALNYA OLEH PIHAK KANTOR CAPIL.

22  PROSES PEMBUATAN AKTE ANDA SELESAI.  TINGGAL MENUNGGU AKTE ANDA DIBUATKAN. CATATAN : DI KANTOR CAPIL TIDAK ADA PUNGUTAN BIAYA KECUALI BIAYA SAKSI. AWAS KARTU PENGAMBILAN ANDA JANGAN SAMPAI HILANG !. SLIDE INI BISA DI UNDUH DI


Download ppt "Sebelum menjalaninya ingat: 1. Niatkan pembuatan Akte ini untuk kebaikan bukan untuk kejelekan. 2. Mulailah hari-hari menjalaninya dengan BASMALAH dan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google