Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bentuk kota. Definisi Kota Definisi definisi klasik; Sebuah kota adalah suatu pemukiman yang relatif besar, padat dan permanen, terdiri dari kelompok.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bentuk kota. Definisi Kota Definisi definisi klasik; Sebuah kota adalah suatu pemukiman yang relatif besar, padat dan permanen, terdiri dari kelompok."— Transcript presentasi:

1 Bentuk kota

2 Definisi Kota Definisi definisi klasik; Sebuah kota adalah suatu pemukiman yang relatif besar, padat dan permanen, terdiri dari kelompok individu individu yang heterogen dari segi sosial. Amos Rapoport mengutip Jorge E. Hardoy yang menggunakan 10 kriteria secara lebih spesifik untuk merumuskan kota sbb; 1.Ukuran dan jumlah penduduknya yang besar terhadap massa dan tempat 2.Bersifat permanen 3.Kepadatan minimum terhadap massa dan tempat 4.Struktur dan tata ruang perkotaan seperti yang ditunjukan oleh jalur jalan dan ruang ruang operkotaan yang nyata 5.Tempat dimana masyarakat tinggal dan bekerja 6.Fungsi perkotaan minimum yang diperinci, yang meliputi sebuah pasar, sebuah pusat administratif atau pemerintahan, sebuah pusat militer, sebuah pusat keagamaan atau sebuah pusat aktifitas intelektual bersama dg kelembagaan yg sama 7.Heterogenitas dan pembedaan yg bersifat hirarkis pada masyarakat 8.Pusat ekonomi perkotaan yg menghubungkan sebuah daerah pertanian di tepi kota dan memproses bahan mentah untuk pemasaran yg lebih luas 9.Pusat pelayanan (servis) bagi daerah daerah lingkungan setempat 10.Pusat penyebaran, memiliki suatu falsafah hidup perkotaan pada massa dan tempat itu

3 Menurut Amos Rapoport, perumusan perumusan yg agak luas ini telah menuntun ke arah argumentasi yg lebih jauh daripada sekedar definisi definisi klasik yg hanya cocok dg kota kota modern di Eropa dan beberapa kota lainnya. Menurutnya, definisi tsb dianggap masih belum sesuai. Mis: perkampungan besar di Cina, Kamboja dan Jawa yg sama dg perkampungan di di Mesir pada masa lampau atau di Yunani pd masa pra-klasik tidak dpt dirumuskan dg definisi tsb.


Download ppt "Bentuk kota. Definisi Kota Definisi definisi klasik; Sebuah kota adalah suatu pemukiman yang relatif besar, padat dan permanen, terdiri dari kelompok."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google