Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Isu & Kebijakan Perkotaan Definisi kota Fungsi kota Mengapa kota dipelajari?

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Isu & Kebijakan Perkotaan Definisi kota Fungsi kota Mengapa kota dipelajari?"— Transcript presentasi:

1 Isu & Kebijakan Perkotaan Definisi kota Fungsi kota Mengapa kota dipelajari?

2 Kota di Indonesia di bentuk oleh kampung-kampung, yg mengalami perubahan adalah fisiknya sementara yg tetap isinya. Definisi administratif : suatu kota dianggap kota bila memiliki status yg berdasar administratif (ditetapkan dg UU) mempunyai status kota Definisi fungsional : suatu wilayah dianggap kota karena mempunyai interaksi sosial, politik, ekonomi yg intensif

3 Fungsi kota, digunakan oleh manusia sebagai ; Tempat kerja (work) terkait dengan pusat industri Tempat kerja (work) terkait dengan pusat industri Temapt tinggal (life) Temapt tinggal (life) Pusat perdagangan Pusat perdagangan Tempat pelayanan Tempat pelayanan Tempat transit (saat akan pergi) Tempat transit (saat akan pergi) Pusat investasi Pusat investasi Tempat arena politik Tempat arena politik

4 Mengapa kota dipelajari ? Karena kota melalui fungsinya dpt dijadikan barometer dari suatu negara (terlihat dari dinamika suatu kota) Kota itu khas, maka perlu pengelolaan yg berbeda dari pemerintah kabupaten, hal ini mengingat sifat heterogen kota. Kota di negara maju merupakan pengembangan dari real estate yg tertata & dirancang Sementara itu kota di negara berkembang,merupakan daerah alami yg kemudian berkembang

5 Pertumbuhan perkotaan natural increase (pertumbuhan alamiah) natural increase (pertumbuhan alamiah) Kota yang dihuni mayoritas penghuni muda dgn tingkat reproduksi yg tinggi, rata-rata pertumbuhan penduduk mencapai 3-4% per tahun. Migrasi masuk Migrasi masuk Perpindahan dari luar kota masuk ke kota. Menunjukkan adanya daya tarik kota. Aneksasi/reklasifikasi Aneksasi/reklasifikasi Perubahan batas wilayah administrasi (perluasan kota) menyebabkan kuantitas penduduk bertambah secara mendadak.

6 Studi perkotaan merupakan disiplin, bukan ilmu perkotaan (gabungan dari berbagai ilmu/multidisiplin) Di negara berkembang yg menjadi motivasi urbanisasi adalah ledakan penduduk (population explotion), urbanisasi lebih didorong oleh kesengsaraan yg diakibatkan banyak jumlah anak.

7 Urbanisasi & pertumbuhan kota Definisi urbanisasi: Definisi urbanisasi: Gunnar myrdal menyatakan : proses migrasi yg besar akan membahayakan penduduk pedesaan, karena tenaga muda akan terserap ke kota & tdk ada lagi yg terjun ke pertanian Kemiskinan Kemiskinan Yoseph gugler menekankan pada pendekatan neo- populis, jadi teori utama mengentaskan kemiskinan dgn datang ke daerah kantong kemiskinan, baru kemudian memikirkan potensi yg ada Yoseph gugler menekankan pada pendekatan neo- populis, jadi teori utama mengentaskan kemiskinan dgn datang ke daerah kantong kemiskinan, baru kemudian memikirkan potensi yg ada Pertumbuhan ekonomi kota Pertumbuhan ekonomi kota Sektor primer (pertanian) Sektor sekunder (pertambangan) Sektor tersier (pelayanan)

8 Informal ekonomi muncul karena regulasi yg berbelit dari pemerintah, status pelaksana sektor informal biasanya kaum migran yg sangat marginal. Di sektor informal, orang bekerja dengan kualitas yg sama, namun dibayar dgn fee yang kecil. Ini akan menekan cost serendah- rendahnya sehingga harga jual produk lebih murah di tingkat konsumen.

9 Sektor formal sektor informal

10 Spasial dispersal A B C


Download ppt "Isu & Kebijakan Perkotaan Definisi kota Fungsi kota Mengapa kota dipelajari?"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google