Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HUBUNGAN SEJARAH LOKAL DENGAN SUB- DISIPLIN LAINNYA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HUBUNGAN SEJARAH LOKAL DENGAN SUB- DISIPLIN LAINNYA."— Transcript presentasi:

1 HUBUNGAN SEJARAH LOKAL DENGAN SUB- DISIPLIN LAINNYA

2 SUBDISIPLIN SEJARAH LOKAL SUBDISIPLIN SEJARAH LOKAL SEJARAH LOKAL SEJARAH SOSIAL SEJARAH PEDESAN SEJARAH KOTA SEJARAH EKONOMI KEEMPATNYA SANGAT ERAT DENGAN KAJIAN SEJARAH LOKAL KARENA TEMA-TEMA BANYAK MENYANGKUT PERAN KHUSUS DAERAH-DAERAH

3 TITIK TEKAN SEJARAH SOSIAL, PEDESAAN, KOTA, DAN EKONOMI SEJARAH SOSIAL MEMPERHATIKAN ASPEK-ASPEK STRUKTUR MEMPERHATIKAN PROSES DAN INTERAKSI INDIVIDU-INDIVIDU DALAM SUATU KELOMPOK SEJARAH PEDESAAN MENARUH PERHATIAN PADA DINAMIKA KEHIDUPAN MASYARAKAT DI PEDESAAN

4 SEJARAH KOTA PERHATIAN UTAMA ADALAH DINAMIKA KEHIDUPAN KELOMPOK-KELOMPOK MASYARAKAT KOTA SEJARAH EKONOMI MENEKANKAN STUDI TENTANG PERTUMBUHAN KEMAKMURAN MASYARAKAT

5 SEJARAH PEDESAAN DAN SEJARAH LOKAL Batasan sejarah pedasaan yaitu sejarah yang secara khusus meneliti tentang desa atau pedesaan, masyarakat petani, dan ekonomi petani. Batasan sejarah pedasaan yaitu sejarah yang secara khusus meneliti tentang desa atau pedesaan, masyarakat petani, dan ekonomi petani. Sejarah pedesaan adalah bagian dari garapan sejarah lokal. Sejarah pedesaan adalah bagian dari garapan sejarah lokal. Sebenarnya sejarah pedesaan merupakan bagian dari sejarah sosial, karena masalah pedesaan hakekatnya satu aspek dari kehidupan masyrakat secara keseluruhan. Sebenarnya sejarah pedesaan merupakan bagian dari sejarah sosial, karena masalah pedesaan hakekatnya satu aspek dari kehidupan masyrakat secara keseluruhan.

6  Lingkungan ekologis desa serta segala unsur- unsur prasarana desa, seperti jalur komunikasi, irigasi, pasar, dan lainnya.  Menyangkut satuan sosial, seperti keluarga, kelas sosial, kelompok agama dan budaya, serta kelompok etnik.  Organsasi sosial seperti lembaga pemerintahan desa, lembaga keagamaan, lembaga politik, lembaga sosial, lembaga pendidikan, dan sebagainya.  Menyangkut masalah strstifikasi, integrasi, konflik, mibilitas sosial, migrasi, dan hubungan desa-kota.

7 SEJARAH KOTA DAN SEJARAH LOKAl Sejarah kota mengarah pada studi tentang perkembangan kehidupan masyarakat yang ada di suatu lingkungan sustu kota tertentu. Kecenderungan lingkup kajian sejarah kota yang mengarah pada pembatasan lingkup spstial temporalnya menyebabkan sejarah kota berkaitan dengan sejarah lokal. Meskipun pusat perhatian lebih dipusatkan pada lingkungan terbatas, tetapi tidak bisa dilupakan keitannya dengan kehidupan luar, seperti terlihat dari permasalahan urbanisasi.

8 PUSAT PERHATIAN SEJARAH KOTA Beberapa faktor yang perlu diperhatikan, seperti faktor sosio-kultural( kota dalam kaitannya dengan perkembangan suatu kerajaan), faktor perdagangan, faktor jaringan komunikasi, faktor erkembangan pendidikan, faktor urbanisasi, kelompok sosial kota, dan lainnya. Kadang ada juga kota secara tradisional dihuni oleh kelompok-kelompok fungsional dalam masyarakat, seperti Kauman, daerah yang dihuni pejabat-pejabat istana seoarang raja, daerah perkantoran, selanjutnya berkembang kawasan-kawasan industri, dan daerah perumahan baru.

9 SEJARAH EKONOMI DAN SEJARAH LOKAL  Pada dasarnya sejarah ekonomi mempelajari masalah perkembangan ekonomi yang mencakup pertumbuhan, kemandegan, atau kemunduran kehidupan ekonomi suatu masyarakat.  Perhatian lain dari sejarah ekonomi adalah dampak perkembangan ekonomi bagi tingkat kesejahteraan masyarakat, terutama terkait dengan distribusi pendapatan masyarakat.  Pembicaraan sejarah kota, sejarah desa, atau sejarah sosial pada umumnya telah menyinggung pula bidang sejarah ekonomi.

10  Khususnya studi sejarah ekonomi mikro bisa dalam konteks keseluruhan lokalitas atau hanya mengambil satu unit yang lebih terbatas seperti satu dunia usaha tertentu, satu lingkungan keluarga, satu kelompok pekerjaan tertentu.


Download ppt "HUBUNGAN SEJARAH LOKAL DENGAN SUB- DISIPLIN LAINNYA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google