Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANON KURNIAWAN, 1550405081 PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANON KURNIAWAN, 1550405081 PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG."— Transcript presentasi:

1 ANON KURNIAWAN, PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : ANON KURNIAWAN - NIM : PRODI : Psikologi - JURUSAN : Psikologi - FAKULTAS : Ilmu Pendidikan - anon_kurniawan pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Dra. Tri Esti Budiningsih - PEMBIMBING 2 : Dr. Sri Maryati D., M. Si. - TGL UJIAN :

3 Judul PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

4 Abstrak Perilaku kecurangan akademik (academic cheating) merupakan suatu fenomena yang telah menjadi epidemi pada dunia pendidikan. Perilaku kecurangan akademik ternyata telah menjadi jamak dilakukan dikalangan pelajar yang dilakukan pula oleh berbagai tingkatan pendidikan dari sekolah tingkat dasar hingga jenjang perguruang tinggi. Perilaku kecurangan akademik disinyalir terjadi pula pada kalangan mahasiswa pada jurusan Psikologi Unnes. Lulusan sarjana Psikologi diharapkan memiliki pribadi yang jujur serta kemampuan yang cukup dalam ilmu Psikologi. Maka ketika seorang mahasiswa Psikologi melakukan kecurangan akademik dapat berpotensi kurangnya pemahaman mengenai bidang keilmuannya. Atas dasar tersebut maka perlu adanya peneltian yang membahas perilaku kecurangan akademik yang terjadi pada mahasiswa psikologi Unnes. Penelitian ini bertujuan mengetahui perilaku kecurangan akademik yang terjadi pada mahasiswa Psikologi. Perilaku kecurangan akademik adalah perilaku tidak jujur seperti menipu, memperdaya atau mengecoh pengajar yang dilakukan siswa pada setting akademik. Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk-bentuk perilaku kecurangan akademik yang banyak dilakukan pada mahasiswa Psikologi Unnes pada tahun Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif yang menjabarkan data-data numerikal dengan metode statistik. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa psikologi Unnes tahun angkatan 2010, 2009, 2008 dan 2007 yang dipilih dengan menggunakan metode sampel berstata. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kuisioner yang mengungkap perilaku kecurangan akademik. Kuisioner dikenakan uji coba pada 40 mahasiswa sehingga dari 105 aitem kuisioner digugurkan sebanyak 26 aitem. Penentuan validitas aitem kuisioner dilakukan menggunakan perhitungan product moment yang dilakukan menggunakan SPSS 17 for Windows. Aitem yang termasuk valid adalah aitem yang memiliki korelasi yang signifikan dengan nilai r antara 0,357 hingga 0,836. Reliabilitas kuisioner dihitung dengan SPSS 17 menggunakan perhitungan Cronbach Alpha dengan angka 0,964. Mean perilaku kecurangan akademik subjek berada dalam kategori rendah, sebanyak 58 persen berada dalam kategori sedang dan 42 persen responden berada dalam kategori rendah. Perilaku kecurangan akademik yang paling banyak dilakukan adalah dengan kolaborasi saat dilaksanakan ujian, pemalsuan dan penggunaan materi yang dilarang digunakan. Perilaku kecurangan akademik paling banyak dilakukan pada pelaksanaan ujian. Maka perlu ada pengawasan yang lebih ketat dalam pelaksanaan ujian.

5 Kata Kunci kecurangan akademik, Mahasiswa, Pembelajaran, Psikologi

6 Referensi Anderman Eric M, Murdock Tamera B Psychology of Academic Cheating. London: Elsevier. Antaranews.com 24 Maret Ada 472 Laporan Kasus Ujian Nasional. diunduh dari nasional pada tanggal 30 Maret Antaranews.com. 29 Maret Soal UN SMP di Kota Serang Bocor. diunduh dari pada tanggal 30 Maret Antaranews.com. 4 April Peserta UN yang Pakai Contekan Kini Resah. Diunduh dari contekan-kini-resah pada tanggal 27 April Arikunto Suharsimi Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT Rineka Cipta. Azwar Saifuddin Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. _____________ Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Buskist Handbook of the Teaching of Psychology. Oxford: Blackwell Publishing. Cohen Louis dkk Research Method in Education: Sixth Edition. London: Routledge. Davis, Stephen F dkk Cheating in School : What We Know and What We Can Do. Chicester: Wiley Blackwell. Febriyanti, Rosalina Hubungan Self-Esteem dan Perilaku Academic Dishonesty Mahasiswa FIP UNNES dengan Mediator Peer pressure. Skripsi Universitas Negeri Semarang. Graves M Sharon Student Cheating Habits: A Predictor Of Workplace Deviance. Journal of Diversity Management. First Quarter Kenny Anthony Ancient Philosophy : A New History of Western Philosophy Volume 1. New York: Clarendon Press. Kompas. 3 April Pelaku Kecurangan UN Bertambah. Diunduh dari ambah pada tanggal 27 April Kompas.com. 9 Februari Profesor HI Unpar Diduga Lakukan Plagiat. Lakukan.Plagiat McCabe Donal L, dkk Cheating in Academic Institutions: A Decade of Research. Ethics and Behavior, 11(3), Lawrence Erlbaum Associates, Inc. Moore Brooke Noel, Bruder Kenneth. Philosophy The Power of Ideas. New York: McGraw-Hill Suaramerdeka. 10 April SMA di NTT Diduga Curang Saat UN. di-NTT-Diduga-Curang-Saat-UN Suaramerdeka. 16 April Terbukti Plagiat, Zuliansyah Dipecat dari Calon Dosen ITB. Plagiat-Zuliansyah-Dipecat-dari-Calon-Dosen-ITB Sudibyo Kebiasaan Menyontek PR terhadap Prestasi yang Diraih Seorang Siswa. Jurnal Pendidikan Iswara Manggala, Vol I No. 6, Sukmadinata Nana Syaodih Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Survey Litbang Media Group. 24 April Mayoritas Siswa-Mahasiswa Mencontek. Diunduh dari pada tanggal 29 April Tempointeraktif. 29 Maret Lima Siswa di Bandung Ketahuan Mencontek Jawaban Ujian ,id.html Thomas Murray Moral Development Theories – Secular and Religious. Connecticut: Greenwood. Whitley Bernard E, Keith-Spiegel Patricia Academic Dishonesty: an Educator’s Guide. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc. Whitley Jr Bernard E Factors Associated with Cheating Among College Students. Research in Higher Education, Vol 39, No 3, 1998.

7 Terima Kasih


Download ppt "ANON KURNIAWAN, 1550405081 PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google