Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Stres dan Konseling. Definisi Stres adalah suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi seseorang (Handoko, 1997) Stres.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Stres dan Konseling. Definisi Stres adalah suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi seseorang (Handoko, 1997) Stres."— Transcript presentasi:

1 Stres dan Konseling

2 Definisi Stres adalah suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi seseorang (Handoko, 1997) Stres adalah suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi seseorang (Handoko, 1997) Stres adalah kondisi dinamik yang didalamnya individu menghadapi peluang, kendala, atau tuntutan yang terkait dengan apa yang sangat diinginkannya dan hasilnya dipersepsikan sebagai tidak pasti tetapi penting (Robbins, 2001)

3 Sumber Stres Kondisi yang cenderung menyebabkan stres disebut stressor. Kondisi yang cenderung menyebabkan stres disebut stressor. Menurut Davis dan Newstrom, stres kerja disebabkan : Menurut Davis dan Newstrom, stres kerja disebabkan : 1. Adanya tugas yang terlalu banyak 2. Supervisor yang kurang pandai 3. Terbatasnya waktu dalam mengerjakan pekerjaan.

4 4. Kurang mendapat tanggungjawab yang memadai. 5. Ambiguitas peran. 6. Perbedaan nilai dengan perusahaan. 7. Frustrasi. 8. Perubahan tipe pekerjaan, khususnya jika hal tersebut tidak umum. 9. Konflik peran.

5 Reaksi Karyawan dalam Menghadapi Stres Berdasarkan reaksi terhadap stres dapat dibedakan menjadi dua tipe : Berdasarkan reaksi terhadap stres dapat dibedakan menjadi dua tipe : 1. Karyawan atau orang tipe A, mereka yang agresif dan kompetitif, menetapkan standart tinggi dan menempatkan diri mereka di bawah tekanan waktu. 2. Karyawan atau orang tipe B, mereka yang lebih santai, rileks dan bersikap tenang (easy going).

6 Usaha Untuk Menangani Stress Usaha dalam mengatasi stres bisa ditempuh dengan menangani sebab-sebab yang menimbulkan stres dan mengurangi dampak negatif dari stres. Usaha dalam mengatasi stres bisa ditempuh dengan menangani sebab-sebab yang menimbulkan stres dan mengurangi dampak negatif dari stres. Untuk mengurangi dampak stres pada karyawan dapat dilakukan dengan Konseling. Untuk mengurangi dampak stres pada karyawan dapat dilakukan dengan Konseling.

7 Konseling merupakan salah satu dari beberapa cara untuk mengurangi stres. Menurut Davis dan Newstrom, pendekatan lain yang cocok untuk mengatasi stres kerja adalah : Konseling merupakan salah satu dari beberapa cara untuk mengurangi stres. Menurut Davis dan Newstrom, pendekatan lain yang cocok untuk mengatasi stres kerja adalah : 1. Meditasi 2. Biofeedback 3. Personal wellness

8 Konseling Konseling adalah pembahasan suatu masalah dengan seorang karyawan dengan maksud agar karyawan tersebut dapat mengatasi masalahnya dengan lebih baik. Konseling adalah pembahasan suatu masalah dengan seorang karyawan dengan maksud agar karyawan tersebut dapat mengatasi masalahnya dengan lebih baik. Konseling adalah suatu pertukaran gagasan dan perasaan antara konselor dan yang diberi bimbingan, sehingga merupakan tindakan komunikasi. Konseling adalah suatu pertukaran gagasan dan perasaan antara konselor dan yang diberi bimbingan, sehingga merupakan tindakan komunikasi.

9 Fungsi-Fungsi Konseling Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam konseling disebut fungsi-fungsi konseling. Berbagai fungsi pokok konseling (Davis dan Newstrom) : Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam konseling disebut fungsi-fungsi konseling. Berbagai fungsi pokok konseling (Davis dan Newstrom) : 1.Pemberian nasehat 2.Penentraman hati 3.Komunikasi 4.Mengendurkan ketegangan emosional 5.Penjernihan pemikiran 6.Reorientasi


Download ppt "Stres dan Konseling. Definisi Stres adalah suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi seseorang (Handoko, 1997) Stres."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google