Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANGGORO KURNIAWAN, 6450402060 HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DENGAN KERACUNAN PESTISIDA PADA PETANI PENYEMPROT HAMA DI DESA NGRAPAH.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANGGORO KURNIAWAN, 6450402060 HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DENGAN KERACUNAN PESTISIDA PADA PETANI PENYEMPROT HAMA DI DESA NGRAPAH."— Transcript presentasi:

1 ANGGORO KURNIAWAN, HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DENGAN KERACUNAN PESTISIDA PADA PETANI PENYEMPROT HAMA DI DESA NGRAPAH KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2008

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : ANGGORO KURNIAWAN - NIM : PRODI : Kesehatan Masyarakat - JURUSAN : Ilmu Kesehatan Masyarakat - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan - v4ginezz pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs. bambang Budi R,M. Si - PEMBIMBING 2 : Arum Siwiendrayanti, SKM - TGL UJIAN :

3 Judul HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DENGAN KERACUNAN PESTISIDA PADA PETANI PENYEMPROT HAMA DI DESA NGRAPAH KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2008

4 Abstrak Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah hubungan penggunaan alat pelindung diri terhadap keracunan pestisida pada petani penyemprot hama di Desa Ngrapah Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat pelindung diri terhadap kejadian keracunan pestisida pada petani penyemprot hama di Desa Ngrapah Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode survei dan pendekatan crosssectional Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petani penyemprot hama sejumlah 280 orang. Sampel yang diambil sejumlah 41 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) Tintometer kit dengan metode edson, 2) Kuesioner. Data dari penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukan 63,4% umur petani >35 Tahun, 73,2% menyemprot >3 jam, 85,4% tidak pakai masker, 97,6% tidak pakai sarung tangan, dan 82,9% masa kerja lama ≥5 tahun. Hasil analisis bivariat menunjukan bahwa yang berhubungan dengan keracunan pestisida pada petani adalah penggunaan masker (p=0,004) dan penggunaan sarung tangan (p=0,086). Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diajukan bagi petani penyemprot hama supaya menggunakan masker, bagi instansi kesehatan diharapkan agar para petugas di instansi-instansi kesehatan lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan program penyehatan lingkungan, bagi peneliti lain diharapkan adanya penelitian lebih lanjut terhadap hubungan penggunaan alat pelindung diri terhadap keracunan pestisida pada petani penyemprot hama.

5 Kata Kunci Alat Pelindung Diri (APD), Keracunan, Pestisida, Petani Penyemprot Hama

6 Referensi Arikunto, Suharsimi, Dr, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta. Baehaki, Dr, 1993, 2004, Insektisida Pengendalian Hama Terpadu, Bandung: Angkasa. Bekti, Astuti, 2002, Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Keracunan Pestisida Pada Petani Penyemprot Hama di Desa Bumen Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Tahun 2002, Skripsi S-1 Universitas Diponegoro. Cahyono, Budi Achmadi, 2004, Keselamatan Kerja Bahan Kimia di Industri, Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Chada, 1995, Ilmu Forensik, Jakarta: Widya Medika. Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Upaya Kesehatan Kerja Sektor Informal Di Indonesia , 2005, Profil Penyehatan Lingkungan Kabupaten Semarang, Kabupaten Semarang: Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang. Djojo, Sumato Panut, 2000, Teknik Aplikasi Pestisida Pertanian, Yogyakarta: Kanisius. Henk, Ens dkk, Ir. 1991, Dasar Keselamatan Kerja Bidang Kimia dan Pengendalian Bahaya Besar, Jakarta: International Labour Organization. Notoatmodjo, Soekidjo Dr, 2003, Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, Jakarta: PT Rineka Cipta. Novizan, Ir, 2003, Petunjuk Pemakaian Pestisida, Jakarta: Argo Media Pustaka. Rocky Markiano, 2002, Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keracunan Pestisida pada Petani Penyemprot Hama di Desa Pinang Lombang Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhan Batu Sumatra Tahun 2003, Skripsi S-1 Universitas Diponegoro. Sartono, Drs, 2002, Racun Dan Keracunan, Jakarta: Widya Medika. Sastroutomo, S, Soetikno, 1992, Pestisida Dasar-Dasar dan Dampak Penggunaanya, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Soetedjo, Mulyani. Ir Hama Tanaman Keras dan Alat Pemberantasannya. Jakarta: Bina Aksara Sudarmo, Subiyakto,1991, Pestisida, Yogyakarta: Kanisius. Sugiarto, dkk, 2001, Tehnik Sampling, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Tarumingkeng, Rudi, 1992, Insektisida: Sifat, Mekanisme Kerja dan Dampak Penggunaanya, Bogor: Ukrida Press. Wattimena, Yoke R dkk, 1994, Pengantar Toksikologi Umum, Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Wudianto, Rini, 2005, Petunjuk Penggunaan Pestisida, Jakarta: Penebar Swadaya.

7 Terima Kasih


Download ppt "ANGGORO KURNIAWAN, 6450402060 HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DENGAN KERACUNAN PESTISIDA PADA PETANI PENYEMPROT HAMA DI DESA NGRAPAH."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google