Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelompok…. Tidak semua orang-orang yang berkumpul disebut kelompok. Kelompok harus mempunyai tujuan dan organisasi dan ada integrasi dari setiap anggota.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelompok…. Tidak semua orang-orang yang berkumpul disebut kelompok. Kelompok harus mempunyai tujuan dan organisasi dan ada integrasi dari setiap anggota."— Transcript presentasi:

1

2 Kelompok…. Tidak semua orang-orang yang berkumpul disebut kelompok. Kelompok harus mempunyai tujuan dan organisasi dan ada integrasi dari setiap anggota

3 Dua Tanda Kelompok secara Psikologis, yaitu Anggota kelompok merasa terikat dengan kelompok (sense of belonging) Nasib anggota saling bergantung, sehingga hasil setiap orang terkait dalam cara tertentu dengan hasil yang lain.

4 KLASIFIKASI KELOMPOK Dari perspektif psikologis, sosiologi, kelompok dapat diklasifikasikan ke dalam: 1. Kelompok Primer dan kelompok Sekunder 2. In-Group dan Out-group 3. Kelompok keanggotaan dan kelompok Rujukan 4. Kelompok Deskriptif dan kelompok Preskriptif

5 Pengaruh Kelompok pada Perilaku Komunikasi Konformitas/conformity Fasilitas sosial Polarisasi

6 Konformitas/conformity Perubahan perilaku atau kepercayaan menuju norma kelompok sebagai akibat tekanan kelompok, baik secara real maupun hanya bayangan.

7 Fasilitas Sosial Merupakan peningkatan prestasi individu karena disaksikan kelompok.

8 Polarisasi Yang terjadi dalam komunikasi kelompok adalah sebelum diskusi kelompok para anggota mempunyai sikap agak mendukung tindakan tertentu, setelah diskusi mereka akan lebih kuat lagi mendukung tindakan itu.

9 Faktor Situasional yang mempengaruhi kelompok ● Ada 4 faktor situasional yang mempengaruhi efektifitas komunikasi kelompok sebagai berikut: 1. Ukuran kelompok 2. Jaringan komunikasi 3. Kohesi kelompok 4. Kepemimpinan

10 Ukuran Kelompok Dibedakan menjadi 2 kelompok Koaktif dan Interaktif Koaktif: masing-masing anggota bekerja sejajar dengan yang lain, tetapi tidak berinteraksi Interaktif: anggota-anggota kelompok berinteraksi secara terorganisasi untuk menghasilkan produk atau keputusan

11 Jaringan Komunikasi Roda Rantai Y Lingkaran Bintang

12 Faktor Personal yang mempengaruhi Kelompok Kebutuhan Interpersonal Tindak komunikasi Peranan


Download ppt "Kelompok…. Tidak semua orang-orang yang berkumpul disebut kelompok. Kelompok harus mempunyai tujuan dan organisasi dan ada integrasi dari setiap anggota."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google