Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Belajar Bahasa IndonesiA. HIPONIM Kata hiponim berasal dari bahasa Yunani Kuno, yaitu ‘hypo’ yang berarti bawah dan ‘onoma’ yang berarti nama. Secara.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Belajar Bahasa IndonesiA. HIPONIM Kata hiponim berasal dari bahasa Yunani Kuno, yaitu ‘hypo’ yang berarti bawah dan ‘onoma’ yang berarti nama. Secara."— Transcript presentasi:

1 Belajar Bahasa IndonesiA

2 HIPONIM Kata hiponim berasal dari bahasa Yunani Kuno, yaitu ‘hypo’ yang berarti bawah dan ‘onoma’ yang berarti nama. Secara harfiah berarti nama yang termasuk di bawah nama lain.

3 ~ Kata yang maknanya dianggap sebagai bagian dari makna kata lain yang lebih luas. ~ Adanya hubungan semantik antara makna khusus dan makna umum. ~ Merupakan bagian dari hipernim. ~ Kata yang cakupan maknanya lebih sempit.

4 IKAN LELE DUMBOLELE LOKAL PAUSKAKAPLELEBANDENGTUNA (HIPONIM) (HIPERNIM)

5 KENANGA LILIANGGREKMELATIMAWAR BUNGA

6 KUNINGHIJAU BIRUUNGUCOKLAT WARNA (HIPERNIM)

7 ISTILAH ~ Kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu. ~ Istilah-istilah dalam bidang ekonomi, kesehatan, perpustakaan, perfilman, dan sebagainya.

8 Istilah-istilah ekonomi : - produksi - konsumsi - distribusi - devaluasi - inflasi - investor

9 Istilah-istilah kesehatan : - transfusi - imunisasi - inkubasi - sterilisasi

10 Istilah-istilah perpustakaan : - sirkulasi - katalog - buku referensi

11 Istilah-istilah perfilman : - sinetron - sutradara - casting - skenario

12 Latihan soal-soal : 1.Media komunikasi yang digunakan di Indonesia saat ini bermacam-macam. Di antara media tersebut adalah buku, majalah, surat kabar, radio, telepon, film, dan televisi. Hipernim pada paragraf tersebut adalah…. Jawaban : media

13 2. Sebagai petani, Pak Maman tidak mau membiarkan sejengkal tanahnya tidak bermanfaat (1). Oleh karena itu, halaman rumahnya dimanfaatkan untuk berkebun sayuran (2). Di antaranya bayam, kacang panjang, labu, dan terong menghiasi kebunnya (3). Di kolam belakang dipelihara berbagai ikan rumahnya lele, mujair, tawes, dan gurame (5).

14 Kalimat yang menggunakan hipernim pada nomor…. Jawaban : (2) dan (4)

15 3. (1) Kerjasama Kepala Sekolah dan guru- guru sekolahku sangat baik. (2) Kondisi ini, membuat hubungan siswa dan guru juga baik. (3) Guru mata pelajaran, seperti : guru matematika, Fisika, dan Bahasa dapat melaksanakan pembelajaran yang bermutu. (4) Siswa pun dapat belajar dengan aktif dan senang.

16 Kata berhipernim dan berhiponim terdapat pada kalimat…. Jawaban : (3)

17 4. Adikku, Dhea, ingin melengkapi sarana belajar yaitu akan membeli meja belajar. Sementara itu, Ibu menginginkan kursi tamu. Lemari yang diletakkan di sudut ruang pamer merupakan pilihan ayah. Itulah keinginan kami saat kami melihat pameran mebel. Pasangan kata yang berhipernim-hiponim terdapat pada kalimat…. Jawaban : kesatu

18 5. Halaman rumah Dina sangat luas. Halaman itu ditanami berbagai macam tanaman. Di antaranya terdapat pohon…. Begitu pula tanaman yang lainnya seperti bunga…dan lain sebagainya. Hiponim untuk melengkapi paragraf tersebut adalah…. a. mawar, durianb. nangka, melati c. sakura, sawod. tulip, apel

19 6. Hari Minggu keluarga Pak Sumardi pergi ke kebun binatang. Mereka melihat singa, kuda nil, gajah, kijang, dan lainnya. Setelah berkeliling, mereka beristirahat sambil makan jeruk di dekat taman bunga. Hipernim dalam paragraf tersebut adalah…. Jawaban : binatang dan bunga U N ‘06

20 7. Banyak objek wisata yang ditawarkan Lombok. Selain Pantai Senggigi yang terkenal, ada tiga pulau yang juga tak kalah indahnya, yakni Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Hipernim yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah…. Jawaban : pulau

21 8. Deretan kata yang termasuk hipernim adalah…. a. melati, alat tulis, merah, warna b. gelatik, perkutut, kerbau, burung c. kapal terbang, kereta api, kendaraan, bus d. kendaraan, binatang, buah, bunga

22 9. Deretan kata yang termasuk hiponim adalah…. a. Bunga, pohon, rumah b. Pakaian, kendaraan, buku c. Wajah, badan, tubuh d. Bemo, kuning, mawar

23 10. Kalimat yang berhiponim adalah…. a. Amir membeli dua ekor merpati. b. Tuti suka menanam bunga. c. Nina mencuci pakaian. d. Adik menangkap dua ekor burung.

24 11. Sektor pariwisata sangat berpengaruh dalam perolehan…negara. Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah…. Jawaban : devisa  artinya alat pembayaran luar negeri yang dapat ditukarkan dengan uang luar negeri.

25 12. Kebersihan (1) memang syarat utama agar kita terhindar dari berbagai penyakit (2). Terutama penyakit yang ditimbulkan oleh kuman (3) atau bakteri (4). Untuk itulah adik-adik harus membiasakan diri untuk selalu hidup bersih (5) dan sehat (6). Urutan istilah kesehatan yang bernomor tersebut bila disusun secara alfabetis adalah…. U N ‘06

26 Jawaban : bakteri; bersih; kebersihan; kuman; penyakit; sehat. 4 – 5 – 1 – 3 – 2 - 6

27 13. Belilah …bila Anda pergi ke Candi Borobudur. Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah…. a. karoseri b. agrobisnis c. agrowisata d. suvenir

28 a.Karoseri: penutup kerangka mobil; bagian utama badan mobil. b.Agrobisnis : usaha yang berhubungan dengan tanah pertanian. c.Agrowisata : usaha yang berhubungan dengan wisata. d.Suvenir : tandamata; kenang-kenangan; cenderamata. Jawaban : Suvenir

29 14. Polusi udara dapat didefinisikan sebagai udara yang mengandung zat kimia atau pun memiliki kondisi fisik yang melewati batas tertentu sehingga dapat membahayakan manusia, makhluk hidup lain, atau pun lingkungan abiotik.

30 Urutan istilah-istilah dalam paragraf tersebut secara alfabetis adalah…. Jawaban : abiotik; kimia; kondisi; makhluk; polusi.

31 15. Susunlah istilah-istilah ini secara alfabetis! sistem, energi, transportasi, efektif, efisien, operasi, relevansi, strategis. Jawaban : efektif, efisien, energi, operasi, relevansi, sistem, strategis, transportasi.

32 16. Bagi masyarakat, TVE merupakan sumber informasi yang terasa lebih jelas dan visual dibandingkan dengan surat kabar atau radio.

33 Selain itu, televisi memiliki multifungsi, yakni selain berfungsi sebagai penerima siaran dari suatu stasiun penyiaran, perangkat peralatan di dalamnya dapat pula berfungsi sebagai sarana pemutaran kaset video, teleks, koran, dan elektronik, serta video games.

34 Susunan istilah-istilah yang bercetak miring dalam paragraf tersebut secara alfabetis adalah…. Jawaban : elektronik, informasi, kaset video, multifungsi, radio, stasiun, teleks, televisi, video games, visual.

35 17. Tekad untuk terus-menerus meningkatkan prestasi ini bukan tanpa risiko dan konsekuensi. Di satu pihak seleksi penentuan atlet atau tim untuk diterjunkan ke arena internasional harus lebih ketat. Urutan istilah-istilah secara alfabetis kata yang bercetak miring adalah….

36 Jawaban : atlet, internasional, konsekuensi, prestasi, risiko, seleksi.

37


Download ppt "Belajar Bahasa IndonesiA. HIPONIM Kata hiponim berasal dari bahasa Yunani Kuno, yaitu ‘hypo’ yang berarti bawah dan ‘onoma’ yang berarti nama. Secara."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google