Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

UU NO. 31 TAHUN 1999 JO UU NO. 20 TAHUN 2001 TENTANG : PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA KORUPSI UU NO. 31 TAHUN 1999 JO UU NO. 20 TAHUN 2001 TENTANG : PEMBERANTASAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "UU NO. 31 TAHUN 1999 JO UU NO. 20 TAHUN 2001 TENTANG : PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA KORUPSI UU NO. 31 TAHUN 1999 JO UU NO. 20 TAHUN 2001 TENTANG : PEMBERANTASAN."— Transcript presentasi:

1

2 UU NO. 31 TAHUN 1999 JO UU NO. 20 TAHUN 2001 TENTANG : PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA KORUPSI UU NO. 31 TAHUN 1999 JO UU NO. 20 TAHUN 2001 TENTANG : PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA KORUPSI UNSUR FILOSOFIS UNSUR YURIDIS UNSUR SOSIOLOGIS UNDANG-UNDANG NO 31 TAHUN 1999 DIBUAT DALAM RANGKA UNTUK MEWUJUDKAN MASYARAKAT ADIL DAN MAKMUR BERDASARKAN PANCASILA DAN UNDANG- UNDANG DASAR 1945 UNDANG-UNDANG NO 31 TAHUN 1999 DIBUAT ATAS DASAR TAP MPR NOMOR XI/MPR/1998 (TENTANG PENYELENGGARA NEGARA YANG BERSIH DAN BEBAS KORUPSI, KOLUSI, DAN NEPOTISME) UNTUK MENGGANTI UNDANG-UNDANG NOMOR 3 TAHUN 1971 YANG DINILAI SUDAH TIDAK SESUAI LAGI DENGAN PER-KEMBANGAN KEBUTUHAN HUKUM DALAM MASYARAKAT UNDANG-UNDANG NO 31 TAHUN 1999 DIHARAPKAN UPAYA UNTUK MENCEGAH DAN MEMBERANTAS TINDAK PIDANA KORUPSI DAPAT LEBIH EFEKTIF, KARENA TINDAK PIDANA KORUPSI SANGAT MERUGIKAN KEUANGAN NEGARA ATAU PEREKONOMIAN NEGARA DAN MENGHAMBAT PEMBANGUNAN NASIONAL.

3 3 TINDAKAN KORUPSI TELAH LAMA DIANGGAP SEBAGAI SUATU TINDAKAN YANG SANGAT MERUGIKAN PEREKONOMIAN SUATU NEGARA. ISTILAH KORUPSI BERASAL DARI BAHASA LATIN, CORRUPTIO ATAU CORRUPTUS YANG BERASAL DARI KATA CORRUMPERE (WEBSTER STUDENTS DICTINARY : 1960, KAMUS HUKUM, BANDUNG BINACIPTA, 1963). ARTI HARFIAH DARI KATA TERSEBUT ADALAH KEBUSUKAN, KEBURUKAN, KEBEJATAN, KETIDAKJUJURAN, DAPAT DISUAP, TIDAK BERMORAL, PENYIMPANGAN DARI KESUCIAN, KATA-KATA ATAU UCAPAN YANG MENGHINA ATAU MEMFITNAH. POERWADARMINTA DALAM KAMUS HUKUM BAHASA INDONESIA, 1976, MENYATAKAN “KORUPSI IALAH PERBUATAN YANG BURUK SEPERTI PENGGELAPAN UANG, PENERIMAAN UANG SOGOK, DAN SEBAGAINYA”. PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA KORUPSI ADALAH SERANGKAIAN TINDAKAN UNTUK MENCEGAH DAN MEMBERANTAS TINDAK PIDANA KORUPSI MELALUI UPAYA KOORDINASI, SUPERVISE, MONITOR, PENYELIDIKAN, PENYIDIKAN, PENUNTUTAN, DAN PEMERIKSAAN DI SIDANG PENGADILAN, DENGAN PERAN SERTA MASYARAKAT BERDASARKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU. DALAMA MELAKSANAKAN USAH PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA KORUPSI YANG EFESIEN DAN EFEKTIF DAPAT DILAKUKAN DENGAN 4 (EMPAT) PENDEKATAN ATAU STRATEGI, YAITU : 1. PENDEKATAN HUKUM 2. PENDEKATAN BUDAYA 3. PENDEKATAN EKONOMI 4. PENDEKATAN SDM DAN SUMBER DAYA KEUANGAN

4 4 1. PENDEKATAN HUKUM 2. PENDEKATAN BUDAYA MELALUI PENDEKATAN HUKUM, PEMERINTAH TELAH MENGGULIRKAN BERBAGAI PERATURAN PERUNDANG- UNDANGAN SEBAGAI DASAR PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA KORUPSI DI INDONESIA. UNTUK ITU, YANG PERLU DILAKUKAN ADALAH MEMAKSIMALKAN HAL-HAL YANG TELAH DICANTUMKAN DALAM BERBAGAI KETENTUAN YANG ADA TERSEBUT, SERTA MELAKUKAN EVALUASI TERHADAP ATURAN-ATURAN YANG ADA GUNA MENINGKATKAN KEBERHASILAN TUJUAN YANG DIHARAPKAN. ADA YANG BERPENDAPAT BAHWA “KORUPSI DISEBEBKAN ANTARA LAIN OLEH PERATURAN YANG KURANG BAIK”, BUKTINYA PERATURAN-PERTAURAN TENTANG PEMBERANTASAN KORUPSI SILIH BERGANTI DIBUAT, TETAPI KORUPSI DALAM SEGALA BENTUKNYA DIRASAKAN MASIH TETAP MENGGANAS. ITULAH SEBABNYA, PERBAIKAN ATAU PENYEMPURNAAN ATURAN HUKUM DI BIDANG KORUPSI TETAP DILAKUKAN UNTUK MAKIN MEMPERSEMPIT CELAH HUKUM YANG ADA. MELALUI PENDEKATAN BUDAYA STRATEGI PEMBERANTASAN KORUPSI HARUS DIARAHKAN PADA PEMEBRDAYAAN DAN KESADARAN MASYARAKAT MENGENAI BUDAYA DAN DAMPAK KORUPSI TERHADAP TATANAN KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA.

5 5 3. PENDEKATAN EKONOMI 4. PENDEKATAN SDM DAN SUMBER DAYA KEUANGAN MELALUI PENDEKATAN EKONOMI, DIHARAPKAN TERWUJUDNYA PENINGKATAN KEMAMPUAN EKONOMI TERUTAMA MASYARAKAT LAPISAN BAWAH. HAL INI DISEBABKAN KARENA PERKEMBANGAN EKONOMI NASIONAL TIDAK HANYA DITENTUKAN OLEH KEBERHASILAN KONGLOMERASI DAN KALANGAN MENENGAH, AKAN TETAPI JUSTRU YANG PALING UTAMA DITENTUKAN SECARA SIGNIFIKAN OLEH KEMAMPUAN GOLONGAN EKONOMI LEMAH. PENDEKATAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SEKTOR RIIL AKAN MENINGKATKAN PERKEMBANGAN EKONOMI MAKRO. MELALUI PENDEKATAN SUMBER DAYA, BAIK SUMBER DAYA MANUSIA MAUPUN SUMBER DAYA KEUANGAN, MENUNJUKKAN DENGAN JELAS BAHWA KELEMAHAN MENDASAR DALAM SEKTOR INI SANGAT MENENTUKAN PELAKSANAAN STRATEGI PEMBERANTASAN KORUPSI SELAMA INI, DAN TERUTAMA SEKALI UNTUK MASA- MASA MENDATANG. LANGKAH-LANGKAH ATAU PENDEKATAN TERSEBUT DIATAS, MEMERLUKAN DUKUNGAN YANG LUAS DAN KUAT DARI SELURUH LAPISAN MASYARAKAT, SEHINGGA DALAM HAL INI PERANAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) YANG MEMILIKI KOMITMEN ANTI K KORUPSI PERLU DIKEDEPANKAN DENGAN BANTUAN DAN ARAHAN DARI BERBAGAI PIHAK, TERMASUK PEMERINTAH.

6

7 7 PERADILAN KORUPSI TEORI DAN PRAKTIK : FIRMAN WIJAYA, PENERBIT PENAKU BEKERJSAMA DENGAN MAHARANI PRESS, CET. PERTAMA DESEMBER 2008 PERADILAN KORUPSI TEORI DAN PRAKTIK : FIRMAN WIJAYA, PENERBIT PENAKU BEKERJSAMA DENGAN MAHARANI PRESS, CET. PERTAMA DESEMBER 2008 TINDAK PIDANA KORUPSI : EVI HARTATI SINAR GRAFIKA EDISI KEDUA JAKARTA, 2008 TINDAK PIDANA KORUPSI : EVI HARTATI SINAR GRAFIKA EDISI KEDUA JAKARTA, 2008 TINDAK PIDANA KORUPSI MASALAH DAN PEMECAHANNYA, LEDEN MARPAUNG : (BAGIAN PERTAMA DAN BAGIAN KEDUA) TINDAK PIDANA KORUPSI MASALAH DAN PEMECAHANNYA, LEDEN MARPAUNG : (BAGIAN PERTAMA DAN BAGIAN KEDUA) PERBANDINGAN KORUPSI DI BERBAGAI NEGARA. Prop. Dr. JuR ANDI HAMZAH PENERBIT SINAR GRAFIKA, JAKARTA, 2008 CET.KE-3 PERBANDINGAN KORUPSI DI BERBAGAI NEGARA. Prop. Dr. JuR ANDI HAMZAH PENERBIT SINAR GRAFIKA, JAKARTA, 2008 CET.KE-3 UU NO 31 TAHUN 1999 JO UU NO. 20 TAHUN 2001, TENTANG : PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA KORUPSI. UU NO 31 TAHUN 1999 JO UU NO. 20 TAHUN 2001, TENTANG : PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA KORUPSI. UU NO. 46 TAHUN 2009 TENTANG : PENGADILAN TINDAK PIDANA KORUPSI UU NO. 46 TAHUN 2009 TENTANG : PENGADILAN TINDAK PIDANA KORUPSI UU NO 30 TAHUN 2002 TENTANG : KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI UU NO 30 TAHUN 2002 TENTANG : KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI 1. CELAH-CELAH HUKUM APA SAJAKAH YANG MENYEBABKAN PEMBERANTASAN KORUPSI DI INDONESIA BELUM MAKSIMAL ? 2. LANGKAH-LANGKAH APA SAJAKAH YANG DAPAT DILAKUKAN UNTUK MENENKAN TINDAK PIDANA KORUPSI DI INDONESIA ?


Download ppt "UU NO. 31 TAHUN 1999 JO UU NO. 20 TAHUN 2001 TENTANG : PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA KORUPSI UU NO. 31 TAHUN 1999 JO UU NO. 20 TAHUN 2001 TENTANG : PEMBERANTASAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google