Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STATISTIKA DASAR. PENDAHULUAN A. Pengerian Statistika Kata statistika berasal dari bahasa latin yaitu status yang berarti keadaan politik. Pada awalnya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STATISTIKA DASAR. PENDAHULUAN A. Pengerian Statistika Kata statistika berasal dari bahasa latin yaitu status yang berarti keadaan politik. Pada awalnya."— Transcript presentasi:

1 STATISTIKA DASAR

2 PENDAHULUAN A. Pengerian Statistika Kata statistika berasal dari bahasa latin yaitu status yang berarti keadaan politik. Pada awalnya statistik digunakan untuk untuk merujuk pada data sensus, data militer, dan data fiskal. Sensus/jumlah penduduk dan jumlah kekayaan telah digunakan oleh manusia setelah mereka sudah dapat menggunakan angka untuk menghitung. Statistik tidak lain bertujuan menyediakan data yang dapat dijadikan informasi dalam pengambilan keputusan.

3 Keuntungan menggunakan metode statistika: 1. Statistika memberikan deskripsi yang lebih eksak. 2. Statistika mengarahkan kita menjadi tepat dan eksak dalam prosedur dan dalam berpikir. 3. Statistika memungkinkan kita merangkum hasil pengamatan dalam bentuk yang berarti dan menyenagkan. 4. Statistika memungkinkan kita menggambarkan kesimpulan umum, dan proses penganbilan kesimpulan yang dilaksakan sesuai aturan yang diterima. 5. Statistika memungkinkan kita menganalisis beberapa faktor penyebeb dari suatu peristiwa kompleks. 6. Statistika memungkinkan kita menganalisis banyak hal yang akan terjadi dalam kondisi yang kita ketahui dan kita sudah atur.

4 B. Klasifikasi Metode Statistik  Metode statistik dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu: 1.Statistika deskriptif, bertujuan memberikan gambaran terhadap data-data pada variabel yang digunakan dalam penelitian. 2.Statistika inferensial (induktif) berhubungan dengan generalisasi informasi, atau secara lebih husus, dengan menarik kesimpulan tentang populasi yang didasarkan pada sampel yang ditarik dari populasinya.

5 Dilihat dari jumlah variabel yang digunakan metode Statistik dibedalan menjadi tiga kelompok, yaitu: 1. Statistik univariate, digunkan untuk penelitian dengan satu variabel. 2. Statistik bivariate, digunakan untuk penelitian dengan dua variabel penelitian. 3. Statistik multivariate, digunakan untuk penelitian yang menggunakan lebih dari dua variabel penelitian.

6 Metode pemecahan masalah secara statistika. Mulai Identifikasi Masalah Pengumpulan Data internal & eksternal Apakah Data cukup ya Klasifikasi & Olah Data Tdk Kumpul Data Orisinil Sajikan dalam bentuk Informasi Data Sampel ? Gunakan informasi Sampel untuk: -Menaksir parameter - menguji asumsi paramer Ya Gunakan data Populasi dlm Mengambil keputusan Tdk Interpretasi hasilnya, Ambil keputusan Inflementasikan Selesai

7 DATA STATISTIK A.Pengertian Data Statistik Data merupakan suatu informasi atau fakta dan biasanya dinyatakan dalam bentuk angka dan non angka. Data non angka untuk diolah dalam statistik harus ditransfer dalam angka dengan menentukan skor masing-masing indikator yang diukur. B.Proses pengumpulan data 1. Proses Pengukuran Setiap pengamatan dicatat dari suatu alat ukur seperti meteran, skala, jam, atau termometer, dan lain-lain. 2. Proses Pencacahan (perhitungan) Setiap hasil pengamatan diperoleh dari menghitung banyaknya objek atau pristiwa.

8 3. Proses Pengurutan Setiap pengamatan diperoleh dari penetapan pengukuran belum tersusun dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya dari besar ke yang kecil (raw data), selanjutnya dilakukan pengurutan (an groupiet data). Setiap pengamatan diperoleh dari penetapan pengukuran belum tersusun dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya dari besar ke yang kecil (raw data), selanjutnya dilakukan pengurutan (an groupiet data). 4. Proses Pengindeksan (Pengelompokan) Setiap pengamatan dihasilkan dari suatu pengukuran dasar harus dikelompokkan dalam kelompok rendah, sedang, dan tinggi (groupiet data).

9 C. Populasi dan Sampel 1. Populasi Penelitian Populasi adalah semua unit yang menjadi objek penelitian. Contoh penelitian yang akan melihat tingkat pendapatan Indonesia, maka populasinya adalah penduduk Indonesia. 2. Sampel Peneliatian Adalah sebagian dari populai yang menjasi objek penelitian dan merupakan perwakilan populasi tersebut.

10 Metode Sampling Metode Sampling 1. Probabilitas Sampling a. Penarikan Sampel Acak Sederhana (Random Sampling) b. Sampel Sistematik (Systematic Sampling) C. Sampel Strata (Stratified Random Sampling) d. Pengambilan Sampel Bertahap (Multistage Sampling) 2….

11 2. Non Probabilitas Sampling a. Convenience Sampling (penganbilan sampel didasarkan atas kebutuahan peneliti) b. Judgment Sampling (pengambilan sampel dilakukan dengan memilih kelompok yang berkopetensi dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan) c. Quota Sampling (pengambilan sampel dilakukan dengan menetapkan jumlah sampel terlebih dahulu) d. Snowball Sampling (sampel bola salju, teknik ini digunakan terutama akibat tidak diketahuinya populasi dengan pasti)


Download ppt "STATISTIKA DASAR. PENDAHULUAN A. Pengerian Statistika Kata statistika berasal dari bahasa latin yaitu status yang berarti keadaan politik. Pada awalnya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google